6 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Rate this post

6 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Melewatkan satu hari Ramadhan tanpa sedekah, ibarat menolak diberi sebuah mobil mewah. Betapa besar keutamaan sedekah di bulan mulia ini, yuk pelajari 6 keutamaannya.

“Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan,’ (HR At-Tirmidzi)

Sahabat, manusia ketika ingin melakukan sesuatu biasanya akan berhitung … apa yaa manfaatnya buat saya, apa sih keuntungan dan keutamaan melakukan perbuatan tersebut?

Demikian pula dalam bersedekah, tentu ada di antara Sahabat yang bertanya-tanya, apa sih benefit bersedekah? Kan malah menghabiskan uang saja! Capek-capek usaha, kok malah dikasih uangnya untuk orang lain?

Coba simak 6 keutamaan bersedekah berikut ini, terutama sedekah yang dilakukan di bulan suci mulia.

Melindungi diri dari berbagai marabahaya

Harta bagi orang yang suka bersedekah laksana baju besi yang melindunginya, sedangkan bagi orang yang pelit dan enggan bersedekah … harta itu menjadi beban yang justru menyakitinya.

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (H.R. Bukhari)

Sudah banyak terbukti, sedekah menyebabkan seseorang terhindar dari bencana fatal dan musibah lainnya.

Ada orang yang selamat dari kecelakaan maut sebuah truk kontainer yang remnya blong, ternyata pagi itu ia sudah berniat menyampaikan sedekah nasi, dan tidak ada luka yang menggores badannya kecuali sedikit saja.

Ada pula orang yang rumahnya aman dari debu vulkanik erupsi, sementara seluruh rumah lainnya tertutupi abu dan debu. Rupanya salah satu amalan unggulan orang tersebut adalah bersedekah.

Sedekah menjadi semacam premi ‘asuransi langit’ yang melindungi para pelakunya dari bala bencana dan kecelakaan. Maasya Allah.

Bayangkan ketika sedekah dilakukan di bulan suci Ramadhan, tentu menjadi lebih powerful lagi efeknya, karena bulan Ramadhan terpilih sebagai bulan suci yang berlimpah keberkahan dan kebaikan.

Manfaatkan setiap hari di bulan Ramadhan untuk bersedekah yuk Sahabat.

Lipatganda balasan kebaikan

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. Al Hadid ayat 18)

Tidak akan rugi! Inilah jaminan bagi orang-orang yang bersedekah. Bersedekah seratus ribu akan mendapat ganti sejuta hingga tujuh puluh juta Rupiah. Baik berupa harta benda, berupa perlindungan dari berbagai penyakit dan marabahaya, maupun berupa teman-teman baik yang shalih shalihah, atau juga berupa keluarga yang membahagiakan hati.

Bersedekah di bulan Ramadhan, bisa dipastikan pelipatgandaan ganjarannya akan lebih dahsyat lagi daripada bulan biasanya.

Maka, kehadiran Ramadhan menjadi kesempatan emas bagi Sahabat yang ingin merasakan ganjaran berkali lipat berupa balasan di dunia maupun juga pahala kebaikan.

“Sesungguhnya orang-orang yang menafkahkan sebagian harta mereka, baik laki-laki maupun perempuan, dengan sukarela tanpa disertai dengan mengungkit-ungkit pemberiannya dan tidak menyakiti perasaan orang yang menerima, maka pahala amal perbuatan mereka dilipat gandakan; kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya hingga tujuh ratus kali lipat, hingga berlipat-lipat, dan di samping itu mereka mendapatkan pahala yang baik di sisi Allah, yaitu Surga.” (QS. al-Hadid ayat 18).

Menghindarkan dari jilatan api neraka

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Sahabat, dijilat api dunia saja kita sudah kepanasan dan terbakar, apalagi dijilat api neraka, yang begitu apinya menyentuh kulit, maka bagian otak dan seluruh organ tubuh bagian dalam akan lebur dan meleleh. Sedahsyat itulah api neraka.

Nah, sedekah meski hanya dengan sebutir kurma mampu mencegah kita terkena jilatan api neraka yang begitu mengerikan.

Memasuki hari-hari di bulan Ramadhan tentu saja menjadi kesempatan kita menghindari siksa neraka, apalagi di bulan Ramadhan ini … para syetan dibelenggu, pintu neraka ditutup, dan semua pintu surga dibuka.

Menghapus dosa-dosa

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)

Sedekah yang dilakukan di bulan suci mulia tentulah bertambah-tambah keutamaannya, dosa-dosa yang pernah dilakukan bisa terpadamkan semuanya dan kita seolah terlahir menjadi pribadi baru yang masih bersih bagaikan bayi newborn.

“Jika datang bulan Ramadan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu,” (HR Bukhari).

Dirindukan oleh surga

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga:
‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan,’.

Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu salat, Yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah,” (HR Bukhari).

Mengasah empati kemanusiaan

Bulan Ramadhan setiap muslim menahan diri dari makan dan minum meskipun halal, dengan demikian kita bisa merasakan bagaimana kesulitan orang-orang yang hidup fakir dan miskin.
Tak ada makanan untuk mengganjal lambungnya, tak ada air yang bisa menghilangkan dahaganya.

Maka, keutamaan sedekah di bulan Ramadhan adalah belajar mengasah empati dan sifat kemanusiaan kita pada orang lain yang memerlukan.

Demikianlah Sahabat, beberapa keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Semoga menginspirasi kebaikan dan bermanfaat.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *