4 Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

Rate this post

Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

Ingat Ramadhan, ingat sahur. Inilah 4 makanan yang cocok untuk sahur dan perlu dipersiapkan untuk hidangan sahur keluarga di rumah.

Sahabat Dongeng Ceria, nggak berasa nih, sebentar lagi kita akan kedatangan bulan Ramadhan. Sudahkah Sahabat mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah menu sahur.

Seperti yang kita ketahui bahwa sahur adalah salah satu sunah nabi yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan karena memiliki banyak keutamaan.

Kali ini ada tips beberapa makanan atau minuman yang cocok dikonsumsi untuk sahur nih, Sahabat. Apa saja ya kira-kira? Kita simak kuy!

Air putih

Yaps, ini mah wajib banget ya. Pada saat sahur sebaiknya kita banyak mengonsumsi air putih atau makanan yang banyak mengandung cairan untuk memastikan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Mengapa air putih dan bukan air sirup yang pastinya lebih manis? Soalnya, ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis terlalu banyak, justru akan membuat tubuh kita menjadi cepat haus. Jadi sebaiknya perbanyak minum air putih aja ya, terutama saat sahur.

Makanan Kaya Karbohidrat Kompleks

Selain cairan, karbohidrat juga sangat diperlukan sebagai sumber energi tubuh kita. Karbohidrat kompleks sendiri merupakan makanan yang proses pencernaannya lebih lama dilakukan oleh tubuh. Alhasil, perut kita bisa kenyang lebih lama dibandingkan mengonsumsi karbohidrat jenis lain. Makanan jenis ini juga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Beberapa contoh makanan kaya karbohidrat kompleks di antaranya:

Oat

Merupakan salah satu biji-bijian yang sudah banyak beredar dipasaran. Cara mengonsumsinya pun relatif mudah dan sederhana. Bisa langsung diseduh air panas dan langsung dikonsumsi.

Bisa juga dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lain seperti yoghurt, susu, buah-buahan segar dan kering, biji-bijian serta kacang-kacangan. Tinggal disesuaikan dengan selera saja.

Sereal

Selain berserat tinggi, sereal juga diperkaya dengan vitamin dan mineral, memberikan nutrisi tambahan untuk tubuh. Apalagi biasanya dikonsumsi dengan susu. Otomatis kita juga mendapatkan cairan dan nutrisi seperti kalsium, yodium dan vitamin b dari susu.

Nasi merah

Siapa yang suka makan nasi merah hayo? Ternyata nasi merah juga bagus lho untuk tubuh. Soalnya beras merah sendiri mengandung kalsium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk membangun tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk mencegah risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya. Beras merah juga sumber antioksidan yang sangat baik lho, Sahabat. Kebayangkan gimana sehatnya kalau sahur kita pake nasi merah?

Roti Gandum

Mengapa roti gandum menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi saat sahur? Soalnya gandum mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Meskipun bagi sebagian orang biasanya kurang suka dengan teksturnya yang lebih kasar dibandingkan dengan roti yang lain sih. Tetapi kalau ternyata bagus buat kesehatan, kenapa nggak dicoba ya?

Protein

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan berprotein baik hewani maupun nabati. Protein hewani contohnya ayam, daging, ikan, susu, yoghurt dan sejenisnya. Sementara untuk protein nabati yang paling mudah dan banyak ditemui serta harganya juga terjangkau, ada tempe dan tahu. Selain itu protein juga banyak terdapat pada kacang-kacangan maupun biji-bijian.

Sayuran dan buah-buahan

Setelah karbohidrat dan protein terpenuhi, buah dan sayuran juga sangat cocok dikonsumsi ketika sahur. Apalagi banyak kandungan vitamin, mineral dan zat-zat lain yang berguna bagi tubuh terkandung di dalamnya.

Itu dia beberapa tips atau ide makanan yang cocok untuk Sahur, Sahabat. Semoga bermanfaat dan membuat ibadah puasa kita lebih lancar. (SH/RI)

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
www.DongengCeria.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *