4 Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

4 Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

Ingat Ramadhan, ingat sahur. Inilah 4 makanan yang cocok untuk sahur dan perlu dipersiapkan untuk hidangan sahur keluarga di rumah.

Sahabat Dongeng Ceria, nggak berasa nih, sebentar lagi kita akan kedatangan bulan Ramadhan. Sudahkah Sahabat mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah menu sahur.

Seperti yang kita ketahui bahwa sahur adalah salah satu sunah nabi yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan karena memiliki banyak keutamaan.

Kali ini ada tips beberapa makanan atau minuman yang cocok dikonsumsi untuk sahur nih, Sahabat. Apa saja ya kira-kira? Kita simak kuy!

Air putih

Yaps, ini mah wajib banget ya. Pada saat sahur sebaiknya kita banyak mengonsumsi air putih atau makanan yang banyak mengandung cairan untuk memastikan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Mengapa air putih dan bukan air sirup yang pastinya lebih manis? Soalnya, ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis terlalu banyak, justru akan membuat tubuh kita menjadi cepat haus. Jadi sebaiknya perbanyak minum air putih aja ya, terutama saat sahur.

Makanan Kaya Karbohidrat Kompleks

Selain cairan, karbohidrat juga sangat diperlukan sebagai sumber energi tubuh kita. Karbohidrat kompleks sendiri merupakan makanan yang proses pencernaannya lebih lama dilakukan oleh tubuh. Alhasil, perut kita bisa kenyang lebih lama dibandingkan mengonsumsi karbohidrat jenis lain. Makanan jenis ini juga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Beberapa contoh makanan kaya karbohidrat kompleks di antaranya:

Oat

Merupakan salah satu biji-bijian yang sudah banyak beredar dipasaran. Cara mengonsumsinya pun relatif mudah dan sederhana. Bisa langsung diseduh air panas dan langsung dikonsumsi.

Bisa juga dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lain seperti yoghurt, susu, buah-buahan segar dan kering, biji-bijian serta kacang-kacangan. Tinggal disesuaikan dengan selera saja.

Sereal

Selain berserat tinggi, sereal juga diperkaya dengan vitamin dan mineral, memberikan nutrisi tambahan untuk tubuh. Apalagi biasanya dikonsumsi dengan susu. Otomatis kita juga mendapatkan cairan dan nutrisi seperti kalsium, yodium dan vitamin b dari susu.

Nasi merah

Siapa yang suka makan nasi merah hayo? Ternyata nasi merah juga bagus lho untuk tubuh. Soalnya beras merah sendiri mengandung kalsium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk membangun tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk mencegah risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya. Beras merah juga sumber antioksidan yang sangat baik lho, Sahabat. Kebayangkan gimana sehatnya kalau sahur kita pake nasi merah?

Roti Gandum

Mengapa roti gandum menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi saat sahur? Soalnya gandum mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Meskipun bagi sebagian orang biasanya kurang suka dengan teksturnya yang lebih kasar dibandingkan dengan roti yang lain sih. Tetapi kalau ternyata bagus buat kesehatan, kenapa nggak dicoba ya?

Protein

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan berprotein baik hewani maupun nabati. Protein hewani contohnya ayam, daging, ikan, susu, yoghurt dan sejenisnya. Sementara untuk protein nabati yang paling mudah dan banyak ditemui serta harganya juga terjangkau, ada tempe dan tahu. Selain itu protein juga banyak terdapat pada kacang-kacangan maupun biji-bijian.

Sayuran dan buah-buahan

Setelah karbohidrat dan protein terpenuhi, buah dan sayuran juga sangat cocok dikonsumsi ketika sahur. Apalagi banyak kandungan vitamin, mineral dan zat-zat lain yang berguna bagi tubuh terkandung di dalamnya.

Itu dia beberapa tips atau ide makanan yang cocok untuk Sahur, Sahabat. Semoga bermanfaat dan membuat ibadah puasa kita lebih lancar. (SH/RI)

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
www.DongengCeria.org

4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim

4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim

Sahabat, tahu nggak … apa sih yang membuat Ramadhan menjadi bulan yang mulia di dalam Islam? Adakah dalil-dalil keutamaan bulan Ramadhan?

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Nah, ini dia 4 Keutamaan Bulan Suci Ramadan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim. Jangan sampai nggak tahu ya, apalagi poin nomor 3 sayang banget kalau terlewatkan:

Rukun Islam ke-4

Ramadhan menjadi bulan paling mulia di antara bulan-bulan lainnya, karena pada bulan Ramadhan inilah seluruh umat Islam menunaikan Rukun Islam yang keempat: Puasa sebulan penuh.

Bayangkan nih … pada bulan Ramadhan seluruh kaum muslimin sedunia menahan lapar dan haus sepanjang hari, dan shalat sunah sepanjang malam. Bayangkan betapa dahsyatnya energi pembersihan diri manusia yang terjadi pada bulan Ramadhan?

Dan, puasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat, artinya … tiang yang menjadi tonggak keislaman seseorang terlihat di bulan Ramadhan ini.

Sabda nabi Muhammad salallhu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Abdillah ibn Umar raḍiyallahu ‘anhuma:

“Islam dibangun di atas lima (tiang): kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah; mendirikan shalat; membayar zakat; puasa Ramadhan; dan haji ke Baitullah (Ka’bah).”

Sangat jelas ya, bahwa bulan Ramadhan merupakan rukun islam keempat. Sebagai muslim kita wajib mengimani dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Tidak dibenarkan bagi kaum muslim meninggalkan puasa Ramadan kecuali memiliki udzur syar’i (halangan yang dibolehkan oleh syariat, seperti: Sakit, hamil, haid, menyusui, safar)

Bulan turunnya Al-Quran

Di antara keutamaan bulan Ramadhan adalah turunnya Al-Qur’an di bulan ini, yakni pada malam Lailatul Qadr. Selanjutnya Al Quran diturunkan sempurna secara bertahap selama 23 tahun kepada Nabi Muhammad salallhu ‘alaihi wa sallam.

Dalam Surah Al-Baqarah, 2:185, Allah berfirman:

“Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan tentang petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil)…”

Dan pada Surat Al-Qadr, 97:1, Allah berfiman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an ini) pada Malam Al-Qadr (Ketetapan).”

Dari dua ayat di atas sudah menjelaskan bahwa Kitab suci Al-Quran turun pada bulan Ramadhan pada malam lailatur qadr ya Sahabat, itu sebabnya bulan Ramadhan sangat spesial dan mulia dibandingkan bulan lainnya.

Terdapat Malam Lailatul Qadr

Hayoo Sahabat tahukah apa yang dimaksud dengan lailatul qadr? Tadi di poin nomor 2 sudah dijelaskan bahwa Al Quran diturunkan pada saat lailatul qadr, tapi sudah tahu belum … apa itu lailatul qadr dan keistimewaannya?

Yap, malam ini merupakan malam yang sangat dinanti-nanti karena setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Ibadah di malam ini setara pahalanya dengan beribadah 1000 bulan (83 tahun). Lailatul qadr hanya terjadi sekali dalam setahun yakni hanya ada di bulan Ramadhan saja.

Itu sebabnya Ramadhan sangat dahsyat, terutama di 10 malam terakhirnya, karena malam lailatul qadr diperkirakan hadir pada salah satu malam ganjil di 10 hari penghujung Ramadhan.

Dalam Surat Al-Qadr, 97:1-5, Allah berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an ini) pada Malam Al-Qadr (Ketetapan). Dan apa yang akan membuatmu tahu apa itu Malam Al-Qadr (Ketetapan)? Malam Al-Qadr (Ketetapan) lebih baik dari seribu bulan. Di sana turun para malaikat dan Ru [Jibrl] dengan Izin Allah dengan segala Keputusan. (Sepanjang malam itu), ada kedamaian (dan kebaikan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang beriman) hingga terbitnya fajar.”

Ikhlas Menghapus Dosa-Dosa Masa Lalu

Salah satu keutamaan Ramadhan yang terpenting adalah berpuasa dengan ikhlas karena Allah dijanjikan dapat menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana yang disebutkan hadits nabi Muhammad salallaahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Abu Hurairah raḍiallahu ‘anhu:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Bukan hanya itu sengaja, memperbanyak ibadah shalat malam juga dapat menghapus dosa kita yang lalu.

Dalam riwayat lain hadits Imam al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Abu Hurairah raḍiallahu ‘anhu yang lain juga disebtkan, bahwa Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang menunaikan malam Ramadhan dengan shalat karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Tapi perlu diingat ya, satu-satunya syarat agar memperoleh ampunan Allah adalah melakukan ibadah dengan iman (keikhlasan) dan dengan harapan mendapat pahala dari Allah semata, bukan karena ingin pamer, takut, ingin diet, dan lainnya.

Nah, itu dia 4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim. Semoga setelah mengetahuinya kita menjadi semakin semangat untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan ya Sahabat Dongeng Ceria. (SH/RI)

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
www.DongengCeria.org

RAHMAT: Datang dari Rimba Kini Jadi Penghafal Quran

RAHMAT: Datang dari Rimba Kini Jadi Penghafal Quran

Butuh 8 hari berjalan kaki dari desa terakhir untuk sampai ke pedalaman rimba tempat Rahmat tinggal, suku Togutil penghuni belantara hutan Halmahera.

Nama asli Rahmat adalah Rinte, ayahnya telah meninggal dunia karena sakit, ia dan adiknya (Bili, kini berubah nama menjadi Bilal) telah yatim sejak kecil.

Namun Rahmat tak tahu berapa umurnya, tak mengerti juga kapan tanggal lahirnya yang sebenarnya, Rahmat besar di antara suku Togutil yang terasing dan primitif.

Datang dari Rimba Kini Jadi Penghafal Quran

Dulu, Rahmat tak bisa berbahasa Indonesia, tak mengenal cara berpakaian, makan pun dengan cara berburu misalnya menebas rusa, bahkan dalam satu rumah yang hanya berukuran 1,5×2 meter seperti bale-bale tanpa dinding, ditempati oleh satu keluarga besar.

Rahmat diboyong oleh Kak Iman yang melakukan Dongeng Jelajah Negeri bersama pasukan hebat lainnya, keluar dari pedalaman hutan untuk belajar dan mengenal peradaban. Syukurlah Rahmat tak takut ketika harus menaiki pesawat, tapi sangat kebingungan ketika melihat keramaian kota.

Rahmat awalnya tidak biasa mandi setiap hari, ia tak mengenal sabun ataupun shampo, maka pertama memakai shampo di rambutnya yang gondrong ia pun menangis. Bukan apa-apa, busa shampo masuk ke matanya hingga ia merasa perih sampai mengeluarkan air mata.

Awalnya pun Rahmat tak terbiasa makan makanan kota yang serba berbumbu, ia hanya bisa makan nasi putih selama beberapa bulan.

Kini, setelah 4 tahun tinggal di Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau, Rahmat telah hafal Qur’an hampir 5 juz, bisa berkomunikasi dengan percaya diri menggunakan bahasa Indonesia meskipun sering tak terdengar jelas, bahkan berani tampil berceramah di hadapan teman-temannya sesama santri Yatim Seribu Pulau.

Rahmat telah bisa mengendarai motor, memasak nasi dan lauk pauk, melayani pengunjung yang datang ke Roemah Makan Gratis, bahkan bisa juga menjahit baju koko dengan mesin jahit.

Saat ini Rahmat telah memiliki laptop sendiri hasil menabung selama ini. Rahmat haus belajar, ia suka belajar dan kini ia ingin bisa IT. Suatu hari nanti, Rahmat akan kembali ke pedalaman rimba untuk membangun peradaban bagi masyarakatnya.

Sahabat, dukung Rahmat untuk terus semangat belajar dan menjadi penghafal quran. Jadilah orangtua asuh untuk anak-anak Yatim Seribu Pulau.

Salurkan SEDEKAH TERBAIK sahabat ke :
💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030

4 Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

4 Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi ornag yang berinfak’, sedang yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat, ingin bersedekah Subuh tapi enggan keluar rumah? Tentu saja karena kondisi langit masih gelap, belum tentu bertemu dengan orang yang memerlukan bantuan di pagi buta, merasa tidak nyaman keluar rumah tanpa ada keperluan mendesak, atau karena alasan lainnya.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Nah, berikut ini ada 4 cara sedekah Subuh di rumah sendiri yang bisa Sahabat praktikkan setiap hari, gak pake ribet, ga pake susah, yuk dicek apa saja yaa tipsnya:

Sedekah jari dan jempol

Apa maksudnya nih? Kok bisa sedekah pakai jari dan jempol doang?

Ooh tentu bisa dong! Caranya gampang sekali Sahabat, tinggal masuk ke website Dongeng Ceria setiap pagi, ada banyak pilihan sedekah yang bisa Sahabat klik. Semua sedekah bisa mulai dari Rp 1000 via Gopay, Ovo, dan berbagai nomor rekening lho.

Ada sedekah untuk 99 anak Yatim Seribu Pulau, ada sedekah makanan gratis untuk dhuafa 100 porsi setiap harinya, ada sedekah untuk pembangunan masjid di Kuningan Jawa Barat, ada juga sedekah lainnya yang bisa Sahabat pilih sesuai dengan keinginan hati.

Apalagi saat ini Dongeng Ceria Peduli memiliki beberapa campaign seputar bantuan pendidikan dan kesehatan untuk dhuafa.

Misalnya, campaign untuk Pak Rudi, seorang pengantar air galon yang lumpuh setelah ditabrak motor dan mengalami koma selama 12 hari. Beliau kini tak bisa lagi bergerak atau berbicara, sehingga istrinya harus bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sekaligus untuk biaya pengobatan rawat jalan Pak Rudi.

Dongeng Ceria Peduli secara berkala telah menyalurkan bantuan beberapa kali untuk Pak Rudi berupa pampers dewasa, susu diabetes, dan juga biaya transport untuk berobat ke Rumah Sakit 2x seminggu untuk terapi jalan dan terapi bicara.

Sahabat yang ingin mensupport pengobatan rawat jalan Pak Rudi, bisa melalui Dongeng Ceria Peduli yaa, setiap Subuh silakan bersedekah online dengan jemari dan jempol melalui web dongengceria.org.

Sedekah kencleng

Selain sedekah secara online, kita bisa juga melakukan sedekah Subuh dengan cara memasukkan uang melalui kencleng atau celengan. Kumpulkan selama satu bulan lalu disalurkan pada bulan berikutnya.

Misalnya sedekah kencleng dimulai pada tanggal 10 bulan ini, maka pada tanggal 10 bulan depan bisa kita buka kemudian kita salurkan kepada dhuafa yang kita kenal, atau jika ingin lebih terpercaya bisa melalui lembaga.

Dongeng Ceria sendiri merupakan lembaga sosial nirlaba yang konsen pada dunia anak, pendidikan serta kemanusiaan. Sahabat bisa menyalurkan tabungan kencleng untuk anak yatim/dhuafa, atau untuk pembangunan masjid, dan lainnya, melalui Yayasan Dongeng Ceria.

Nah, selain belajar sedekah Subuh untuk diri sendiri, Sahabat juga bisa mengajarkan anak-anak untuk melakukan sedekah kencleng ini agar mereka sejak kecil sudah terbiasa berbagi.

Sedekah ke tetangga

Tak perlu keluar rumah, kita bisa menghubungi tetangga untuk mengambil makanan dari rumah kita misalnya.

“Jeng, aku masak bubur ayam nih, yuk datang ke rumah, bisa ambil 5 porsi buat orang rumah.”

Meski hanya berupa makanan, namun ini juga disebut sebagai sedekah, apalagi jika kita tahu sekali tetangga tersebut sangat membutuhkan bantuan. Maka kita bisa secara rutin menyengaja melebihkan masakan untuk diberikan pada tetangga tersebut.

Sedekah ke binatang peliharaan

Bukan hanya pada tetangga, bahkan pada kucing peliharaan pun kita bisa memberi sedekah sejak Subuh. Misalnya dengan menyiapkan makanan kucing setiap pagi.

“Ketika seorang lelaki berjalan dalam sebuah perjalanan dia merasa sangat kehausan lalu dia mendapati sebuah sumur. Dia turun ke sumur itu lalu minum dan setelah itu keluar. Saat itu, tiba-tiba dia melihat seekor anjing yang menjulurkan lidahnya menjilat debu karena sangat haus.

Si lelaki itu berkata, “Anjing ini sangat kehausan sebagaimana yang telah aku rasakan.” Lalu dia turun lagi ke sumur, dia memenuhi salah satu sepatunya dengan air lalu dia menggigitnya dengan mulutnya (sehingga bisa naik-red) dan memberikan minum kepada anjing tersebut.

Kemudian Allah Azza wa Jalla berterima kasih kepadanya (maksudnya Allah menerima amal perbuatan orang ini-red) dan Allah Azza wa Jalla mengampuni dosanya.

Para sahabat Radhiyallahu anhum bertanya, “Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , apakah kita akan mendapatkan pahala dalam (pemeliharaan) binatang ternak ?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, pada (pemeliharaan terhadap) setiap yang bernyawa ada pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

Nah, bagaimana Sahabat? Mudah kan bersedekah Subuh di rumah sendiri tanpa perlu ribet atau lelah. Yuk dipraktikkan, semoga Allah mudahkan kita semua untuk menjadi jembatan kebaikan bagi orang lain.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Benarkah Allah Tidak Menerima Sedekah dari Harta Haram?

Benarkah Allah Tidak Menerima Sedekah dari Harta Haram?

Menyedekahkan sebagian harta kita adalah sebuah perbuatan baik. Terlebih di bulan Ramadhan ini. Semua berlomba-lomba bersedekah untuk menabur benih kebaikan.

Namun bagaimana jika harta yang disedekahkan berasal dari harta haram? Apakah harta tersebur akan berubah status menjadi halal? Jawabannya tentu tidak! Hal tersebut tetaplah diharamkan apapun alasannya.

Benarkah Allah Tidak Menerima Sedekah dari Harta Haram

Meskipun niat tulus untuk membantu, tapi Allah tidak menerima sedekah jika berasal dari perbuatan yang haram, karena Allah hanyalah menerima yang thoyyib yaitu baik, dan tentunya harus bersumber dari pekerjaan yang halal.

Mungkin kita pernah menyaksikan sendiri pencuri yang berhasil mencuri uang dan uang tersebut disedekahkan, atau uang koruptor yang dipakai bersedekah dengan niat agar meringankan beban dosanya.

Kita melihat hal itu tampak hebat bagai pahlawan. Karena membantu orang lain yang dalam kesusahan. Namun sayangnya, Allah SWT tidak akan menerima sedekah dari harta haram tersebut.

Sedekah ibarat air yang dapat membersihkan harta. Namun bersedekah dengan harta haram, layaknya mencoba membersihkan pakaian dengan menggunakan air urine, justru malah membikin kotor.

Rasulullah Shalallaahu ‘alaihi wassalaam bersabda yang artinya, “Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)” (HR. Muslim no. 224).

Hal ini juga dijelas dalam Hadist Riwayat Muslim berikut ini yang artinya,
“Hai manusia! Sesungguhnya Allah itu baik dan tak hendak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah ta’ala telah memerintahkan kepada orang-orang beriman apa yang diperintahkan kepada para Rasul, maka firman-Nya, ‘Hai para Rasul, makanlah dari hasil yang baik dan beramal sholehlah! Sesungguhnya Aku mengetahui apa-apa yang engkau lakukan!’

Dan firman-Nya lagi, ‘Hai orang-orang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami karuniakan kepadamu!’ Lalu disebutkan Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang seorang laki-laki yang lama berkelana, dengan rambutnya yang kusut kusam dan pakaian yang berdebu, menadahkan tangannya ke langit, seraya berkata ‘Ya Tuhanku, ya Tuhanku! Padahal makanannya haram, pakaiannya haram, minumannya haram, dan dibesarkan dengan yang haram, maka bagaimana doanya dapat dikabulkan Tuhan.” (HR. Muslim)

Na’udzubillahiminzalik.

Semoga kita senantiasa memberikan makan dari penghasilan halal untuk keluarga kita, dan menyedekahkan sebagian harta yang bersumber dari pekerjaan halal pula. Aamiin.

Yuk turut menjadi orang tua asuh

💳
– *BCA 6755800809*
– *Bank Syariah Indonesia 7134204545*
– *Bank Mandiri 1670003750006*
– *BRI 210801000364307*
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030
====
LangkahManfaat.com

Ajaibnya Sedekah di Bulan Ramadhan, Tidak Mengurangi Harta Justru Menambahnya

Ajaibnya Sedekah di Bulan Ramadhan, Tidak Mengurangi Harta Justru Menambahnya

Sahabat, seberapa seringkah kita menyisihkan uang yang kita punya untuk bersedekah? Seberapa yakinkah kita bahwa sedekah bisa menambah harta? Pernahkah kita membuktikan langsung janji Allah bahwa sedekah bisa menjadi metode melipatgandakan rezeki?

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. Al-Baqarah : 265)

Ajaibnya Sedekah di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, sedekah bisa membawa keajaiban luar biasa lho Sahabat, karena pada bulan mulia ini segala amalan dilipatgandakan balasannya, baik di dunia terlebih lagi di akhirat.

Mau tahu bagaimana caranya mendapat keajaiban sedekah di bulan suci ini?

Mulakan dengan keyakinan

Tanamkan dalam diri mu bahwa di dalam harta yang kita punya, sebagiannya memang ada hak orang lain. Yakni ada hak fakir, miskin, hak anak yatim, dan golongan mustahik lainnya.

Dengan memakai kerangka berpikir seperti ini, kita akan sadar bahwa yang kita lakukan memang suatu hal yang sudah seharusnya. Sehingga bersedekah menjadi cara kita bersyukur pada rezeki yang diberikan oleh Allah.

Berikan sedekah yang terbaik

Jika memberikan makanan misalnya, berilah makanan yang kita sukai, bukan makanan yang sudah hampir basi, paling murah harganya, atau yang kita sendiri enggan menerimanya jika ada yang memberi.

Jika kita bersedekah dalam bentuk uang, berilah dengan nominal yang membuat kita bahagia jika mendapat uang sebanyak itu dari orang lain. Atau setidaknya persentasenya 10% dari penghasilan kita.

Perlu dipahami bahwa seseorang yang mendapatkan nikmat 1 Milyar dari Allah, lalu bersedekah 10 juta, sebenarnya setara dengan seseorang yang mendapat nikmat 1 juta dari Allah lalu bersedekah 10ribu Rupiah. Artinya, jangan lihat nominal sedekah, tapi lihatlah persentasenya dari nikmat yang Allah beri pada kita. Sudah sepadankah? Ataukah jangan-jangan kita baru berani sedekah 1% dari apa yang Allah karuniakan pada kita?

Dalam hadits disebutkan mengenai hal ini, Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham”. Lalu ada yang bertanya, “Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau jelaskan, “Ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan.” (HR. An Nasai no. 2527 dan Imam Ahmad 2: 379)

Demikianlah cara mendapat keajaiban sedekah di bulan penuh berkah. Yuk langsung dicoba Sahabat!

Saat ini Dongeng Ceria Peduli mengajak Sahabat untuk membantu Pak Rudi, beliau adalah seorang pengantar air galon yang lumpuh setelah tertabrak motor. Pak Rudi kehilangan kemampuan berkomunikasi, dan separuh badannya tak bisa bergerak lagi.

Istrinya harus bekerja serabutan karena diperlukan biaya cukup besar untuk merawat Pak Rudi yang saat ini hanya bisa berbaring lemah.

Menjadi penjahit, menjual gorengan, menjadi buruh cuci pakaian tetangga, semua dilakoni istri Pak Rudi agar bisa memenuhi kebutuhan bulanan keluarga dan biaya rawat jalan suaminya.

Sahabat, bantu Pak Rudi yuk, diperlukan biaya Rp 38juta untuk pengobatan rawat jalan hingga 6 bulan ke depan.

Semoga Allah melipatgandakan balasan untuk Sahabat yang bersedia membantu orang yang membutuhkan bantuan.

Yuk turut menjadi orang tua asuh

💳
– *BCA 6755800809*
– *Bank Syariah Indonesia 7134204545*
– *Bank Mandiri 1670003750006*
– *BRI 210801000364307*
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030
====
LangkahManfaat.com

Artikel Terkait :
6 Persiapan di Dalam Menyambut Ramadhan

10 Kegiatan Bulan Ramadhan Yang Bisa Menambah Keberkahan

10 Kegiatan Bulan Ramadhan Yang Bisa Menambah Keberkahan

Sahabat, bulan Ramadhan merupakan bulan paling istimewa dalam satu tahun Hijriah, tapi sayangnya masih banyak lho orang yang belum memanfaatkan kehadiran bulan luar biasa ini secara optimal.

Ibaratnya nih … ada big sale 99,99% untuk semua barang branded dan lux, tapi malah gak kita beli, rugi banget kan? Nah, begitulah gambaran seseorang yang berada di bulan Ramadhan tapi gak mengerjakan amalan kebaikan yang diutamakan di bulan suci ini.

Kegiatan Bulan Ramadhan

So, coba cek deh, setidaknya ada 10 kegiatan di bulan Ramadhan, yang jika kita lakukan bisa menambah keberkahan, apa sajakah kegiatan yang dimaksud? Cek di sini ya, nomor 8 paling harus dilakukan:

Mengakhirkan sahur

Banyak orang yang sahurnya terlalu awal, atau bahkan tidak sahur sama sekali di saat Ramadhan. Wah, ini sungguh kesalahan fatal lho Sahabat! Bisa-bisa puasa yang kita lakukan tak membawa keberkahan.

Yang disebut sahur adalah makan sebelum fajar, jadi Sahabat perlu ingat, jangan makan sahur di saat tengah malam, karena waktunya terlalu awal. Sebaiknya makan sahur sekitar 30 menit sebelum adzan Subuh, sebagaimana hadits Rasulullah:

“Dari Anas ibnu Malik, dari Zaid Ibnu Sabit yang menceritakan, “Kami makan sahur bersama Rasulullah, kemudian kami bangkit mengerjakan shalat.” Anas bertanya kepada Zaid, “Berapa lamakah jarak antara azan (shalat Subuh) dan sahur?” Zaid menjawab, “Kurang lebih sama dengan membaca lima puluh ayat.”

Memang terlihat sepele, ‘hanya’ mendekatkan waktu sahur ke adzan Subuh, tidak tampak seperti sebuah amalan yang berarti. Namun jangan diremehkan! Karena amalan ini insya Allah akan mendatangkan banyak keberkahan untuk diri kita.

Menyegerakan Berbuka

“Umatku masih tetap dalam keadaan baik selagi mereka menyegerakan berbuka (puasa) dan mengakhirkan makan sahur(nya).” (Hadits)

Berbuka puasa adalah amalan yang simpel, mudah, dan dinanti-nantikan tiap orang setiap harinya di bulan Ramadhan. Namun, jangan pandang remeh amalan menyegerakan berbuka puasa ini ya!

Begitu mendengar kumandang adzan Maghrib, langsung sambutlah dengan tegukan air putih, sebutir kurma, atau makanan lainnya untuk membatalkan puasa, karena banyak juga orang yang sudah dengar adzan tapi malah tidak langsung berbuka dengan alasan, “Ah saya masih kuat kok puasa, nanti aja bukanya!”

Jangan merasa ‘hebat’ karena bisa bertahan buka puasa lama setelah adzan Maghrib, justru yang paling hebat adalah yang bisa konsisten menyegerakan berbuka puasa.

Berdoa selama berpuasa

Berpuasa tapi malah ghibah sepanjang hari. Berpuasa tapi nonton drakor sepanjang hari. Berpuasa tapi malah tidur sepanjang hari.

Duh, di mana letak keberkahannya?

Coba deh perbanyak berdoa selama berpuasa. Doa tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk orang-orang di sekitar kita, untuk bangsa ini.

“Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Ahmad)

Shalat Tarawih

Lelah bekerja, malas shalat tarawih? Padahal banyak keberkahan dalam shalat tarawih yang merupakan amalan khusus dilakukan pada malam-malam Ramadhan saja.

Meski tidak sampai 11 rakaat, upayakanlah mengerjakan shalat tarawih agar Ramadhan kita bertambah berkahnya.

Khatam Quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya quran, maka akan sangat aneh jika masuk dalam bulan suci ini tanpa pernah membaca kitab suci.

Menyelesaikan tilawan 30 juz Quran si bulan Ramadhan sudah pasti menambah keberkahan sepanjang hidup kita.

“Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. ad-Dailami).

Sedekah Brutal

Sedekah di bulan biasa saja sudah istimewa, apalagi di bulan mulia. Bersedekah secara brutal di bulan Ramadhan ini insya Allah bisa membawa rezeki dan keberkahan berlipat ganda.

“Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi).

Mencari ilmu

Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan hadist bersumber dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh, dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang bersabda.

“Barangsiapa hadir di majelis ilmu pada bulan Ramadhan maka Allah menulis bagi orang tersebut tiap-tiap jangkauan kakinya sebagai ibadah satu tahun”.

Memberi makan orang berpuasa

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

Apalagi jika dilakukan pada bulan Ramadhan, sederhana saja … sediakan kurma untuk berbuka puasa, atau sediakan air minum bagi orang-orang yang masih terjebak kemacetan di mobil misalnya, agar mereka bisa menyegerakan berbuka puasa.

Dongeng Ceria memiliki Roemah Makan Gratis (Roemantis) di bilangan Cikunir Raya Jatiasih, insya Allah akan selalu berbagi takjil dan makanan berbuka puasa secara gratis setiap hari di bulan Ramadhan. Support Roemantis yuk!

Santunan anak yatim

“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak tanpa ayah di antara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thabrani, Shahih At Targhib, Al-Albaniy: 2543].

Saat Ramadhan, para pekerja biasanya mendapatkan THR, nah Sahabat bisa juga memberi THR bagi anak yatim lho. Misalnya THR untuk 99 anak Yatim Seribu Pulau yang tinggal di Rumah Ceria Bekasi, dan Vila Quran Kuningan Jawa Barat.

I’tikaf 10 malam terakhir

“ Barangsiapa yang beri’tikaf sepuluh hari di bulan Ramadhan, maka baginya pahala dua haji dan dua umroh “

(HR. Al-Baihaqi, Syu’abil iman : 3 : 425).

Sahabat, 10 kegiatan berlimpah berkah di bulan Ramadhan yang telah dijelaskan di atas tadi tidak akan pernah mengalirkan keberkahan jika tidak kita lakukan, atau jika hanya sebatas angan, yuk wujudkan jadi kenyataan dengan bersungguh-sungguh mengamalkannya.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Sahabat, sudah tahu belum kalau puasa di bulan Ramadhan itu punya keutamaan yang beda banget dibanding puasa di bulan biasanya? “Ah masa’ sih, padahal kan sama-sama gak makan dan gak minum, sama-sama sahur, sama-sama berbuka. Bedanya di mana?”

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Ini dia 7 keutamaan puasa di bulan Ramadhan yang membuatnya berbeda dari puasa pada bulan lainnya, nomor 5 bikin bahagia banget:

Menghapuskan dosa dari Ramadhan tahun lalu

Hadirnya bulan Ramadhan saja sudah spesial banget lho Sahabat, jadi … bulan Ramadhan itu sendiri bisa menjadi waktu penghapusan bagi dosa-dosa yang pernah kita lakukan sejak Ramadhan sebelumnya. Wuih, maasya Allah!

“Sholat lima waktu dari Jum’at ke Jum’at berikutnya, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

Dibalas langsung oleh Allah

Ibaratnya kamu pecinta Kpop Idol nih, mana yang lebih kamu pilih … mendapat handphone atau bisa bertemu, ngobrol, dan dapat hadiah langsung dari sang idola?

Hmm … Tentunya lebih memilih ketemu langsung idola doong yaa! Nah, puasa Ramadhan lebih hebat dari itu, kita akan mendapat hadiah dari Allah langsung dan bertemu dengan-Nya.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim)

Perjumpamaan dengan Allah

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, puasa di bulan Ramadhan akan memberi kebahagiaan karena kita akan dapat berjumpa dengan Allah.

Jangan salah Sahabat, tidak setiap orang akan bahagia berjumpa dengan Allah, karena ada orang-orang yang berbuat keji selama di dunia ini, mereka justru sangat takut dibangkitkan dan bertemu dengan Allah dalam kondisi akan disiksa oleh perbuatan kejinya sendiri.

“Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.” (HR. Muslim).

Ditutupnya pintu neraka dan dirantainya setan

Bulan Ramadhan itu spesial, pintu neraka ditutup, setan dirantai, artinya … orang yang masih berbuat jahat menandakan hawa nafsu telah menguasainya, parah banget berarti!

“Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tuuh kan, makanya belenggu hawa nafsu dengan berpuasa secara benar sesuai sunah Rasulullah yaa Sahabat.

Dosa masa lalu diampuni

Bukan hanya dosa setahun lalu, tapi seluruh dosa masa lalu bisa Allah ampuni jika kita berpuasa Ramadhan dengan mengharap ridho Allah semata, bukan karena ingin pamer atau terpaksa lho yaa!

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni.”

Jadi, pastikan kita berpuasa dengan niat lurus, lalu ingat-ingat segala dosa yang pernah kita lakukan, lalu minta Allah untuk menghapuskan dosa tersebut seluruhnya. Semoga Allah jadikan kita hamba yang kembali fitrah.

Pintu surga khusus orang yang berpuasa

Jika puasa kita benar, tak sekadar menahan lapar dan haus tapi juga menjaga seluruh nafsu anggota tubuh, maka ibarat mendapat password memasuki pintu surga.

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Orang yang berpuasa akan diseru, ‘Mana orang yang berpuasa?’ Lantas mereka pun berdiri; selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, pintu itu akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya,”.

Doa dikabulkan Allah

Nah, selama berpuasa Ramadhan nanti perbanyaklah doa kebaikan, karena doa orang yang berpuasa takkan ditolak oleh Allah.

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.”

Bagaimana Sahabat? Menarik sekali kan keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan. Hmm … yuk persiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambutnya.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

6 Persiapan Menyambut Ramadhan

6 Persiapan Menyambut Ramadhan

“Senang banget kalau bulan Ramadhan, ibadah jadi lebih mudah karena semua orang berlomba berbuat baik …” ungkap Faiz, salah seorang santri Yatim Seribu Pulau.

Sahabat, ada 6 hal yang perlu dipersiapkan sebaik mungkin menjelang kedatangan bulan suci Ramadhan, agar kita bisa menjalani ibadah Ramadhan dengan optimal dan bisa keluar dari Ramadhan nanti dalam kondisi kembali fitri.

Ini dia 6 persiapan menyambut Ramadhan yang perlu dilakukan jauh-jauh hari:

Persiapan Menyambut Ramadhan

Memastikan telah lunas segala utang puasa Ramadhan tahun sebelumnya

Coba lihat kembali catatan Ramadhan kita tahun sebelumnya, barangkali ada utang puasa qodho yang belum kita lunasi. Bisa jadi karena uzur haid, hamil, sakit, safar, atau kondisi uzur lainnya.

Pastikan segala utang puasa tersebut telah dilunasi sebelum masuk bulan Ramadhan tahun ini!

berbahagia menyambut kedatangan Ramadhan

Berbahagia menyambut kedatangan Ramadhan

Mengapa kita perlu berbahagia menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan? Ya, karena bagi orang beriman … Ramadhan adalah momen yang teramat istimewa!

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.” (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Siapa yang tidak bersuka cita dengan berita ditutupnya pintu neraka ini selama Ramadhan? Tentunya hanya orang yang tidak meyakini akan adanya negeri akhirat bukan?!

Mempelajari ilmu seputar amalan Ramadhan

Berdoa agar dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan

Perhatikanlah, banyak sekali orang yang kembali menghadap Allah sebelum Ramadhan tiba, ini artinya tak semua orang memiliki kesempatan bertemu lagi dengan bulan suci mulia ini.

Oleh sebab itu, kita perlu membekali diri dengan doa semoga Allah sampaikan usia kita hingga Ramadhan tahun ini.

“Sebagian salaf berkata, ‘Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka.“

target selama bulan Ramadhan

Menentukan target selama bulan Ramadhan

Target tilawah quran, target menambah hafalan, target sedekah, target mentraktir buka puasa para mustahik, dan target-target khas Ramadhan lainnya yang perlu dibuat sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Upayakan tidak menentukan target muluk-muluk melampaui kemampuan diri kita sendiri. Buatlah target yang bisa dipenuhi, tapi juga bisa menyemangati agar Ramadhan kita makin berarti.

dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan

Mempelajari ilmu seputar amalan Ramadhan

Amalan Ramadhan ada sangat banyak, semuanya memerlukan ilmu mumpuni agar kita tidak salah dalam menjalankannya. Ilmu yang perlu dipelajari lagi dan tak boleh merasa bosan dalam memahaminya antara lain mengenai puasa, tarawih, i’tikaf, sahur, berbuka, fidyah, zakat fitrah, dan lainnya.

Meminta maaf dari orang-orang terdekat

Meminta maaf dari orang-orang terdekat

Jangan menunggu hingga lebaran! Meminta maaf justru dilakukan sebelum kedatangan Ramadhan. Terutama kepada orangtua, saudara kandung, dan orang-orang yang berhubungan nasab lainnya. Jangan sampai kita menjalankan puasa Ramadhan tapi masih menyimpan dendam permusuhan pada saudara-saudari satu keturunan.

Demikianlah 6 hal persiapan Ramadhan yang perlu dilakukan sebelum memasuki bulan suci.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Artikel terkait :
7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

PT Solusi Intek Berbagi 100 Porsi Setiap Hari di Roemah Makan Gratis Dongeng Ceria

PT Solusi Intek Berbagi 100 Porsi Setiap Hari di Roemah Makan Gratis Dongeng Ceria

Di masa pandemi yang kembali merebak, di saat warga yang kesulitan makan harian semakin banyak, PT Solusi Intek telah menjadi solusi dengan berbagi 100 porsi makanan setiap Senin-Jumat di Roemah Makan Gratis (Roemantis) Dongeng Ceria yang berlokasi di Jl Cikunir Raya, Gang Rawasemut, Jatiasih, Kota Bekasi.

Solusi Intek Berbagi 100 Porsi Setiap Hari di Roemah Makan Gratis

Di Roemantis ini, setiap harinya ada ratusan penerima manfaat yang datang, mulai dari driver ojol, pemulung, pedagang keliling, tukang parkir, sekuriti, pekerja serabutan, lansia, ibu rumah tangga, dan juga anak-anak.

Bukan sekadar menyediakan makanan gratis, Roemantis juga menyediakan toilet dan mushola yang bisa dipergunakan untuk beristirahat bagi siapapun juga. Bahkan disediakan pula pengajian anak-anak yang dikelola oleh para santri penghafal quran Yatim Seribu Pulau.

Dengan adanya support 100 porsi per hari di Roemantis dari PT Solusi Intek, alhamdulillah semakin banyak penerima manfaat yang dapat dijangkau oleh Roemantis.

Jazakumullah khoir, semoga semakin bertambah keberkahan untuk PT Solusi Intek yang telah melakukan salah satu amalan terbaik dalam Islam, yakni memberi makan orang yang memerlukan.

Yuk ambil bagian untuk berbagi dengan mereka yang memerlukan dengan ambil bagian bersama roemanstis