Ternyata Inilah Hikmah di Balik Makan Sahur, Jangan Ditinggalkan

Ternyata Inilah Hikmah di Balik Makan Sahur, Jangan Ditinggalkan

“Sesungguhnya sahur adalah berkah yang diberikan Allah kepada kalian. Maka janganlah kalian meninggalkannya.” (HR An Nasa’i: 2.161 dan Ahmad : 2/367)

Sahabat, sekalipun hanya meminum seteguk air, atau memakan beberapa butir kurma, lakukanlah untuk sahur, karena sesungguhnya ketika kita sahur ada malaikat yang mendoakan, dan ada keberkahan dalam sahur.

“Saya sudah makan sebelum tidur malam kok…”

Yang disebut sahur adalah memakan makanan pada dini hari sebelum fajar, jadi jika kita makan sebelum tidur malam tidak disebut sebagai sahur.

Hikmah luar biasa di balik sahur adalah terkabulkannya doa yang kita panjatkan di waktu sahur.

“Pada setiap malam, Allah ta’ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi, jangan sekali-kali meninggalkan sahur meski hanya seteguk air saja yaa Sahabat, sambil berniat puasa, sambil membaca doa kebaikan, semoga segala hajat Allah kabulkan.

Tambahkan satu hal lagi di waktu sahur: Bersedekah. Karena inilah waktu yang baik untuk bersedekah, di mana malaikat Allah turun untuk mendoakan orang-orang yang bersedekah di pagi hari, maasya Allah.

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR Bukhari dan Muslim).

====

Mari sahabat bersedekah untuk paket Sahur dan Berbuka. Berikan sedekah TERBAIK sahabat DISINI

Di Bulan Ramadhan Pahala Sedekah Berlipat-Lipat, Mengapa Tidak Kita Ambil?

Di Bulan Ramadhan Pahala Sedekah Berlipat-Lipat, Mengapa Tidak Kita Ambil?

Cukup aneh yaa Sahabat kalau misalkan ada toko serba ada yang memberi diskon 99,99% untuk segala barang branded dan mahal, tapi trus orang-orang cuek saja?

Misal, ada jam tangan rolex asli yang biasanya seharga 100 juta, dijual dengan harga 10 ribu saja, yaa masa’ sih gak diborong?

Atau ada tas LV yang biasanya 300 juta jadi cuma 30 ribu, yaa masa’ sama sekali gak diintip. Itu mah namanya keterlaluan!

Nah, sama seperti di bulan Ramadhan ini Sahabat… kita diberi kesempatan untuk sebanyak-banyaknya mendapat pahala kebaikan, segala amalan dilipatgandakan minimal 10x, hingga 700x lipat.

Baca satu huruf di al Quran yang tadinya misalnya pahalanya 1, sekarang pahalanya 10 sampai 700, yaa masa’ sih sama sekali gak kita sentuh mushafnya. Keterlaluan!

Sedekah yang biasanya pahalanya 10, sekarang bisa bernilai 100 bahkan 7000, lha masa’ iya tetep kita lebih milih nganggurin duit di rekening, ya kan?

Bahkan Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam dikatakan kedermawanan beliau ketika Ramadhan seperti angin yang berhembus, artinya? Gak ada habisnya, terus saja bersedekah sepanjang waktu.

Ibaratnya ada toko serba ada yang diskon gede, kita gak mau rugi doong… segala macam kita ambil dan beli.

Yuk Sahabat kita optimalkan bulan suci mulia ini untuk beramal banyak kebaikan.

Dongeng Ceria mengajak Sahabat untuk turut berpartisipasi dalam #RamadhanCeria, klik: RAMADHAN CERIA

Yuk Curi Pahala Orang yang Berpuasa Secara Halal

Yuk Curi Pahala Orang yang Berpuasa Secara Halal

MANA ADA MENCURI YANG HALAL?

Eh ternyata ada lho Sahabat, yakni ‘mencuri’ pahala berpuasa orang lain. Waah, kok bisa? Gimana cara nyurinya?

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR Tirmidzi No. 807, Ibnu Majah No 1746, dan Ahmad 5: 192)

Wah, kalau gitu sih namanya bukan ‘nyuri’ yaa… tapi copas, kan gak mengurangi pahala orang yang berpuasanya.

Nah, siapa niih yang mau copas pahala orang yang berpuasa? Apalagi kalau yang berpuasa adalah santri yatim penghafal quran, yaa Allah… berharap banget dapat berkahnya.

Tapi kok bisa ya memberi makan berbuka puasa saja sama dengan copas pahala orang lain?

Sahabat… jika kita terbiasa nyaman dapat memilih menu makanan berbuka puasa sesuka hati, perlu banget tahu nih kalau tidak semua orang seberuntung diri kita, ada orang yang bahkan tidak memiliki makanan satu titik nasi pun sekadar untuk sahur dan berbuka puasa. Mereka hanya sahur dan berbuka dengan menelan ludah saja dikarenakan tak memiliki bahan makanan sama sekali.

Maka, dengan membantu menyediakan makanan berbuka untuk mereka yang membutuhkan, kita sama saja telah memudahkan mereka menjalankan ibadah puasa.

Kemudian, makanan yang kita berikan untuk mereka ini akan diolah dalam tubuh, berubah menjadi sari makanan, beredar ke seluruh tubuhnya menjadi energi untuk beraktivitas.

Jika malam itu ia beribadah shalat tarawih, tahajud, witir, dan membaca quran, maka seluruh pahala yang dilakukannya turut mengalirkan pahala bagi kita yang telah membantunya mendapatkan energi untuk beribadah malam.

Yaa Allah… betapa indahnya berbagi, betapa mulianya orang-orang yang bersedia berbagi makanan pada yang membutuhkan

Maka, yuk Sahabat jangan ragu lagi untuk menyediakan makanan berbuka puasa pada yatim dan dhuafa.

Ikutan berbagi PSBB (Paket Sahur dan Buka Bersama) #RamadhanCeria,Yuk KLIK DISINI

Keutamaan Bersedekah di bulan Ramadhan

Keutamaan Bersedekah di bulan Ramadhan

Segala sesuatu memiliki waktu yang tepat alias waktu terbaik untuk dilakukan. Misalnya, memakai selimut paling tepat dilakukan saat kedinginan, menikmati minuman segar paling tepat ketika sedang kehausan. Borong online shop paling tepat ketika ada promo besar-besaran.

Begitu pula dalam bersedekah, paling tepat dilakukan sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin di saat bulan Ramadhan.

“Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (HR At-Tirmudzi dari Anas).

Apa sih keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibanding bulan lainnya?

1. Pahala berlipat ganda dibanding bulan biasa

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim, no. 1151)

Yap, pelipatgandaan pahala! Di bulan Ramadhan ini, 1 kebaikan yang kita lakukan akan diganjar pahala oleh Allah seolah-olah kita telah melakukan 10 kebaikan hingga 700 kebaikan lho. Uwow banget ya Sahabat!

Oleh sebab itu, jika kita bersedekah seumpamanya nominal 1juta Rupiah di bulan Ramadhan, seolah-olah kita telah bersedekah 10-700 juta Rupiah. Yaa Allah… keren banget yaah Sahabat.

2. Meneladani Rasulullah

Pernah memperhatikan angin berhembus? Mungkinkah angin berhembus itu satu detik berhenti, kemudian satu detik lagi berhembus?

Tentu tidak yaa… ketika angin berhembus, sudahlah pasti terus-menerus bertubi-tubi. Nah, bayangkan Sahabat… sifat berbagi yang dimiliki oleh Rasulullah melebihi angin yang berhembus.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Seberapa sering dan banyakkah Rasulullah bersedekah di saat Ramadhan? Semoga memberi keteladanan untuk kita.

Sahabat, yuk manfaatkan bulan Ramadhan ini sebaik mungkin untuk bersedekah sebanyak mungkin. Dongeng Ceria telah menyiapkan banyak kanal program yang dapat dipilih untuk berbagi selama Ramadhan,

Klik: dongengceria.org/ramadhan-ceria

Ramadhan tak Lama Lagi Datang, Apakah Anak-Anak Kita Siap Menyambutnya?

Ramadhan tak Lama Lagi Datang, Apakah Anak-Anak Kita Siap Menyambutnya?

Ramadhan adalah bulan yang istimewa, tak ada tandingannya jika dibandingkan dengan bulan lainnya, bahkan ada malam yang setara nilainya dengan 1000 bulan (83 tahun). Akan tetapi, jika anak kita tidak dijelaskan tentang keistimewaan Ramadhan, mereka tidak akan tau, dan tidak akan paham mengapa harus bersiap menyambutnya.

Bagaimana agar anak-anak mengerti pentingnya persiapan menyambut Ramadhan?

  1. Ceritakan keistimewaan Ramadhan

Kita bisa mulai memotivasi anak dengan menceritakan apa saja keistimewaan Ramadhan, dengan harapan akan terbit semangat dari dalam diri mereka sendiri.

Beberapa poin yang bisa diceritakan dengan menarik untuk anak perihal keistimewaan Ramadhan:

  • Bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Ceritakan pada mereka betapa indahnya surga, apapun yang diinginkan bisa langsung mewujud di hadapan, tidak seperti di dunia ini di mana segala sesuatu perlu proses dan usaha untuk mendapatkan.

Di surga, mau daging burung tidak perlu memanah burung dulu, menyembelihnya, mencabuti bulunya, memanggangnya. Namun bisa langsung menikmatinya. Di surga tidak akan ada rasa lapar, sakit, takut, dan perasaan tidak enak lainnya. Lalu ceritakan juga tentang neraka, tempat iblis, setan, dan orang-orang jahat dihukum atas perbuatannya. Namun saat Ramadhan, pintu neraka akan ditutup dan semua pintu surga dibuka, sehingga kita perlu berbahagia menyambut kedatangannya.

  • Bulan di mana setan dibelenggu

Meskipun setan dibelenggu, hawa nafsu tidak dibelenggu kecuali dengan melakukan puasa, sehingga anak-anak memahami pentingnya belajar berpuasa, dimulai dengan tidak makan dan minum semampu mereka. Namun jelaskan bahwa puasa seharusnya dilakukan dari Shubuh hingga Maghrib.

  • Bulan turunnya al quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya mukjizat akhir zaman, yang masih bisa kita saksikan hingga saat ini, yakni al quran. Ceritakan awal mula Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam berjumpa Jibril di gua Hira dan mendapatkan 5 ayat pertama surah Al ‘Alaq.

  • Lailatul qadr lebih baik dari 83 tahun

Ada 1 malam di antara 10 malam terakhir Ramadhan yang nilainya setara dengan 1000 bulan (83 tahun), jelaskan pada anak bahwa ada yang namanya i’tikaf di masjid 10 hari terakhir Ramadhan. Sehingga mereka akan bisa diajak untuk berdiam diri di masjid nantinya.

  1. Mendekorasi rumah menyambut Ramadhan

Dekorasi rumah secara sederhana yakni untuk mengingatkan seluruh penghuni rumah dan juga tetangga… bahwa Ramadhan akan segera tiba. Pastikan melakukan dekorasi rumah bersama anak-anak untuk menerbitkan keceriaan dalam diri mereka.

  1. Mempersiapkan target dan reward untuk amalan Ramadhan

Tentukan target Ramadhan dan apa reward yang bisa kita berikan jika anak-anak mampu memenuhinya. Sesuaikan dengan usia mereka agar tidak merasa berat melakukannya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kita persiapkan sejak sekarang agar anak-anak bersiap diri menyambut kehadiran Ramadhan. Semoga Allah menyampaikan kita pada bulan suci mulia tahun ini.

Dongeng Ceria Sambut Kedatangan Ramadhan dengan Konten Istimewa

Dongeng Ceria Sambut Kedatangan Ramadhan dengan Konten Istimewa

“Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.” (HR. Ahmad, Nasai 2106)

Sahabat, Ramadhan sudah sebentaaar lagi. Ibarat tamu istimewa yang akan tiba di rumah kita, apa nih yang sudah dipersiapkan untuk menjamunya?

Sebagai muslim, penting sekali lho menyambut Ramadhan dengan rasa syukur dan gembira, sekalipun kita sedang berada dalam ujian yang luar biasa. Mengapa demikian?

“Bagaimana tidak gembira? seorang mukmin diberi kabar gembira dengan terbukanya pintu-pintu surga. Tertutupnya pintu-pintu neraka. Bagaimana mungkin seorang yang berakal tidak bergembira jika diberi kabar tentang sebuah waktu yang di dalamnya para setan dibelenggu. Dari sisi manakah ada suatu waktu menyamai waktu ini (Ramadhan)?” (Latha’if Al-Ma’arif hlm. 148)

Nah, tim Dongeng Ceria sendiri sudah mulai mempersiapkan konten-konten istimewa untuk sambut Ramadhan. Di antaranya tentu saja dibuat bersama adik-adik Yatim Seribu Pulau, yang ternyata punya bakat-bakat terpendam bak bongkahan emas yang terkubur dan minta digali.

Diharapkan konten-konten ini bisa memberi inspirasi kebaikan untuk Sahabat semua yang sudah setia membersamai kami.

Ada konten parenting, konten video anak, dan tentu saja konten dongeng Ramadhan. Bagi Sahabat yang belum bergabung dalam grup whatsapp Dongeng Ceria, yuk ikut gabung untuk mendapatkan konten video dongeng setiap Senin dan Kamis.

Bagaimana cara gabung grup wa Dongeng Ceria? Mudah sekali… Ketik: Gabung Grup Dongeng_Nama lengkap kirim ke wa 0812-2345-4030. Ada inspirasi yang dibagikan setiap hari.

Yuk sambut Ramadhan dengan gembira bersama konten-konten Dongeng Ceria.