80 Peserta Dari 13 Lembaga Hadiri Pelatihan Dongeng yang Digelar Dongeng Ceria, YBM PLN, dan FORKOMIT

80 Peserta Dari 13 Lembaga Hadiri Pelatihan Dongeng yang Digelar Dongeng Ceria, YBM PLN, dan FORKOMIT

Sabtu, 15 Januari 2022, bertempat di ruang Gibraltar Menara 165 lantai dasar, FORKOMIT (Forum Komunikasi Mitra) YBM PLN menggelar event Workshop Mendongeng “Pintar dan Cerdas Plus Sholeh Via Dongeng” yang diisi oleh para pendongeng Dongeng Ceria.

Acara ini dihadiri oleh 80 peserta dari 13 lembaga yang kebanyakan di antaranya merupakan guru TPA, TPQ, dan guru Taman Kanak-kanak.

pelatihan dongeng terbaik

“Mendongeng itu … mudah!” Kak Iman, pendongeng Nasional yang merupakan founder Dongeng Ceria, menghipnotis para peserta dengan pernyataannya bahwa mendongeng itu mudah pada bagian sesi 1.

Kak Iman menjelaskan bahwa setiap orang bisa mendongeng, yakni manakala bercerita dari dalam hati, dengan persiapan matang sekaligus membawa pesan yang jelas.

“Misalnya seorang istri, ketika ingin pembicaraannya didengarkan oleh suaminya, pasti mempersiapkan dengan baik. Dibuatkan teh dulu, dipijit kakinya dulu, kemudian berbicara dengan intonasi, gestur tubuh, dan pesan yang jelas sehingga sang suami memahami apa yang istri sampaikan,” ungkap Kak Iman mengilustrasikan, “Seperti itu juga semestinya kita ketika akan memberi pesan pada anak-anak, persiapkan dengan baik, samakan frekuensi terlebih dulu, lalu sampaikan dengan intonasi dan gestur tubuh yang jelas, itulah mendongeng.”

Di sesi 2, Kak Dini hadir menyampaikan materi mendongeng dengan dan tanpa alat peraga. Bukan hanya alat peraga berupa boneka, mendongeng juga bisa memanfaatkan benda apapun yang ada di sekitar sebagai alat peraga dalam bercerita.

pelatihan dongeng ceria

Sementara itu di sesi 3, Kak Yono Sirine memberikan materi mengenai Teknik Suara dalam mendongeng. Yang paling penting adalah menggunakan 3 jenis suara yang telah Allah anugerahkan pada setiap orang, yakni suara besar, suara biasa, dan suara kecil.

Selain itu, Kak Adhip juga tampil di sesi 3 menjelaskan teknik-teknik ice breaking untuk menarik perhatian anak-anak dan juga latihan gestur tubuh yang baik.

Sesi terakhir ditutup dengan praktik secara berkelompok. Seluruh peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang keseluruhannya dimentori oleh satu orang pendongeng. Kemudian setiap kelompok diwakili oleh 1 orang untuk mendongeng di atas panggung.

Alhamdulillah, pelatihan mendongeng ini direspon dengan amat antusias dan serius oleh para peserta yang semangat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir sesi.

Terimakasih pada Forkomit serta YBM PLN yang telah mempercayakan Dongeng Ceria berbagi ilmu dan pengalaman pada para guru TPA hebat, yang mudah-mudahan bisa menjalar hingga ke seluruh Indonesia.

Manfaat Mendongeng Yang Tak Banyak Orang Sadari

Manfaat Mendongeng Yang Tak Banyak Orang Sadari

Mendongeng? Untuk apa sih bisa mendongeng? Memangnya penting ya? Sahabat, banyak yang belum paham dan bahkan meremehkan pentingnya kemampuan mendongeng. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika menguasai skill ini. Setidaknya ada 8 manfaat mendongeng yang bisa kita peroleh dan tak banyak orang yang menyadari.

Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

Pertama, Membangun kedekatan dengan orang lain, terutama anak-anak.

Seorang yang punya kemampuan mendongeng biasanya akan lebih mudah dan cair dalam menjalin hubungan dengan orang lain, apalagi dengan anak-anak.

Kemampuan mendongeng bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi seseorang, sehingga seseorang yang punya skill mendongeng cenderung lebih mudah akrab dengan siapapun. Hal ini tentunya sangat penting dan diperlukan dalam pergaulan sehari-hari.

Apalagi bagi yang telah memiliki anak, jika tidak mampu menjalin kedekatan dengan anaknya sendiri tentu amat disayangkan. Biasanya hal ini disebabkan ketidakmampuan orangtua berempati pada perasaan anak.

Orangtua mengabaikan gestur tubuh anak, intonasi nada bicara anak, ekspresi wajah anak, sehingga anak kehilangan kepercayaan pada orangtuanya, “Ah Papaku tidak mengerti! Mamaku tidak memahami aku!”

Nah, empati dan kemampuan berekspresi merupakan hal menonjol yang dimiliki oleh seorang pendongeng, sehingga seseorang dengan kemampuan mendongeng akan lebih mampu menangkap makna dari sikap orang lain, inilah sebabnya ia akan jauh lebih mudah dekat dan akrab dengan siapapun termasuk anak-anak.

Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Kedua, Pendongeng merupakan salah satu profesi menjanjikan

Jasa pendongeng menghasilkan pendapatan yang cukup besar dikarenakan belum banyak orang melirik profesi ini. Dalam sekali mendongeng dengan durasi 45 menit, seseorang bisa mendapat bayaran lima ratus ribu hingga dua juta Rupiah tergantung jam terbang dan profesionalismenya. Bahkan seorang pendongeng nasional bisa memiliki tarif fee di atas lima juta Rupiah dalam sekali penampilan.

pebisnis

Ketiga, mendongeng atau kemampuan bercerita bisa mendongkrak bisnis yang dijalankan

Mendongeng bisa mengusik sisi emosional seseorang. Sedangkan bagian emosional dari otak inilah yang merupakan hal terpenting dalam pengambilan keputusan, bukan semata-mata pertimbangan rasional belaka.

Dalam sebuah artikel di Forbes, Celine Da Costa menyatakan bahwa jika dilakukan dengan baik, bercerita akan membawa manfaat untuk bisnis. Mulai dari mengubah brand biasa menjadi legacy brand, membentuk strategi pemasaran yang hebat, meningkatkan keuntungan, memenangkan kesetiaan dan kepedulian pelanggan, dan lain sebagainya.

Manfaat Ketika Kita Bisa Mendongeng

Keempat, mendongeng bisa meningkatkan kepercayaan diri

Tidak percaya diri karena fisik? Badan tambun? Badan kurus? Rambut tak kunjung tumbuh alias botak? Jika Sahabat memiliki kemampuan mendongeng, maka kepercayaan diri akan melejit dan kekurangan fisik takkan lagi dipandang orang sebagai kekurangan.

Justru hal-hal yang bagi sebagian orang merupakan kekurangan tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi ciri khas bagi seorang pendongeng.

dongeng ceria trauma healing

Kelima, mendongeng bisa untuk trauma healing

Bayangkan jika ada anggota keluarga atau kerabat kita yang mengalami peristiwa traumatis, seperti bencana alam, kejahatan kriminal, tragedi kecelakaan, dan lainnya, bagaimana cara mengobati rasa trauma mereka?

Milikilah kemampuan mendongeng, karena dalam kata-kata terkandung magic yang bisa mengobati luka batin.

penceramah

Keenam, mendongeng bisa menjadi sarana menyebarluaskan nilai-nilai agama

Apapun agama Sahabat, mendongeng bisa menjadi media menyebarluaskan nilai agama.

Bagi seorang muslim misalnya, ketika anak akan diajarkan shalat … bisa dengan menceritakan kisah Isra’ mi’raj Rasulullah Shalallaahu alaihi wassalam yang dalam semalam bisa melakukan perjalanan ribuan kilometer bahkan hingga ke titik tertinggi langit ketujuh, ‘hanya’ untuk mendapat perintah shalat 5 waktu, hal ini menandakan betapa pentingnya ibadah shalat.

Kemampuan mendongeng atau bercerita adalah keniscayaan dan bahkan keharusn yang dimiliki para penceramah, pengkhotbah, dalam mensyiarkan agamanya.

Dan ‘dongeng’ atau cerita ini juga banyak dikisahkan Tuhan dalam kitab suci, misalnya kisah para Nabi dan Rasul, kisah orang-orang terdahulu, ini adalah pertanda bahwa manusia memang didesain untuk bisa menyerap nilai-nilai dari kisah, bukan sekadar perintah atau larangan semata. Maka belajarlah mendongeng, agar bisa lebih baik dalam menyebarluaskan kepercayaan yang kita anut.

meningkatkan otak

Ketujuh, mendongeng bisa meningkatkan kecerdasan otak

Sudahlah pasti seseorang yang memiliki kemampuan mendongeng punya kecenderungan seimbang antar otak kanan dan kirinya. Otak kanan bertanggungjawab untuk hal-hal yang berkaitan dengan imajinasi dan olah rasa, sedangkan otak kiri berkaitan dengan pemrosesan kata-kata yang terstruktur. Kemampuan mendongeng menggabungkan keduanya, sehingga skill mendongeng jelas bisa meningkatkan kecerdasan otak seseorang.

meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Kedelapan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Banyak orangtua mengalami alzheimer atau penyakit pikun, hal ini bisa dicegah jika kita memiliki skill mendongeng dengan baik.

Mendongeng merupakan satu kemampuan yang bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, juga menata kata-kata, sehingga kemungkinan timbulnya penyakit lupa lebih kecil ketimbang orang yang tak terbiasa bercerita, menahan segala emosinya sendirian di dalam hatinya, tanpa mengerti cara mengekspresikannya.

Artikel terkait :
Ide Bisnis Menarik Jadi Mendongeng

6 Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

6 Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

guru

Kemampuan mendongeng bukan sekadar kemampuan berkata-kata saja, tetapi kepiawaian bercerita dengan menampilkan gestur tubuh, mimik muka, intonasi suara, dan menyampaikan pesan secara menyenangkan. Ada lho profesi yang sangat penting memiliki kemampuan mendongeng, tak perlu selalu mengandalkan jasa pendongeng saja, setidaknya inilah 6 profesi yang perlu sekali belajar mendongeng, apa saja itu??

#1. Guru

Guru merupakan salah satu profesi yang penting bahkan hampir wajib memiliki kemampuan mendongeng. Mengapa demikian?

Keefektifan tersampaikannya pesan akan lebih tinggi daripada guru yang tak memiliki kelihaian mendongeng. Cobalah ingat-ingat guru terbaik di sekolah, mungkin yang akan menjadi nominasi adalah guru yang ekspresif, suka bercerita dengan menampilkan gestur tubuh yang menarik, atau intonasi suaranya jelas lantang serta baik dalam menyampaikan materi hingga mudah dipahami.

Tak hanya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru Matematika sekalipun ada yang pandai mendongeng, dan ini menjadikan materi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami.

Misalnya dongeng tentang bagaimana ditemukannya angka 0 oleh Al Khawarizmi, dongeng ditemukannya rumus pythagoras dalam menghitung sisi segitiga, dongeng Pithecantropus Erectus yang disinyalir sebagai manusia kera pertama, dongeng bagaimana ditemukannya hukum Gravitasi oleh Newton, atau dongeng teriakan Eureka! dari Archimedes.

Bagaimana dengan guru bahasa? Tentu saja bisa juga dengan kemampuan mendongeng, buatlah kisah di depan kelas … minta anak-anak mempraktikkan dialog seolah-olah mereka sedang berada di pasar dengan menggunakan bahasa asing yang sedang dipelajari. Ajarkan intonasi cara menyebutkan bahasa tersebut dengan baik, bukankah ini juga salah satu teknik mendongeng?

Bahkan ada aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak-anak yang menggunakan metode bercerita, dan terbukti meningkatkan kemampuan belajar anak menjadi berlipat-lipat menguasainya dengan lebih cepat.

penceramah

#2. Penceramah

Menjadi penceramah atau pengkhotbah sudahlah pasti diperlukan skill mendongeng. Bayangkan kalau penceramah menyampaikan pesan-pesan agama tanpa ada intonasi suara, tanpa ada ekspresi wajah, tanpa ada gestur tubuh, sudahlah pasti membuat tidur semua jamaahnya, atau bahkan takkan mendapat undangan lagi karena dirasa tak mampu menarik atensi jamaah.

Perhatikanlah bahwa hampir semua penceramah terkenal memiliki skill mendongeng yang luar biasa, intonasi suaranya, ekspresi wajahnya, gestur tubuhnya, kata-kata yang diucapkannya.

#3. Psikolog

Mengapa seorang psikolog perlu belajar mendongeng? Tentu akan berbeda jauh hasilnya … antara psikolog yang mampu menggali sisi emosional kliennya, dengan yang datar memperlakukan pasien layaknya kertas berisi angka-angka tes psikologi semata.

Kemampuan mendongeng bisa meningkatkan skill seorang psikolog dalam memancing cerita klien, memudahkan psikolog beradaptasi dengan klien macam apapun.

kontent kreator

#4. Konten Kreator

Konten kreator yang terkenal dan populer saat ini kebanyakan merupakan story teller yang baik. Mereka bisa mengemas kisah apapun menjadi konten menarik karena pembawaannya, gestur tubuh, intonasi, dan cara penyampaian cerita yang baik.

pebisnis

#5. Pebisnis

Buat apa sih pebisnis belajar mendongeng? Wah keliru besar kalau pebisnis menganggap dirinya tidak perlu kemampuan mendongeng, karena sisi emosional berperan besar dalam pengambilan keputusan seseorang.

Bukan hanya persoalan rasional dalam memutuskan memilih produk tertentu untuk dibeli, sisi emosional justru lebih mendominasi dan tentu saja ini membuat para pebisnis penting untuk belajar mendongeng.

Kemas produk Sahabat dengan cerita, branding produk Sahabat dengan cerita, bukankah itu banyak berhasil dilakukan oleh para pebisnis sukses saat ini?

Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

#6. Ibu rumah tangga

Profesi paling mulia di muka bumi ini, yang waktu kerjanya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sangat perlu memiliki keterampilan mendongeng.

Sebenarnya para ibu rumah tangga memiliki bakat alami mendongeng, terutama ketika bergosip mengenai artis yang sedang viral di media. Gestur tubuh, intonasi, mimik muka, semuanya langsung bermain.

Nah, kemampuan mendongeng ini perlu disalurkan secara tepat dan benar agar bisa lebih dirasakan manfaatnya. Misalnya, daripada marah-marah … lebih baik ganti jadi mendongeng ketika ingin menasihati anak yang baru saja berbuat nakal.

Sahabat, kemampuan mendongeng penting dimiliki siapapun yang ingin meningkatkan kualitas hubungannya dengan orang lain. Yuk belajar mendongeng bersama Dongeng Ceria.

Artikel terkait :
Manfaat Mendongeng Yang Tak Banyak di Ketahui

8 Peluang Usaha Buat Kamu Yang Jago Storytelling

8 Peluang Usaha Buat Kamu Yang Jago Storytelling

Peluang Usaha Jago Storytelling

Sahabat jago bercerita atau storytelling? Wah, dahsyat sekali lho kalau kemampuan storytelling ini dimanfaatkan untuk beberapa peluang usaha. Nah, mau tahu apa sajakah peluang usaha yang perlu dicoba oleh para storyteller? Yuk silakan di-cek:

1. Pendongeng

Jasa pendongeng memiliki tarif yang sangat lumayan, apalagi jika jam terbang Sahabat sudah tinggi, semakin banyak tampil … semakin piawai mendongeng, maka semakin tinggi pula tarif yang bisa Sahabat tawarkan.

Tarif jasa dongeng berkisar ratusan ribu hingga jutaan Rupiah per 45-60 menit. Para pendongeng nasional bisa memasang tarif 1-7 juta Rupiah per tampil, sekalipun hanya untuk beberapa menit acara.

2. Youtuber

Saat ini marak sekali bermunculan youtuber dengan ‘modal’ keterampilan storyteller, dan harus diakui … konten youtube kreatif seperti ini amat diminati dan tentunya memiliki potensi penghasilan yang cukup tinggi.

Syaratnya harus konsisten dan bersabar hingga membuahkan hasil, jangan berhenti di tengah jalan, karena membangun channel youtube sebagai storyteller tentu tidak instan.

Selain itu, diperlukan juga kejelian update. Pastikan Sahabat memiliki gaya bercerita yang unik dan berbeda dari youtuber storyteller lainnya.

3. Content Creator

Kemampuan storyteller bisa dimanfaatkan juga untuk membuka jasa pembuatan konten seperti copy writing, penulisan artikel website, scriptwriter, dan lain sebagainya.

Karena di zaman serba online seperti saat ini, kreativitas membuat konten amat dibutuhkan oleh banyak pihak, dan seorang yang memiliki kemampuan storyteller yang baik dapat mengembangkan diri dengan menawarkan jasa membuat konten untuk berbagai platform.

4. Penulis buku biografi

Menjadi penulis buku bisa menjadi peluang usaha menggiurkan bagi para storyteller. Misalnya buku pembuatan biografi tokoh, tarif yang ditawarkan pun amat beragam mulai dari jutaan hingga ratusan juta Rupiah per buku.

Yang penting dipersiapkan adalah portofolio contoh tulisan, kepekaan diri, kemampuan adaptasi dengan berbagai karakter klien, karena seorang penulis buku biografi harus mampu menyelami kliennya agar dapat menuliskan kisah hidup sang klien dengan baik.

5. Affiliate Marketer

Affiliate Marketing merupakan suatu metode pemasaran di mana seseorang akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk terjual yang berhasil ia promosikan secara online. Biasanya, seorang affiliate akan mendapatkan link atau banner khusus untuk ditempatkan di websitenya.

Nah, seorang storyteller memiliki kesempatan besar menjadi affiliate marketer, karena sering kali seseorang memutuskan membeli produk bukan karena alasan rasional, melainkan alasan emosional, itu sebabnya para storyteller lah yang mampu mengusik sisi emosional ini melalui cerita yang ditawarkan mengenai suatu produk tertentu. Berminat menjadi affiliate?

6. Public Speaker

Seorang public speaker merupakan pembicara di depan umum yang biasanya handal dalam menghadapi orang banyak. Antara lain penyiar, penceramah, MC, host, moderator, komika, dan lain sebagainya.

Nah, Sahabat yang mempunyai kemampuan storyteller yang baik sangat cocok menjadi public speaker, caranya tinggal membiasakan diri perform di hadapan khalayak ramai, kemudian tawarkan diri untuk tampil di acara-acara yang memerlukan public speaker, misalnya menjadi MC di acara pernikahan saudara, atau menjadi moderator dalam suatu event seminar.

Semakin sering tampil, maka akan semakin luwes dan profesional.

7. Filmmaker

Pembuat film merupakan peluang emas bagi para storyteller, dimulai dari membuat film skala kecil untuk menjadi portofolio. Bisa juga dengan mengikuti berbagai perlombaan membuat video atau film dengan tema tertentu.

Yang paling penting adalah memiliki passion di bidang pembuatan film, mengupgrade diri seputar film-film terkini, dan memahami teknik penulisan script maupun pengambilan gambar kamera agar mampu memvisualisasikan cerita ke dalam film.

8. Entrepreneur

Apapun bidang usaha yang ingin digeluti, para entrepreneur perlu memiliki kemampuan storytelling yang baik, bisa untuk meyakinkan calon investor, maupun untuk menawarkan produk pada pelanggan.

Nah, Sahabat yang ahli storytelling bisa lho memanfaatkan kemampuan ini untuk menjelaskan proposal usaha pada para calon investor yang tentunya ingin uangnya berkembang melalui usaha yang kita jalankan.

Bagaimana, adakah di antara 8 peluang usaha di atas yang menarik bagi Sahabat?

Artikel terkait :
6 Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Memangnya ada ide bisnis  menarik jadi pendongeng? Waah, ada banyak lho Sahabat!  Menjadi pendongeng bukan hanya mengandalkan penghasilan dari tarif fee jasa dongeng saja, ada berbagai ide bisnis yang bisa dicoba nih kalau mau menjajaki dunia mendongeng.

#1. Berbisnis boneka untuk alat peraga mendongeng.

Jadi ketika tampil di suatu event, pendongeng bisa sekaligus membawa boneka untuk dijual, baik boneka yang terbuat dari kaos kaki atau boneka yang berukuran besar yang bisa dipakai untuk mendongeng juga.

Banyak lho anak-anak yang ingin belajar mendongeng begitu usai melihat pertunjukkan, dan mereka membutuhkan boneka peraga. Nah, biasanya sih … kalau anak-anak sudah minta dibelikan sesuatu, orangtua akan segera menuruti. Anak-anak adalah decision maker!

Semakin banyak pilihan boneka peraga, semakin besar kemungkinan konsumen membeli berbagai pilihan yang ada. Misalkan, ada boneka yang berbentuk monyet, kambing, sapi, orang utan, ataupun berbentuk tokoh-tokoh manusia.

#2. Bisnis pembuatan konten dongeng untuk promo brand dan produk

Kemampuan mendongeng tidak dimiliki setiap orang, oleb sebab itu jika Sahabat menempuh jalur karir sebagai pendongeng, jangan sekadar menunggu panggilan mengisi dongeng di sana sini, tetapi bisa juga menjemput bola dengan cara menawarkan pembuatan konten produk.

Misalkan, membuat storytelling produk masker berkualitas, membuat video dongeng mengenai produk kopi kemasan, dan lain sebagainya.

Modal awal yang perlu dibuat adalah video konten percontohan sebuah produk dengan menggunakan alat peraga boneka dongeng, buatlah dengan konsep dan tampilan visual sebagus mungkin agar mendapat trust klien.

#3. Bisnis dongeng berkala

Buatlah proposal dan pengemasan presentasi semenarik mungkin mengenai dongeng berkala ke sekolah-sekolah, misalkan dongeng setiap bulan di pekan ke-sekian setiap hari Jumat. Jika saja ada 30 sekolah yang deal untuk melakukan dongeng berkala setiap bulannya, berarti hampir setiap hari jadwal kita full dengan dongeng.

Bukan hanya menawarkan proposal dongeng rutin ini ke sekolah-sekolah, tapi bisa juga ke pengajian, TPQ, perumahan, dan tempat lainnya. Tarif jasa dongeng yang ditawarkan bisa bervariasi tergantung dengan jam terbang pendongeng yang perform, bisa juga disesuaikan dengan budget tempat yang bersangkutan.

#4. Bisnis pelatihan mendongeng

Pelatihan mendongeng banyak diminati karena diperlukan oleh beberapa profesi terutama yang berhadapan dengan anak-anak, misalnya guru.

Ide bisnis ini tentu menarik sekali jika dibuatkan proposal dan ditawarkan ke sekolah-sekolah. Misalnya pelatihan mendongeng singkat selama 2x pertemuan yang membahas dasar-dasar mendongeng disertai praktik.

Bisa juga menawarkan pelatihan mendongeng dengan jumlah pertemuan yang lebih banyak dan intens.

#5. Bisnis dongeng online

Konten-konten dongeng secara online juga bisa menjadi ide bisnis yang luar biasa jika dieksekusi.

Orangtua pastinya mencari-cari kanal youtube yang sesuai untuk anak-anak mereka, maka dongeng online bisa menjadi pilihan tepat, baik dengan dijadikan aplikasi dongeng maupun konten berbayar.

Kita bisa membuat konten dongeng online yang spesifik, misalnya konten dongeng kisah-kisah Nabi dan Rasul, mulai dari kisah Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Lut, Nabi Ibrahim, hingga kisah Nabi Muhammad, lalu konten dongeng Sahabat Rasulullah seperti Abu Bakr, Umar bin Khatthab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga lainnya.

Bisa juga konten dongeng spesifik yang bermuatan lokal, seperti konten dongeng Cerita Rakyat Nusantara, konten dongeng Legenda asal-usul nama daerah, bahkan bisa juga mengeksekusi konten dongeng yang sifatnya Internasional seperti Cinderella, Little Mermaid, Snow White, Alice in Wonderland, dan konten kreatif lainnya.

Sahabat sudah melihat peluang besar ide bisnis yang bisa dieksekusi para pendongeng? Yuuk makin eksis sebagai pendongeng.

Artikel Terkait :
Peluang Usaha Buat Kamu yang Jago Storytelling

Dongeng Ceria Edukasi Anak Penyintas Semeru Melalui Dongeng Boneka

Dongeng Ceria Edukasi Anak Penyintas Semeru Melalui Dongeng Boneka

Siapa bilang dongeng boneka hanya berguna untuk hiburan semata? Dongeng boneka bisa juga lho dipergunakan untuk edukasi bagi anak-anak penyintas bencana.

Inilah yang dilakukan tim Dongeng Ceria sejak Selasa pagi, 7 Desember 2021, yang mengambil lokasi di dekat pengungsian Balai Desa Sumbermujur Lumajang. Edukasi dengan dongeng boneka ini diikuti oleh beberapa anak penyintas yang berusia 8 hingga 11 tahun.

Boneka yang digunakan merupakan media untuk menarik perhatian anak-anak, dan juga sebagai ice breaking yang dapat mendobrak kekakuan yang sering tercipta antara orang dewasa dan anak-anak, terutama di lokasi pengungsian.

Setelah kekakuan hilang, barulah pendongeng memberikan kisah yang dapat diresapi hikmahnya untuk anak-anak.

Di saat anak-anak sudah merasa nyaman, lebih mudah pula untuk memasukkan nilai-nilai karakter yang diharapkan tumbuh dalam diri mereka, seperti karakter sabar, lapang dada, tenang atau tak mudah panik, dan karakter lainnya.

====

Berikan Bantuan Untuk Mengembalikan Senyum Anak Penyintas Bencana Gunung Semeru, KLIK DISNI

Gunung Semeru Erupsi, Dongeng Ceria Kembali Beraksi

Gunung Semeru Erupsi, Dongeng Ceria Kembali Beraksi

Sahabat, sejak dahulu Dongeng Ceria telah konsisten dan komitmen untuk mendampingi anak-anak penyintas bencana.

Maka, begitu terjadi erupsi Semeru di Lumajang Jawa Timur pada 4 Desember 2021, Dongeng Ceria segera sigap merespon bencana ini dengan melakukan penggalangan donasi berupa barang maupun uang tunai untuk dikirimkan kepada para penyintas.

Pagi 6 Desember, tim 1 Dongeng Ceria telah sampai di Lumajang, sedangkan tim 2 telah melakukan pemberangkatan dari Bekasi dengan ambulans dan membawa beberapa perlengkapan darurat.

Rencananya, tim 3 akan diberangkatkan pada 7 Desember pukul 3.00 WIB dini hari dengan membawa serta relawan dan donasi barang dengan menggunakan bis King Ichsan.

Tim Dongeng Ceria dalam merespon bencana berfokus menangani anak-anak penyintas, karena secara fisik maupun psikis, anak-anak merupakan korban yang paling rentan dan perlu pendampingan.

Tidak hanya memberikan edukasi Anak Indonesia Cerdas Bencana, tim juga mengajarkan materi ‘Aku Pandai Menjaga Diri’ agar menghindarkan anak-anak penyintas dari kemungkinan terjadinya pelecehan yang marak ditemukan di lokasi bencana.

Pakaian bersih, makanan hangat dan sehat, hygiene kit, buku dan aktivitas permainan, menjadi fokus pemberian bantuan yang dibawa oleh tim Dongeng Ceria ke tenda-tenda pengungsian.

Terimakasih pada Sahabat yang telah mempercayakan Dongeng Ceria menjadi jembatan kebaikan dan kepedulian Sahabat untuk para penyintas. Jazakumullah khairan katsir.

====

Berikan Donasi Terbaik Sahabat Untuk Mengukir Senyum Anak di Lumajang

– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030
====
www.DongengCeria.org

Beginilah Keseruan Launching Masker Comet Theo di Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau

Beginilah Keseruan Launching Masker Comet Theo di Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau

Launching produk di hotel dan cafe? Sudah mainstream!

Perusahaan supplier masker Comet dengan tagline ‘Commit to Care‘ me-launching produk masker terbarunya bernama Comet Theo di Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau, pada Kamis 11 November 2021.

Bukan sekadar launching produk, mengambil momen Hari Pahlawan, dilakukan juga berbagai kegiatan positif dengan mengusung tema “Pahlawan Masa Kini, Peduli Sesama Penyelamat Bumi” yang menyasar 40-an anak Yatim Seribu Pulau sebagai pesertanya.

Kegiatan diawali dengan dongeng ceria dari Kak Dini dan boneka Utin yang menjelaskan pentingnya menggunakan masker juga handsanitizer untuk menjaga diri dari penyakit.

dongeng ceria indonesia

Lalu disambung dengan sambutan dari Direktur Dongeng Ceria Indonesia, Sahuri Nur Rochmat, yang menyambut baik kegiatan positif yang dilakukan oleh Comet ini. “Ada 94 anak Yatim Seribu Pulau yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia kini tinggal di 3 lokasi Rumah Ceria, kami berterimakasih atas kepedulian Comet pada anak-anak kami.”

direktur dongeng ceria sahuri nur

Kegiatan selanjutnya dibuat paralel menjadi 2 sesi yang berjalan sekaligus, yakni sesi edukasi mengolah sampah menjadi barang bernilai guna bersama mitra Comet dari Kertabumi, dan juga sesi menulis surat untuk pahlawan.

Anak-anak Yatim Seribu Pulau belajar memanfaatkan botol bekas untuk dijadikan celengan, juga belajar membuat pouch bag dari sampah plastik makanan ringan kemasan.

Selain anak-anak Yatim Seribu Pulau, kegiatan ini juga diikuti komunitas pecinta motor adventure Ontahood, komunitas sosial infaq beras Bekasi (Paskas), dan para klien Comet lainnya dari berbagai perusahaan manufaktur.

ontahood dongeng ceria

Dalam kesempatan ini, tim Comet menyerahkan hasil penggalangan donasi dari seluruh Frenmet se-Indonesia sejumlah Rp 58.750.000,-

donasi comet theo untuk dongeng ceria indonesia

“Bagi kami profit itu tidak melulu soal uang, namun juga bagaimana kami bisa berbagi manfaat pada masyarakat,” ungkap Direktur PT Alifindo Mitra Bersama, Irma Yulitasari. Itu sebabnya Comet mendukung atlet-atlet PON XX Papua dan juga PEPARNAS XVI Papua yang serupa dengan PON namun pesertanya merupakan para atlet penyandang disabilitas.

Sukses untuk Comet dan Comet Theo, terus berkomitmen untuk peduli sesama, terimakasih telah menjadi pahlawan masa kini di Rumah Ceria.

====

Ingin menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau? Klik DISINI

Aksi Dongeng Ceria Menghibur Anak-Anak Penyintas Banjir Bandang Malang

Aksi Dongeng Ceria Menghibur Anak-Anak Penyintas Banjir Bandang Malang

Ahad, 7 November, Adiputra Septiyantono yang biasa akrab dipanggil Kak Adip, beserta boneka orang utannya si Utun, telah hadir di tempat pengungsian penyintas banjir bandang kota Malang.

Alhamdulillah… bukan hanya menghibur anak-anak, Kak Adhip yang merupakan ketua Yayasan Dongeng Ceria Indonesia sekaligus datang untuk melakukan assesment apa saja yang diperlukan oleh anak-anak di sana, agar bisa dilakukan pendampingan dan trauma healing, terutama bagi anak-anak yang rumahnya rusak atau bahkan hancur diterjang banjir bandang.

kak adip dongeng ceria di batu malang

Bagaimanapun, anak-anak merupakan generasi pengganti yang perlu kita jaga bersama untuk masa depan bangsa ini. Dongeng Ceria hadir untuk mengedukasi Anak Indonesia Cerdas Bencana.

Mohon doa dan dukungan dari Sahabat semua, sama-sama kita bahu-membahu menghadapi ujian ini.

====

Berikan Donasi Terbaik Sahabat melalui :

– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030

700 Siswa MI Plus Al Mughni Cibinong mengikuti Dongeng Peringatan Maulid Nabi

700 Siswa MI Plus Al Mughni Cibinong mengikuti Dongeng Peringatan Maulid Nabi

Ratusan siswa memenuhi masjid 2 lantai di area MI Plus Al Mughni Cibinong. Wajah anak-anak tampak antusias mengikuti peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan pada Sabtu, 30 Oktober 2021 lalu.

Saat Kak Yoga dari Dongeng Ceria maju ke samping mimbar bersama Piko, boneka ayam yang selalu menemaninya, tawa lepas anak-anak langsung memburai.

Bukan hanya memancing tawa, Kak Yoga pun membawakan dongeng penuh hikmah yang pesannya amat menyentuh hati.

jasa dongeng indonesia

“Dongengnya bagus, mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan…” ungkap Bu Ida selaku guru di MI Plus Al Mughni.

Melalui event dongeng ini pula, Dongeng Ceria menginfokan program sedekah untuk Yatim Seribu Pulau yang merupakan anak-anak asuh Dongeng Ceria dari seluruh daerah di Indonesia.

Terkumpul donasi sebesar Rp 17.285.000 dari sedekah yang dikeluarkan oleh para siswa MI Plus Al Mughni di event ini. Semoga Allah catat sebagai amal shalih yang balasannya Allah lipatgandakan di dunia dan akhirat kelak.

Jazakumullah khoiron katsir kepada kepala sekolah, serta guru-guru MI Plus Al Mughni Cibinong. Yuk undang dongeng ceria dalam Jasa Dongeng Indonesia terbaik, hubungi 0812 2345 4030.