kak iman dongeng ceria

Iman Surahman : Pendongeng Berada Di Jalur Sepi, Ramaikanlah Dengan Nilai Positif

Sahabat, sudah kenal pastinya dengan Kak Iman Surahman atau yang biasa juga dipanggil Abah. Beliau adalah founder Dongeng Ceria Management (DCM) dan Yatim Seribu Pulau (YSP).

Jangan ditanya kiprah Kak Iman dalam dunia perdongengan di Indonesia, bukan hanya hadir mendongeng di tempat pengungsian bencana seperti saat gempa Bengkulu, Lombok, tsunami Aceh, Palu, erupsi gunung di Yogya dan wilayah yang pernah dilanda bencana alam lainnya, Kak Iman juga masuk ke daerah pelosok untuk mendongeng, seperti ke pedalaman Papua, Togutil di Halmahera, suku Tolikara, ke suku Talang Mama, ke perbatasan Indonesia Malaysia, hingga ke Pakistan.

Bahkan, Kak Iman pun pernah mendongeng di hadapan narapidana LP Nusa Kambangan tentang kisah motivasi. Wow, dahsyat ya Sahabat.

Selain Dongeng Ceria Management, Kak Iman merupakan salah satu pendiri Gerakan Para Pendongeng untuk Kemanusiaan (GePPuk), Kak Iman juga ikut serta dalam Forum Pendongeng Nasional, forum yang mencetuskan 28 November sebagai hari Dongeng Nasional. Bisa dikatakan, Kak Iman merupakan salah satu pendongeng senior di Indonesia. 

Kak Iman mulai mendongeng karena hobi. Sejak SD sudah mulai mendongeng di acara pesta ulangtahun, kegiatan RT, acara keluarga, dan acara teman-temannya. Bayarannya hanya ucapan terimakasih dan kotak nasi.

Pada tahun 2001, Kak Iman mantap memilih menjadi pendongeng sebagai profesinya, dan memutuskan keluar dari posisinya sebagai Komando Disaster Management Center di Dompet Dhuafa setelah beberapa tahun mengabdi sebagai relawan di lembaga kemanusiaan tersebut.

Tidak sekadar mendongeng, setiap kali mendatangi suatu daerah bencana atau suku pedalaman… Kak Iman akan bertanya pada warga setempat adakah anak yatim atau dhuafa yang dapat dibawa untuk diasuhnya. 

Dari situlah lahir Yatim Seribu Pulau (YSP) di mana anak-anak yatim dan dhuafa dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul dan diasuh dengan pola pendidikan berbasis keluarga. Rumah tempat Kak Iman tinggal bersama anak-anak YSP disebut Rumah Ceria, yang merupakan akronim dari Cerdas-Riang-Agamis.

Buat Kak Iman, setiap kali mendongeng di suatu tempat atau acara TV, 50% dari fee yang diperolehnya menjadi hak anak-anak yatim dan dhuafa.

Nah, untuk para pendongeng lainnya, Kak Iman mengingatkan bahwa menjadi pendongeng berarti mengambil jalur sepi, maka ramaikan jalur sepi ini dengan nilai-nilai positif. 

“Mudah-mudahan dengan ini, para pendongeng bisa memberi warna untuk anak-anak di masa depannya, karena jika kita ingin melihat negara Indonesia ini masih ada dengan segala ketentraman dan kenyamanannya, kuncinya semua ada di anak-anak yang kita temui saat ini.”

Ingin belajar mendongeng agar jago seperti Kak Iman? Gabung yuk di grup Dongeng Ceria, caranya gampang… ketik: Gabung Grup Dongeng_Nama kirim via wa ke admin Dongeng Ceria 0812.2345.4030

Alamat

Kantor Dongeng Ceria Indonesia :

Jalan Cikunir Raya, Kampung Rawa Semut (Samping Alfamart Rawa Semut Cikunir) Cikunir, Jatiasih, Kota Bekasi

HP/WA : 0812-2345-4030

Donasi

Bagi sahabat yang ingin BERDONASI untuk Yatim Seribu Pulau, silahkan berikan sedekah terbaik ke :

BCA : 6755.800.809
Bank Syariah Indonesia :  713.420.4545
Bank Mandiri : 167.000.375.0006
a/n Dongeng Ceria Indonesia