7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Rate this post

Sahabat, sudah tahu belum kalau puasa di bulan Ramadhan itu punya keutamaan yang beda banget dibanding puasa di bulan biasanya? “Ah masa’ sih, padahal kan sama-sama gak makan dan gak minum, sama-sama sahur, sama-sama berbuka. Bedanya di mana?”

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Ini dia 7 keutamaan puasa di bulan Ramadhan yang membuatnya berbeda dari puasa pada bulan lainnya, nomor 5 bikin bahagia banget:

Menghapuskan dosa dari Ramadhan tahun lalu

Hadirnya bulan Ramadhan saja sudah spesial banget lho Sahabat, jadi … bulan Ramadhan itu sendiri bisa menjadi waktu penghapusan bagi dosa-dosa yang pernah kita lakukan sejak Ramadhan sebelumnya. Wuih, maasya Allah!

“Sholat lima waktu dari Jum’at ke Jum’at berikutnya, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

Dibalas langsung oleh Allah

Ibaratnya kamu pecinta Kpop Idol nih, mana yang lebih kamu pilih … mendapat handphone atau bisa bertemu, ngobrol, dan dapat hadiah langsung dari sang idola?

Hmm … Tentunya lebih memilih ketemu langsung idola doong yaa! Nah, puasa Ramadhan lebih hebat dari itu, kita akan mendapat hadiah dari Allah langsung dan bertemu dengan-Nya.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim)

Perjumpamaan dengan Allah

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, puasa di bulan Ramadhan akan memberi kebahagiaan karena kita akan dapat berjumpa dengan Allah.

Jangan salah Sahabat, tidak setiap orang akan bahagia berjumpa dengan Allah, karena ada orang-orang yang berbuat keji selama di dunia ini, mereka justru sangat takut dibangkitkan dan bertemu dengan Allah dalam kondisi akan disiksa oleh perbuatan kejinya sendiri.

“Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.” (HR. Muslim).

Ditutupnya pintu neraka dan dirantainya setan

Bulan Ramadhan itu spesial, pintu neraka ditutup, setan dirantai, artinya … orang yang masih berbuat jahat menandakan hawa nafsu telah menguasainya, parah banget berarti!

“Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tuuh kan, makanya belenggu hawa nafsu dengan berpuasa secara benar sesuai sunah Rasulullah yaa Sahabat.

Dosa masa lalu diampuni

Bukan hanya dosa setahun lalu, tapi seluruh dosa masa lalu bisa Allah ampuni jika kita berpuasa Ramadhan dengan mengharap ridho Allah semata, bukan karena ingin pamer atau terpaksa lho yaa!

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni.”

Jadi, pastikan kita berpuasa dengan niat lurus, lalu ingat-ingat segala dosa yang pernah kita lakukan, lalu minta Allah untuk menghapuskan dosa tersebut seluruhnya. Semoga Allah jadikan kita hamba yang kembali fitrah.

Pintu surga khusus orang yang berpuasa

Jika puasa kita benar, tak sekadar menahan lapar dan haus tapi juga menjaga seluruh nafsu anggota tubuh, maka ibarat mendapat password memasuki pintu surga.

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Orang yang berpuasa akan diseru, ‘Mana orang yang berpuasa?’ Lantas mereka pun berdiri; selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, pintu itu akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya,”.

Doa dikabulkan Allah

Nah, selama berpuasa Ramadhan nanti perbanyaklah doa kebaikan, karena doa orang yang berpuasa takkan ditolak oleh Allah.

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.”

Bagaimana Sahabat? Menarik sekali kan keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan. Hmm … yuk persiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambutnya.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *