Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Rate this post

Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Memangnya ada ide bisnis  menarik jadi pendongeng? Waah, ada banyak lho Sahabat!  Menjadi pendongeng bukan hanya mengandalkan penghasilan dari tarif fee jasa dongeng saja, ada berbagai ide bisnis yang bisa dicoba nih kalau mau menjajaki dunia mendongeng.

#1. Berbisnis boneka untuk alat peraga mendongeng.

Jadi ketika tampil di suatu event, pendongeng bisa sekaligus membawa boneka untuk dijual, baik boneka yang terbuat dari kaos kaki atau boneka yang berukuran besar yang bisa dipakai untuk mendongeng juga.

Banyak lho anak-anak yang ingin belajar mendongeng begitu usai melihat pertunjukkan, dan mereka membutuhkan boneka peraga. Nah, biasanya sih … kalau anak-anak sudah minta dibelikan sesuatu, orangtua akan segera menuruti. Anak-anak adalah decision maker!

Semakin banyak pilihan boneka peraga, semakin besar kemungkinan konsumen membeli berbagai pilihan yang ada. Misalkan, ada boneka yang berbentuk monyet, kambing, sapi, orang utan, ataupun berbentuk tokoh-tokoh manusia.

#2. Bisnis pembuatan konten dongeng untuk promo brand dan produk

Kemampuan mendongeng tidak dimiliki setiap orang, oleb sebab itu jika Sahabat menempuh jalur karir sebagai pendongeng, jangan sekadar menunggu panggilan mengisi dongeng di sana sini, tetapi bisa juga menjemput bola dengan cara menawarkan pembuatan konten produk.

Misalkan, membuat storytelling produk masker berkualitas, membuat video dongeng mengenai produk kopi kemasan, dan lain sebagainya.

Modal awal yang perlu dibuat adalah video konten percontohan sebuah produk dengan menggunakan alat peraga boneka dongeng, buatlah dengan konsep dan tampilan visual sebagus mungkin agar mendapat trust klien.

#3. Bisnis dongeng berkala

Buatlah proposal dan pengemasan presentasi semenarik mungkin mengenai dongeng berkala ke sekolah-sekolah, misalkan dongeng setiap bulan di pekan ke-sekian setiap hari Jumat. Jika saja ada 30 sekolah yang deal untuk melakukan dongeng berkala setiap bulannya, berarti hampir setiap hari jadwal kita full dengan dongeng.

Bukan hanya menawarkan proposal dongeng rutin ini ke sekolah-sekolah, tapi bisa juga ke pengajian, TPQ, perumahan, dan tempat lainnya. Tarif jasa dongeng yang ditawarkan bisa bervariasi tergantung dengan jam terbang pendongeng yang perform, bisa juga disesuaikan dengan budget tempat yang bersangkutan.

#4. Bisnis pelatihan mendongeng

Pelatihan mendongeng banyak diminati karena diperlukan oleh beberapa profesi terutama yang berhadapan dengan anak-anak, misalnya guru.

Ide bisnis ini tentu menarik sekali jika dibuatkan proposal dan ditawarkan ke sekolah-sekolah. Misalnya pelatihan mendongeng singkat selama 2x pertemuan yang membahas dasar-dasar mendongeng disertai praktik.

Bisa juga menawarkan pelatihan mendongeng dengan jumlah pertemuan yang lebih banyak dan intens.

#5. Bisnis dongeng online

Konten-konten dongeng secara online juga bisa menjadi ide bisnis yang luar biasa jika dieksekusi.

Orangtua pastinya mencari-cari kanal youtube yang sesuai untuk anak-anak mereka, maka dongeng online bisa menjadi pilihan tepat, baik dengan dijadikan aplikasi dongeng maupun konten berbayar.

Kita bisa membuat konten dongeng online yang spesifik, misalnya konten dongeng kisah-kisah Nabi dan Rasul, mulai dari kisah Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Lut, Nabi Ibrahim, hingga kisah Nabi Muhammad, lalu konten dongeng Sahabat Rasulullah seperti Abu Bakr, Umar bin Khatthab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga lainnya.

Bisa juga konten dongeng spesifik yang bermuatan lokal, seperti konten dongeng Cerita Rakyat Nusantara, konten dongeng Legenda asal-usul nama daerah, bahkan bisa juga mengeksekusi konten dongeng yang sifatnya Internasional seperti Cinderella, Little Mermaid, Snow White, Alice in Wonderland, dan konten kreatif lainnya.

Sahabat sudah melihat peluang besar ide bisnis yang bisa dieksekusi para pendongeng? Yuuk makin eksis sebagai pendongeng.

Artikel Terkait :
Peluang Usaha Buat Kamu yang Jago Storytelling