4 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan

Rate this post

Keutamanaan Sahur di Bulan Ramadhan

Banyak orang melewatkan sahur karena kelelahan sehingga tidak terbangun, padahal sahur punya banyak sekali keutamaan.

Sahabat Dongeng Ceria, Sahur tentunya bukan hal asing lagi ya?

Sahur adalah istilah dalam Islam yang berarti ‘makan sebelum fajar’. Makanan berkah ini dikonsumsi di penghujung malam (tepat sebelum fajar) oleh umat Islam sebelum berpuasa selama bulan Ramadhan maupun puasa sunah di luar bulan ramadan.

Nah, siapa nih yang suka melewatkan sahur hayo? Entah karena malas atau memang terlalu lelah setelah bekerja, tidak sedikit orang yang akhirnya memilih meninggalkan sahur dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur atau beristirahat saja.

Kalau begitu Sahabat perlu tahu apa saja keutamaan dari makan sahur. Setidaknya ada 4 keutamaan sahur yang wajib Sahabat ketahui:

Merupakan sunah Rasul

Meskipun tidak wajib untuk dilakukan, namun sahur ini merupakan sunah nabi. Bahkan beliau (saw) memerintahkan umat Islam untuk makan sahur baik sedikit atau banyak. Abu Sayyid Khudry (Ra) meriwayatkan bahwa Rasulullah berkata,
“Sahur adalah makanan yang diberkahi, jadi jangan tinggalkan meskipun hanya makan seteguk air, sebagaimana Allah dan para malaikat-Nya mendoakan orang-orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad)

Tidak hanya itu, Rasulullah pun biasa bersahur bersama sahabat sebelum berpuasa lho.
Diriwayatkan oleh Anas bin Malik:

“Kami mengambil Sahur dengan Nabi. Kemudian dia berdiri untuk shalat.” Saya bertanya, “Berapa jarak antara Sahur dan Adzan?” Dia menjawab, “jarak itu cukup untuk membaca lima puluh ayat Al-Qur’an.”

Terdapat Keberkahan didalamnya

Waktu sahur merupakan waktu yang memiliki keberkahan didalamnya. Sebagaimana sabda nabi salallahu ‘alaihi wa sallam:
“Sahurlah, karena di dalam sahur ada berkah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, Nabi salallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda:
“Sesungguhnya Allah Ta’ala, dan malaikat-Nya mengirimkan berkah kepada orang-orang yang makan sahur.” Diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Menjadi pembeda dengan puasa ahli kitab

Sebagaimana yang kita tahu juga, bahwa tidak hanya umat islam saja yang melaksanakan puasa, melainkan umat lain pun ada yang melakukannya, seperti ummat Buddha, Kristen, Yudaisme/ Yahudi, Taoisme, Jainisme, dan Hindu. Sebagai Muslim, kita diminta untuk menghindari meniru mereka. Dan ternyata sahur ini menjadi pembeda antara puasa kita dengan puasa para ahli kitab atau puasa dari umat agama lain lho. Hal ini dijelaskan oleh nabi salallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits:

“Perbedaan antara puasa kami dan puasa Ahli Kitab adalah makan sebelum fajar (sahur).” (HR Muslim)

Memberi energi untuk beribadan dan beraktivitas

Di antara berkah dari melaksanakan sahur adalah dapat memberi kita energi ekstra yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan sahur kita tidak hanya mendapatkan pahala dan keberkahan, tetapi juga dapat fokus untuk melaksanakan ibadah dan beraktivitas termasuk melakukan pekerjaan kita tanpa harus merasa terlalu lelah.

Beda banget kan pasti saat berpuasa tanpa sahur dengan berpuasa setelah kita sahur? Tubuh tentunya lebih berstamina dan berenergi ketika kita sahur, ya nggak Sahabat? Iya dong, sesuai banget dengan sabda nabi:
“Manusia akan terus makmur selama mereka menyegerakan berbuka dan menunda sahur.” (HR Bukhari)

Itu dia empat keutamaan sahur di bulan ramadan yang wajib kita ketahui ya Sahabat. Setelah tahu keutamaan-keutamaannya, yakin masih mau meninggalkan sahur? Rugi banget lho… Selain pahala, keberkahan dunia dan akhirat juga dapat kita peroleh dengan sahur. Jadi rugi banget deh kalau kita tinggalkan…

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *