10 Kegiatan Bulan Ramadhan Yang Bisa Menambah Keberkahan

Rate this post

Sahabat, bulan Ramadhan merupakan bulan paling istimewa dalam satu tahun Hijriah, tapi sayangnya masih banyak lho orang yang belum memanfaatkan kehadiran bulan luar biasa ini secara optimal.

Ibaratnya nih … ada big sale 99,99% untuk semua barang branded dan lux, tapi malah gak kita beli, rugi banget kan? Nah, begitulah gambaran seseorang yang berada di bulan Ramadhan tapi gak mengerjakan amalan kebaikan yang diutamakan di bulan suci ini.

Kegiatan Bulan Ramadhan

So, coba cek deh, setidaknya ada 10 kegiatan di bulan Ramadhan, yang jika kita lakukan bisa menambah keberkahan, apa sajakah kegiatan yang dimaksud? Cek di sini ya, nomor 8 paling harus dilakukan:

Mengakhirkan sahur

Banyak orang yang sahurnya terlalu awal, atau bahkan tidak sahur sama sekali di saat Ramadhan. Wah, ini sungguh kesalahan fatal lho Sahabat! Bisa-bisa puasa yang kita lakukan tak membawa keberkahan.

Yang disebut sahur adalah makan sebelum fajar, jadi Sahabat perlu ingat, jangan makan sahur di saat tengah malam, karena waktunya terlalu awal. Sebaiknya makan sahur sekitar 30 menit sebelum adzan Subuh, sebagaimana hadits Rasulullah:

“Dari Anas ibnu Malik, dari Zaid Ibnu Sabit yang menceritakan, “Kami makan sahur bersama Rasulullah, kemudian kami bangkit mengerjakan shalat.” Anas bertanya kepada Zaid, “Berapa lamakah jarak antara azan (shalat Subuh) dan sahur?” Zaid menjawab, “Kurang lebih sama dengan membaca lima puluh ayat.”

Memang terlihat sepele, ‘hanya’ mendekatkan waktu sahur ke adzan Subuh, tidak tampak seperti sebuah amalan yang berarti. Namun jangan diremehkan! Karena amalan ini insya Allah akan mendatangkan banyak keberkahan untuk diri kita.

Menyegerakan Berbuka

“Umatku masih tetap dalam keadaan baik selagi mereka menyegerakan berbuka (puasa) dan mengakhirkan makan sahur(nya).” (Hadits)

Berbuka puasa adalah amalan yang simpel, mudah, dan dinanti-nantikan tiap orang setiap harinya di bulan Ramadhan. Namun, jangan pandang remeh amalan menyegerakan berbuka puasa ini ya!

Begitu mendengar kumandang adzan Maghrib, langsung sambutlah dengan tegukan air putih, sebutir kurma, atau makanan lainnya untuk membatalkan puasa, karena banyak juga orang yang sudah dengar adzan tapi malah tidak langsung berbuka dengan alasan, “Ah saya masih kuat kok puasa, nanti aja bukanya!”

Jangan merasa ‘hebat’ karena bisa bertahan buka puasa lama setelah adzan Maghrib, justru yang paling hebat adalah yang bisa konsisten menyegerakan berbuka puasa.

Berdoa selama berpuasa

Berpuasa tapi malah ghibah sepanjang hari. Berpuasa tapi nonton drakor sepanjang hari. Berpuasa tapi malah tidur sepanjang hari.

Duh, di mana letak keberkahannya?

Coba deh perbanyak berdoa selama berpuasa. Doa tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk orang-orang di sekitar kita, untuk bangsa ini.

“Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Ahmad)

Shalat Tarawih

Lelah bekerja, malas shalat tarawih? Padahal banyak keberkahan dalam shalat tarawih yang merupakan amalan khusus dilakukan pada malam-malam Ramadhan saja.

Meski tidak sampai 11 rakaat, upayakanlah mengerjakan shalat tarawih agar Ramadhan kita bertambah berkahnya.

Khatam Quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya quran, maka akan sangat aneh jika masuk dalam bulan suci ini tanpa pernah membaca kitab suci.

Menyelesaikan tilawan 30 juz Quran si bulan Ramadhan sudah pasti menambah keberkahan sepanjang hidup kita.

“Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. ad-Dailami).

Sedekah Brutal

Sedekah di bulan biasa saja sudah istimewa, apalagi di bulan mulia. Bersedekah secara brutal di bulan Ramadhan ini insya Allah bisa membawa rezeki dan keberkahan berlipat ganda.

“Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi).

Mencari ilmu

Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan hadist bersumber dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh, dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang bersabda.

“Barangsiapa hadir di majelis ilmu pada bulan Ramadhan maka Allah menulis bagi orang tersebut tiap-tiap jangkauan kakinya sebagai ibadah satu tahun”.

Memberi makan orang berpuasa

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

Apalagi jika dilakukan pada bulan Ramadhan, sederhana saja … sediakan kurma untuk berbuka puasa, atau sediakan air minum bagi orang-orang yang masih terjebak kemacetan di mobil misalnya, agar mereka bisa menyegerakan berbuka puasa.

Dongeng Ceria memiliki Roemah Makan Gratis (Roemantis) di bilangan Cikunir Raya Jatiasih, insya Allah akan selalu berbagi takjil dan makanan berbuka puasa secara gratis setiap hari di bulan Ramadhan. Support Roemantis yuk!

Santunan anak yatim

“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak tanpa ayah di antara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thabrani, Shahih At Targhib, Al-Albaniy: 2543].

Saat Ramadhan, para pekerja biasanya mendapatkan THR, nah Sahabat bisa juga memberi THR bagi anak yatim lho. Misalnya THR untuk 99 anak Yatim Seribu Pulau yang tinggal di Rumah Ceria Bekasi, dan Vila Quran Kuningan Jawa Barat.

I’tikaf 10 malam terakhir

“ Barangsiapa yang beri’tikaf sepuluh hari di bulan Ramadhan, maka baginya pahala dua haji dan dua umroh “

(HR. Al-Baihaqi, Syu’abil iman : 3 : 425).

Sahabat, 10 kegiatan berlimpah berkah di bulan Ramadhan yang telah dijelaskan di atas tadi tidak akan pernah mengalirkan keberkahan jika tidak kita lakukan, atau jika hanya sebatas angan, yuk wujudkan jadi kenyataan dengan bersungguh-sungguh mengamalkannya.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *