5 Hal Yang Membatalkan Puasa, Setiap Muslim & Muslimah Harus Tahu

Rate this post

hal yang membatalkan puasa

Apakah merokok bisa membatalkan puasa? Apakah asyik mendengar musik bisa membatalkan puasa? Apakah menonton film bisa membatalkan puasa? Wah, pertanyaannya macam-macam yaa, jawabannya pun bisa beragam.

Sahabat, ternyata masih banyak yang belum paham apa saja sih hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Yuk coba dicek selengkapnya 5 hal yang membatalkan puasa berikut ini:

1. Makan dan minum disengaja

Tentu saja seseorang yang sengaja makan dan minum di siang hari Ramadhan, berarti telah membatalkan puasanya, dan hukuman untuk hal ini tidaklah ringan lho Sahabat.

Maka, jangan sampai deh menyengaja makan dan minum untuk membatalkan puasa Ramadhan padahal tidak ada udzur syar’i (halangan yang diperbolehkan oleh syariat).

Bagaimana jika makan dan minum dengan tidak sengaja alias karena lupa? Maka hal yang seperti ini dimaafkan dan tidak perlu memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan, itu adalah rezeki dari Allah. Kita cukup melanjutkan puasa kita hingga Maghrib tiba, sehingga manfaat minum dan makan akan terasa.

2. Haid dan nifas

Sudah sebentar lagi adzan Maghrib, tapi tiba-tiba keluar darah haid, maka puasamu telah batal dan harus diganti dengan puasa qodho setelah Ramadhan usai ya Sahabat.

Meskipun nyesek karena sudah sedikit lagi adzan Maghrib, tapi tetap saja keluarnya darah haid telah otomatis membatalkan puasamu di hari itu.

3. Keluarnya air mani (sperma)

Nah, kecuali jika keluarnya air mani ini tidak disengaja (mimpi basah), maka puasa yang dilakukan tetap sah, namun orang yang mengalami mimpi basah ini harus segera mandi wajib begitu bangun di pagi hari, lalu lanjutkan berpuasa hingga Maghrib tiba.

Beda halnya jika keluarnya air mani disebabkan suatu perbuatan disengaja, misalnya menonton film yang mempertontonkan aurat, mendengar musik yang merangsang disertai adanya goyangan biduanita, hmm … sudah pasti keluarnya air mani karena hal-hal sengaja seperti ini menyebabkan puasa batal.

Baca Artikel Lainya:
4 Manfaat Bertaubat Untuk Menghadapi Ramadhan

4. Merokok

Merokok tidak hanya membatalkan puasa karena kadar zat-zat aditif yang dikandungnya saja, tetapi juga karena hawa nafsu yang tak bisa dikekang membuat kegiatan merokok ini membatalkan puasa yang sedang dijalankan.

Bukankah tujuan berpuasa salah satunya menahan diri dari hawa nafsu?

Nah, asap rokok yang sengaja dihisap akan membatalkan puasa, namun hukumnya berbeda dengan asap uap makanan yang kita hirup yang tidak membatalkan puasa.

5. Hubungan suami istri di hari Ramadhan

Jika hubungan suami istri dilakukan pada malam hari Ramadhan, maka diperbolehkan, akan tetapi jika dilakukan setelah waktu Shubuh di bulan Ramadhan, maka bisa dipastikan pelakunya melakukan perbuatan yang membatalkan puasa dan berdosa karena melakukan hal tersebut sama saja menodai kemuliaan bulan suci Ramadhan.

Sahabat, sejatinya bulan Ramadhan merupakan bulan pengendalian diri, banyak hal yang hukum aslinya halal, namun berubah menjadi haram saat bulan Ramadhan.

Contohnya makan nasi, tentu saja makan nasi itu halal, namun di siang hari Ramadhan kegiatan makan nasi menjadi sesuatu yang haram hukumnya.

Belajar mengendalikan diri dan hawa nafsu saat Ramadhan, insya Allah kita bisa keluar sebagai pemenang di bulan suci mulia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *