Penyaluran Tahap 4: Kesehatan Pak Rudi Mengalami Progres Luar Biasa

Penyaluran Tahap 4: Kesehatan Pak Rudi Mengalami Progres Luar Biasa

Penyaluran Tahap 4: Kesehatan Pak Rudi

Sejak tahun 2022, Dongeng Ceria tak hanya berfokus pada anak-anak Yatim Seribu Pulau yang tinggal di Rumah Ceria, tapi mulai lebih meluaskan manfaat kepada masyarakat dhuafa, terutama yang membutuhkan bantuan. Maka, lahirlah program Dongeng Ceria Peduli.

Salah satu penerima manfaat Dongeng Ceria Peduli adalah Pak Rudi, beliau mengalami kelumpuhan pasca tabrak lari yang terjadi pada akhir tahun 2020. Jempol kakinya diamputasi, dan Pak Rudi sempat mengalami koma selama 12 hari, hingga akhirnya siuman dalam kondisi lumpuh, tak bisa bergerak maupun berbicara.

Pada Senin, 18 April 2022, tim Dongeng Ceria Peduli telah melakukan penyaluran tahap 4, yakni berupa 4 diapers dewasa ukuran L, susu diabetes ukuran 600 gram, dan donasi uang tunai sebesar Rp 500.000 untuk membantu biaya transportasi terapi 2x seminggu ke Rumah Sakit.

“Sekarang bapak alhamdulillah semakin membaik, kemarin ada teman-temannya datang, bapak bisa tersenyum, dan sekarang ini kalau mau buang air besar (di diapers), bapak sudah bisa memberi isyarat,” ungkap Bu Siti, istri dari Pak Rudi.

Bu Siti juga menjelaskan bahwa progres kesehatan Pak Rudi ini pun dikatakan pula oleh terapis yang menerapi wicara Pak Rudi selama ini di RS, Pak Rudi telah bisa memahami pembicaraan orang di sekitarnya.

Alhamdulillah semoga Pak Rudi terus berprogres hingga sembuh seperti semula. Jazakumullah Khoiron katsir kepada seluruh donatur yang telah turut membantu Pak Rudi, hanya Allah sebaik-baik pembalas kebaikan Sahabat semua.

Penyaluran Tahap 3 Untuk Pak Rudi

Penyaluran Tahap 3 Untuk Pak Rudi

Penyaluran Tahap 3 Untuk Pak Rudi

Mungkin bukan hal yang sulit bagi kita, membeli diapers tiap 2 hari sekali, membeli susu diabetes tiap 5 hari, dan memakai jasa taksi online 2x seminggu untuk kontrol ke Rumah Sakit, namun bagi keluarga Pak Rudi hal ini tidaklah mudah, apalagi Pak Rudi selaku tunggang punggung keluarga sudah 15 bulan ini dalam kondisi lumpuh dan tak bisa berbicara.

Maka, bantuan pembelian kebutuhan rutin untuk kebutuhan rawat jalan Pak Rudi ini sungguh sangat diperlukan oleh pihak keluarga.

Pada Senin, 4 April 2022, tim Dongeng Ceria Peduli telah melakukan penyaluran tahap 3 berupa 4 diapers dewasa ukuran L, diapers diperlukan karena seluruh aktivitas harian Pak Rudi dilakukan di atas kasur dan kursi roda. Maka sangat sulit jika tidak memakai diapers.

Selain itu, tim Dongeng Ceria juga membelikan susu diabetes ukuran 600 gram untuk Pak Rudi, serta donasi uang tunai sebesar Rp 500.000 untuk membantu biaya transportasi terapi 2x seminggu ke Rumah Sakit.

Susu diabetes berguna untuk tambahan asupan gizi Pak Rudi, terutama jika nafsu makannya memburuk dan tak mau disuapi makanan apapun, adanya susu diabetes ini bisa memastikan bahwa kebutuhan gizi Pak Rudi tetap bisa terpenuhi.

Alhamdulillah, keluarga Pak Rudi mendoakan para donatur semua semoga senantiasa dalam lindungan Allah, keberlimpahan rezeki, keberkahan, dan kebahagiaan dunia maupun akhirat kelak.

Terimakasih telah mensupport Pak Rudi, hanya Allah yang mampu membalas dengan kebaikan berlipat ganda.

==========================================

Yuk BANTU untuk meringankan Pak Rudi dan keluarga dengan klik tombol BANTU SEKARANG di bawah ini

Penyaluran Tahap 2 Untuk Pak Rudi Yang Lumpuh Karena Tabrak Lari

Penyaluran Tahap 2 Untuk Pak Rudi Yang Lumpuh Karena Tabrak Lari

Penyaluran Tahap 2 Untuk Pak Rudi

Melihat kondisi kamar Pak Rudi yang pengap dan kipas gantung kecil yang dipasang tepat di atas kasur kardus Pak Rudi sepertinya kurang baik untuk kesehatan beliau, maka tim Dongeng Ceria Peduli membelikan kipas angin yang langsung dipasang di kamar Pak Rudi untuk membantu sirkulasi udara.

Selain itu, tim juga kembali membawakan 4 pack diapers dewasa karena memang kebutuhan diapers ini sangat urgent, 1 pack diapers bisa habis pakai dalam waktu 2-3 hari.

“Semua aktivitas bapak dilakukan di atas kasur dan kursi roda, sedangkan saya juga nyambi bekerja menjahit juga, jadi sangat repot kalau tidak dipakaikan diapers,” ungkap istri Pak Rudi menjelaskan mengapa diapers menjadi kebutuhan penting bagi suaminya. Apalagi Pak Rudi sama sekali tak bisa menggerakkan badannya, sehingga tidak bisa juga menggunakan pispot untuk urusan buang air.

Tim Dongeng Ceria Peduli juga menyalurkan bantuan berupa uang tunai untuk biaya transportasi Pak Rudi ke Rumah Sakit 2x sepekan, karena sering kali Pak Rudi terhambat kontrol dan terapi ke RS hanya karena tidak memiliki uang untuk membayar taksi online.

“Saya berterimakasih banyak pada Dongeng Ceria Peduli dan para Donatur, semoga Allah balas dengan kebaikan yang berlipat ganda,” ucap istri Pak Rudi menyampaikan syukur dan terimakasihnya pada Sahabat semua.

Sahabat, Dongeng Ceria Peduli insya Allah akan mendampingi pengobatan rawat jalan Pak Rudi hingga 6 bulan ke depan.

Saat ini diperlukan biaya untuk pembelian kasur decubitus, kursi roda baru (yang lama jerujinya sudah banyak patah), serta biaya rutin pembelian diapers, susu diabetes, dan juga biaya transport ke RS 2x sepekan. Kurang lebih dibutuhkan biaya 38 juta yang diperlukan untuk pengobatan rawat jalan Pak Rudi selama 6 bulan ke depan.

Yuk patungan bersama untuk meringankan beban Pak Rudi dan keluarganya.

Salurkan SEDEKAH TERBAIK sahabat melalui :

šŸ’³

– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030

====

Klik : Bantu Pak Rudi

Lumpuh Setelah Amputasi Jari Kaki, Mari Bantu Ringankan Beban Keluarga Pak Rudi

Lumpuh Setelah Amputasi Jari Kaki, Mari Bantu Ringankan Beban Keluarga Pak Rudi

Peristiwa tabrak motor saat bekerja mengantar galon pesanan pelanggan di akhir tahun 2020 lalu telah membawa Pak Rudi pada kelumpuhan.

Siapa yang menyangka, operasi amputasi jari kaki yang dijalani Pak Rudi justru membuatnya koma selama 12 hari, dan tak mampu bicara maupun bergerak lagi akibat terserang stroke.

Lumpuh Setelah Amputasi Jari Kaki

Kini, kondisi Pak Rudi hanya bisa berbaring di kasur dengan menggunakan pampers, serta harus melakukan kontrol ke Rumah Sakit sebanyak 2x seminggu.

Istrinya yang kini menjadi tulang punggung keluarga bekerja serabutan menjadi penjahit, buruh cuci, serta menjual gorengan ke PT-PT setiap pagi.

Tak hanya untuk membiayai pengobatan Pak Rudi, namun juga untuk membayar tunggakan SPP 10 bulan, dan uang pangkal sekolah anaknya yang saat ini duduk di bangku kelas 2 SMP, dan harus dilunasi sebelum ujian 7 Maret 2022 nanti.

Sahabat, hadits berikut ini sangat baik untuk kita renungkan:

“… Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya.” (HR. Thabrani)

Mari bersama Dongeng Ceria Peduli, kita bantu ringankan beban keluarga Pak Rudi!

===============
Salurkan SEDEKAH TERBAIK Sahabat melalui :
šŸ’³
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030
====
LangkahManfaat.com

Dongeng Ceria Edukasi Anak Penyintas Semeru Melalui Dongeng Boneka

Dongeng Ceria Edukasi Anak Penyintas Semeru Melalui Dongeng Boneka

Siapa bilang dongeng boneka hanya berguna untuk hiburan semata? Dongeng boneka bisa juga lho dipergunakan untuk edukasi bagi anak-anak penyintas bencana.

Inilah yang dilakukan tim Dongeng Ceria sejak Selasa pagi, 7 Desember 2021, yang mengambil lokasi di dekat pengungsian Balai Desa Sumbermujur Lumajang. Edukasi dengan dongeng boneka ini diikuti oleh beberapa anak penyintas yang berusia 8 hingga 11 tahun.

Boneka yang digunakan merupakan media untuk menarik perhatian anak-anak, dan juga sebagai ice breaking yang dapat mendobrak kekakuan yang sering tercipta antara orang dewasa dan anak-anak, terutama di lokasi pengungsian.

Setelah kekakuan hilang, barulah pendongeng memberikan kisah yang dapat diresapi hikmahnya untuk anak-anak.

Di saat anak-anak sudah merasa nyaman, lebih mudah pula untuk memasukkan nilai-nilai karakter yang diharapkan tumbuh dalam diri mereka, seperti karakter sabar, lapang dada, tenang atau tak mudah panik, dan karakter lainnya.

====

Berikan Bantuan Untuk Mengembalikan Senyum Anak Penyintas Bencana Gunung Semeru, KLIK DISNI

Gunung Semeru Erupsi, Dongeng Ceria Kembali Beraksi

Gunung Semeru Erupsi, Dongeng Ceria Kembali Beraksi

Sahabat, sejak dahulu Dongeng Ceria telah konsisten dan komitmen untuk mendampingi anak-anak penyintas bencana.

Maka, begitu terjadi erupsi Semeru di Lumajang Jawa Timur pada 4 Desember 2021, Dongeng Ceria segera sigap merespon bencana ini dengan melakukan penggalangan donasi berupa barang maupun uang tunai untuk dikirimkan kepada para penyintas.

Pagi 6 Desember, tim 1 Dongeng Ceria telah sampai di Lumajang, sedangkan tim 2 telah melakukan pemberangkatan dari Bekasi dengan ambulans dan membawa beberapa perlengkapan darurat.

Rencananya, tim 3 akan diberangkatkan pada 7 Desember pukul 3.00 WIB dini hari dengan membawa serta relawan dan donasi barang dengan menggunakan bis King Ichsan.

Tim Dongeng Ceria dalam merespon bencana berfokus menangani anak-anak penyintas, karena secara fisik maupun psikis, anak-anak merupakan korban yang paling rentan dan perlu pendampingan.

Tidak hanya memberikan edukasi Anak Indonesia Cerdas Bencana, tim juga mengajarkan materi ‘Aku Pandai Menjaga Diri’ agar menghindarkan anak-anak penyintas dari kemungkinan terjadinya pelecehan yang marak ditemukan di lokasi bencana.

Pakaian bersih, makanan hangat dan sehat, hygiene kit, buku dan aktivitas permainan, menjadi fokus pemberian bantuan yang dibawa oleh tim Dongeng Ceria ke tenda-tenda pengungsian.

Terimakasih pada Sahabat yang telah mempercayakan Dongeng Ceria menjadi jembatan kebaikan dan kepedulian Sahabat untuk para penyintas. Jazakumullah khairan katsir.

====

Berikan Donasi Terbaik Sahabat Untuk Mengukir Senyum Anak di Lumajang

– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030
====
www.DongengCeria.org

Aksi Dongeng Ceria Menghibur Anak-Anak Penyintas Banjir Bandang Malang

Aksi Dongeng Ceria Menghibur Anak-Anak Penyintas Banjir Bandang Malang

Ahad, 7 November, Adiputra Septiyantono yang biasa akrab dipanggil Kak Adip, beserta boneka orang utannya si Utun, telah hadir di tempat pengungsian penyintas banjir bandang kota Malang.

Alhamdulillah… bukan hanya menghibur anak-anak, Kak Adhip yang merupakan ketua Yayasan Dongeng Ceria Indonesia sekaligus datang untuk melakukan assesment apa saja yang diperlukan oleh anak-anak di sana, agar bisa dilakukan pendampingan dan trauma healing, terutama bagi anak-anak yang rumahnya rusak atau bahkan hancur diterjang banjir bandang.

kak adip dongeng ceria di batu malang

Bagaimanapun, anak-anak merupakan generasi pengganti yang perlu kita jaga bersama untuk masa depan bangsa ini. Dongeng Ceria hadir untuk mengedukasi Anak Indonesia Cerdas Bencana.

Mohon doa dan dukungan dari Sahabat semua, sama-sama kita bahu-membahu menghadapi ujian ini.

====

Berikan Donasi Terbaik Sahabat melalui :

– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
a/n Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi : 0812-2345-4030

Berbagi 50 Nasi Box di Palu

Berbagi 50 Nasi Box di Palu

Sahabat… Bagi kita, mungkin makan 3x sehari itu biasa. Tapi ada banyak keluarga, yang makan 1x sehari saja sudah merasa berkah luar biasa, apalagi di masa pandemi ini.

Jumat berkah, alhamdulillaah tim Dongeng Ceria Sulawesi Tengah berbagi makanan di kota Palu hari ini (26/3), sebanyak 50 nasi box dibagikan gratis terutama untuk para driver ojek online, kuli bangunan, penyapu jalan, dan pekerja lainnya.

Aksi #berbagimakanan ini merupakan perdana bagi relawan Dongeng Ceria Palu. Ke depannya, diharapkan kegiatan ini bisa terus dilanjutkan.

Insya Allah pada bulan Ramadhan 1442 ini, akan turut dibagikan PSBB (Paket Sahur & Buka Bareng) di Palu.

Yuk Sahabat, turut berdonasi untuk menyediakan paket makan sahur dan berbuka bareng Dongeng Ceria di Ramadhan tahun ini. Hanya Rp 50.000/paket (sahur, ta’jil, berbuka).

Salurkan donasi PSBB Sahabat melalui rekening atas nama Yayasan Dongeng Ceria Indonesia:

Bank Mandiri : 167.000.375.0006
Bank Syariah Indonesia (Bank Syariah Mandiri) : 713.4204.545

Konfirmasi via wa: 0812-2345-4030

Dongeng Ceria Indonesia Bangun Kembali Taman Baca di Botteng Utara Mamuju

Dongeng Ceria Indonesia Bangun Kembali Taman Baca di Botteng Utara Mamuju

Apa yang bisa dilakukan anak-anak penyintas gempa di tengah pandemi seperti sekarang ini? Sementara sekolah dilakukan secara online, dan kegiatan berkumpul dibatasi, nyaris tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak untuk membuka cakrawala berpikir sekaligus menghibur hati mereka.

Pada Selasa, 9 Maret 2021, tim Dongeng Ceria memulai pembangunan kembali Taman Baca di Botteng Utara, Mamuju, Sulawesi Barat, yang kondisinya memprihatinkan karena nyaris semua buku rusak akibat gempa yang terjadi pertengahan Januari lalu.

Dengan dibantu oleh warga dan anak-anak yang tinggal di lingkungan sekitar, serta relawan Dongeng Ceria Palu yang juga mendatangkan rak dan buku-buku bacaan anak, alhamdulillah taman baca yang dibangun ini diharapkan dapat menjadi ikhtiar turut mencerdaskan anak bangsa.

“Kita bangun kembali taman bacaan sebagai tempat alternatif bermain dan belajarnya anak-anak, setelah sekolah tidak bisa menampung dan mengakomodir kebutuhan anak-anak penyintas terutama di masa pandemi iniā€¦” ungkap Kak Iman Surahman, founder Dongeng Ceria Indonesia yang merupakan seorang pendongeng untuk kemanusiaan sekaligus pemerhati anak.

“Kita ingin membumikan literasi dengan pembangunan kembali taman bacaan di Botteng Utara Mamuju ini,” sambung Febri Yoga yang ditunjuk sebagai komandan lapangan tim Dongeng Ceria untuk respon bencana Mamuju.

Bagi Sahabat yang ikut peduli pendidikan bagi anak-anak penyintas di sini, bisa turut berdonasi melalui:

Bank Mandiri : 167.000.375.0006
Bank Syariah Indonesia (Bank Syariah Mandiri) : 713.4204.545
a/n : Yayasan Dongeng Ceria Indonesia
Konfirmasi via wa admin Dongeng Ceria: 0812-2345-4030

Anak-Anak Mamuju Masih Membutuhkan Uluran Tanganmu Sahabat…

Anak-Anak Mamuju Masih Membutuhkan Uluran Tanganmu Sahabat…

anak mamuju dongeng ceria

Baru 100 selimut, 96 hygiene kit, dan 250 porsi makanan yang dibagikan untuk anak-anak di zona anak Dongeng Ceria, kelurahan Rimuku, Mamuju. Tidak banyak, namun alhamdulillah setiap titipan amanah dari donatur telah disampaikan untuk adik-adik di sini, dan mereka membalas dengan ucapan terimakasih dan doa untuk semua orang baik yang telah membantu mereka.

Namun tahukah Sahabat, ternyata ada hal yang lebih diinginkan anak-anak daripada logistik, hadiah, ataupun bingkisan? Hal tersebut adalah waktu kebersamaan.

Ya, sama seperti anak-anak kita di rumah, mereka memahami cinta orangtuanya bukan sekadar dari pemberian belaka. Anak-anak memiliki hati yang halus dan tulus, mereka tahu bahwa waktu yang kita luangkan untuk berinteraksi bersama mereka, adalah bukti cinta yang lebih besar lagi dan tak terbantahkan.

Anak-anak yang paham, tidak akan menuntut diberikan ini dan itu, mereka hanya minta bermain bersama, diperhatikan, diajak bicara. Itulah nikmat yang mereka pahami sebagai cinta yang mengisi hati mereka.

Dan itulah gambaran yang terjadi di zona anak Dongeng Ceria. Jumat 5 Februari lalu beberapa aktivitas rutin harian sementara dihentikan, dikarenakan ada 1 orang relawan perempuan dari Palu mengalami kecelakaan, dan 1 orang relawan lagi kelelahan. Zona anak meniadakan senam pagi dan aktivitas lainnya yang biasanya dilakukan bersama anak-anak setiap hari.

Anak-anak yang datang ke zona anak merasa sedih karena tidak bisa ‘bersekolah’, itulah penyebutan mereka mengenai aktivitas belajar dan bermain di zona anak ini.

Akan tetapi, alhamdulillaah kedatangan bakso hangat dari bakSOS Kak Mamay dan berbagi nasi dari Sijum Tambun di siang dan sore harinya, kembali menghibur adik-adik di sini sekaligus keluarganya.

Salah satu orangtua berkata pada tim Dongeng Ceria, “Tolong jangan pergiā€¦ anak-anak senang sekali ada zona anak ini.”

Bahkan ada orangtua yang rela antar jemput anak-anaknya di pagi dan sore hari, padahal jarak dari tenda pengungsiannya cukup jauh, dikarenakan para orangtua pun merasa sangat terbantu dengan adanya berbagai aktivitas di zona anak.

Anak-anak bisa belajar meronce, menggambar, mendongeng, bermain bersama teman sebayanya, juga mengaji al quran. Sementara itu, orangtua merasa tenang karena anak-anak mereka tetap bisa ceria meskipun mereka telah berminggu-minggu tinggal di dalam tenda, tidur di atas tanah berbatu-batu yang hanya dialasi terpal.

“Alhamdulillah untuk di sini selimut anak sudah terpenuhi, hygiene kit masih kurang 5-7 paket lagi, nah untuk pangan hangatā€¦ harapannya sih bisa tersedia setiap hari, bismillahā€¦” ungkap Kak Yoga, selaku pemimpin komando untuk zona anak Dongeng Ceria di Mamuju.

Sahabat yang baik, mulai banyak yang melupakan nasib mereka, namun kita tetap bisa mengulurkan tangan untuk membantu adik-adik di sini, menyisihkan sebagian rezeki yang kita dapatkan untuk membawa kebahagiaan:

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beriā€™tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.ā€ (HR. Thabrani, hasan)

Sahabat, anak-anak Mamuju memanggil kepedulianmu. Sedekahkan donasi terbaikmu untuk pangan sehat anak-anak Mamuju, Rp 30.000/hari untuk 1 anak, dikalikan 100 anak, kebutuhannya mencapai Rp 3.000.000 per harinya. Atau sekitar 90 juta dalam 1 bulan.

Salurkan melalui rekening
Bank Mandiri : 1670003750006
Bank Syariah Indonesia : 7134204545
Bank Syariah Indonesia : 0866222860
Atas Nama : Yayasan Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi transfer: wa 0812-2345-4030