80 Peserta Dari 13 Lembaga Hadiri Pelatihan Dongeng yang Digelar Dongeng Ceria, YBM PLN, dan FORKOMIT

Sabtu, 15 Januari 2022, bertempat di ruang Gibraltar Menara 165 lantai dasar, FORKOMIT (Forum Komunikasi Mitra) YBM PLN menggelar event Workshop Mendongeng “Pintar dan Cerdas Plus Sholeh Via Dongeng” yang diisi oleh para pendongeng Dongeng Ceria.

Acara ini dihadiri oleh 80 peserta dari 13 lembaga yang kebanyakan di antaranya merupakan guru TPA, TPQ, dan guru Taman Kanak-kanak.

pelatihan dongeng terbaik

“Mendongeng itu … mudah!” Kak Iman, pendongeng Nasional yang merupakan founder Dongeng Ceria, menghipnotis para peserta dengan pernyataannya bahwa mendongeng itu mudah pada bagian sesi 1.

Kak Iman menjelaskan bahwa setiap orang bisa mendongeng, yakni manakala bercerita dari dalam hati, dengan persiapan matang sekaligus membawa pesan yang jelas.

“Misalnya seorang istri, ketika ingin pembicaraannya didengarkan oleh suaminya, pasti mempersiapkan dengan baik. Dibuatkan teh dulu, dipijit kakinya dulu, kemudian berbicara dengan intonasi, gestur tubuh, dan pesan yang jelas sehingga sang suami memahami apa yang istri sampaikan,” ungkap Kak Iman mengilustrasikan, “Seperti itu juga semestinya kita ketika akan memberi pesan pada anak-anak, persiapkan dengan baik, samakan frekuensi terlebih dulu, lalu sampaikan dengan intonasi dan gestur tubuh yang jelas, itulah mendongeng.”

Di sesi 2, Kak Dini hadir menyampaikan materi mendongeng dengan dan tanpa alat peraga. Bukan hanya alat peraga berupa boneka, mendongeng juga bisa memanfaatkan benda apapun yang ada di sekitar sebagai alat peraga dalam bercerita.

pelatihan dongeng ceria

Sementara itu di sesi 3, Kak Yono Sirine memberikan materi mengenai Teknik Suara dalam mendongeng. Yang paling penting adalah menggunakan 3 jenis suara yang telah Allah anugerahkan pada setiap orang, yakni suara besar, suara biasa, dan suara kecil.

Selain itu, Kak Adhip juga tampil di sesi 3 menjelaskan teknik-teknik ice breaking untuk menarik perhatian anak-anak dan juga latihan gestur tubuh yang baik.

Sesi terakhir ditutup dengan praktik secara berkelompok. Seluruh peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang keseluruhannya dimentori oleh satu orang pendongeng. Kemudian setiap kelompok diwakili oleh 1 orang untuk mendongeng di atas panggung.

Alhamdulillah, pelatihan mendongeng ini direspon dengan amat antusias dan serius oleh para peserta yang semangat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir sesi.

Terimakasih pada Forkomit serta YBM PLN yang telah mempercayakan Dongeng Ceria berbagi ilmu dan pengalaman pada para guru TPA hebat, yang mudah-mudahan bisa menjalar hingga ke seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *