dongeng ceria kak yoga pendongeng

Febri Yoga: Menjadi Pendongeng Untuk Meneruskan Cita-Cita Istri

Sahabat, kenalkan salah satu pendongeng di Dongeng Ceria yang bernama Febri Yoga. Ada yang memanggilnya Kak Febri, tapi sekarang lebih banyak yang memanggilnya Kak Yoga.

Alasan Ka Yoga jadi pendongeng so sweet banget loh… jadi sebenarnya baru sejak nikah Ka Yoga menyukai dongeng, karena sang istri telah lebih dulu belajar mendongeng. Tapi karena Kak Yoga tidak memperkenankan istri bekerja, jadi Kak Yoga lah yang akhirnya meneruskan cita-cita istrinya sebagai pendongeng. Uwu banget ya…

Selama di Dongeng Ceria, Ka Yoga sudah pernah mendongeng di berbagai daerah, dari mulai roadshow dongeng ke sekolah-sekolah, sampai mendongeng di daerah lokasi bencana. Ka Yoga pernah ditunjuk untuk mendongeng di Ambon, di Bandung, di Jember, dan daerah lainnya di Indonesia.

Hampir semua pengalaman mendongeng memiliki kesan masing-masing, tapi bagi Ka Yoga yang paling berkesan ketika mendongeng di lokasi bencana.

Di lokasi bencana itu kulturnya berbeda, bahasa juga sering kali berbeda, apa yang jadi keseharian kita belum tentu mereka pahami, jadi proses penyamaan bahasa, penerimaan, itu yang menyulitkan awalnya.

Tapi yang berkesan bagi Kak Yoga, ketika ada beberapa anak yang mengingat Kak Yoga, dan meminta Kak Yoga untuk kembali mendongengkannya atau bahkan mau ikut bersama Kak Yoga.

Kak Yoga memfavoritkan pendongeng Ka Ucon dan Ka Iman. Namun tetap saja, Kak Yoga berharap bisa jadi pendongeng yang seperti adanya, “Kita punya tugas masing-masing, harapan saya seluruh pendongeng bisa memberi aura positif,” ungkap ayah dari 2 putri ini.

Keluarga Kak Yoga tadinya bingung kenapa kerja kok dongeng? Masa’ sih mendongeng bisa jadi pekerjaan? Tapi setelah Kak Yoga beri penjelasan, alhamdulillah keluarga support dan bangga Kak Yoga menjadi bagian dari keluarga mereka sebagai pendongeng.

Ditanya soal pandemi Corona, buat Kak Yoga, pengaruh pandemi sebagai pendongeng banyak betul. “Terakhir ketika tim Dongeng Ceria berada di Jember, sudah deal dengan beberapa sekolah untuk roadshow, namun tiba-tiba peraturan gubernur turun, 19 sekolah cancel semua,” tuturnya.

“Paling berkesan saat pandemi untuk pribadi sih saat token listrik bunyi seminggu lebih, setelah bisa bayar kontrakan, isi token, qodarullah anak sakit, saya sampai buat status ada yang punya kenalan dokter gak yang bisa dibayar dengan beras, karena kalau sembako saya ada, tapi kalau isi di dompet tinggal 20 ribu…”

Subhanallah, betapa pandemi ini banyak memberi pengaruh untuk berbagai profesi ya termasuk pendongeng. Tapi alhamdulillah apapun yang terjadi, Kak Yoga sebagai pendongeng bisa tetap tersenyum dan menghibur anak-anak dengan kisah penuh hikmah.

Nah, untuk para ayah… Kak Yoga berpesan penting sekali para Ayah bisa mendongeng, kenapa? 

“Ketika kita di luar kita sebagai ayah yang mencari nafkah, tapi ketika di rumah kita menjadi ayah yang dirindukan istri dan anak-anak, jangan berikan wajah lelah saat pulang ke rumah karena kita tidak tahu apa yang terjadi sepanjang hari ini pada anak dan istri kita,” ungkap pemilik akun IG Pendoy28 ini.

“Benteng pertama seorang anak adalah keluarga, ibu adalah guru pertama untuk anak-anak, tapi ingat… ayah adalah kepala sekolahnya. Penting bagi ayah untuk dapat bertutur, berkisah pada anak-anak, memberi wasilah melalui cerita, karena kelak ayah yang akan bertanggungjawab di hadapan Allah.”

Waah, makjleb sekali pesan Kak Yoga ya Sahabat.

Alamat

Kantor Dongeng Ceria Indonesia :

Jalan Cikunir Raya, Kampung Rawa Semut (Samping Alfamart Rawa Semut Cikunir) Cikunir, Jatiasih, Kota Bekasi

HP/WA : 0812-2345-4030

Donasi

Bagi sahabat yang ingin BERDONASI untuk Yatim Seribu Pulau, silahkan berikan sedekah terbaik ke :

BCA : 6755.800.809
Bank Syariah Indonesia :  713.420.4545
Bank Mandiri : 167.000.375.0006
a/n Dongeng Ceria Indonesia