4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim

Rate this post

Sahabat, tahu nggak … apa sih yang membuat Ramadhan menjadi bulan yang mulia di dalam Islam? Adakah dalil-dalil keutamaan bulan Ramadhan?

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Nah, ini dia 4 Keutamaan Bulan Suci Ramadan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim. Jangan sampai nggak tahu ya, apalagi poin nomor 3 sayang banget kalau terlewatkan:

Rukun Islam ke-4

Ramadhan menjadi bulan paling mulia di antara bulan-bulan lainnya, karena pada bulan Ramadhan inilah seluruh umat Islam menunaikan Rukun Islam yang keempat: Puasa sebulan penuh.

Bayangkan nih … pada bulan Ramadhan seluruh kaum muslimin sedunia menahan lapar dan haus sepanjang hari, dan shalat sunah sepanjang malam. Bayangkan betapa dahsyatnya energi pembersihan diri manusia yang terjadi pada bulan Ramadhan?

Dan, puasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat, artinya … tiang yang menjadi tonggak keislaman seseorang terlihat di bulan Ramadhan ini.

Sabda nabi Muhammad salallhu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Abdillah ibn Umar raḍiyallahu ‘anhuma:

“Islam dibangun di atas lima (tiang): kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah; mendirikan shalat; membayar zakat; puasa Ramadhan; dan haji ke Baitullah (Ka’bah).”

Sangat jelas ya, bahwa bulan Ramadhan merupakan rukun islam keempat. Sebagai muslim kita wajib mengimani dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Tidak dibenarkan bagi kaum muslim meninggalkan puasa Ramadan kecuali memiliki udzur syar’i (halangan yang dibolehkan oleh syariat, seperti: Sakit, hamil, haid, menyusui, safar)

Bulan turunnya Al-Quran

Di antara keutamaan bulan Ramadhan adalah turunnya Al-Qur’an di bulan ini, yakni pada malam Lailatul Qadr. Selanjutnya Al Quran diturunkan sempurna secara bertahap selama 23 tahun kepada Nabi Muhammad salallhu ‘alaihi wa sallam.

Dalam Surah Al-Baqarah, 2:185, Allah berfirman:

“Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan tentang petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil)…”

Dan pada Surat Al-Qadr, 97:1, Allah berfiman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an ini) pada Malam Al-Qadr (Ketetapan).”

Dari dua ayat di atas sudah menjelaskan bahwa Kitab suci Al-Quran turun pada bulan Ramadhan pada malam lailatur qadr ya Sahabat, itu sebabnya bulan Ramadhan sangat spesial dan mulia dibandingkan bulan lainnya.

Terdapat Malam Lailatul Qadr

Hayoo Sahabat tahukah apa yang dimaksud dengan lailatul qadr? Tadi di poin nomor 2 sudah dijelaskan bahwa Al Quran diturunkan pada saat lailatul qadr, tapi sudah tahu belum … apa itu lailatul qadr dan keistimewaannya?

Yap, malam ini merupakan malam yang sangat dinanti-nanti karena setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Ibadah di malam ini setara pahalanya dengan beribadah 1000 bulan (83 tahun). Lailatul qadr hanya terjadi sekali dalam setahun yakni hanya ada di bulan Ramadhan saja.

Itu sebabnya Ramadhan sangat dahsyat, terutama di 10 malam terakhirnya, karena malam lailatul qadr diperkirakan hadir pada salah satu malam ganjil di 10 hari penghujung Ramadhan.

Dalam Surat Al-Qadr, 97:1-5, Allah berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an ini) pada Malam Al-Qadr (Ketetapan). Dan apa yang akan membuatmu tahu apa itu Malam Al-Qadr (Ketetapan)? Malam Al-Qadr (Ketetapan) lebih baik dari seribu bulan. Di sana turun para malaikat dan Ru [Jibrl] dengan Izin Allah dengan segala Keputusan. (Sepanjang malam itu), ada kedamaian (dan kebaikan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang beriman) hingga terbitnya fajar.”

Ikhlas Menghapus Dosa-Dosa Masa Lalu

Salah satu keutamaan Ramadhan yang terpenting adalah berpuasa dengan ikhlas karena Allah dijanjikan dapat menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana yang disebutkan hadits nabi Muhammad salallaahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Abu Hurairah raḍiallahu ‘anhu:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Bukan hanya itu sengaja, memperbanyak ibadah shalat malam juga dapat menghapus dosa kita yang lalu.

Dalam riwayat lain hadits Imam al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Abu Hurairah raḍiallahu ‘anhu yang lain juga disebtkan, bahwa Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang menunaikan malam Ramadhan dengan shalat karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Tapi perlu diingat ya, satu-satunya syarat agar memperoleh ampunan Allah adalah melakukan ibadah dengan iman (keikhlasan) dan dengan harapan mendapat pahala dari Allah semata, bukan karena ingin pamer, takut, ingin diet, dan lainnya.

Nah, itu dia 4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Dalilnya Bagi Orang Muslim. Semoga setelah mengetahuinya kita menjadi semakin semangat untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan ya Sahabat Dongeng Ceria. (SH/RI)

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
www.DongengCeria.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *