4 Manfaat Bertaubat untuk Persiapan Ramadhan

Rate this post

Manfaat Bertaubat untuk Persiapan Ramadhan

Bertaubat itu sama dengan membersihkan kotoran, kira-kira dalam sehari berapa kali Sahabat mencuci tangan? Nah, semestinya sebanyak itu pula kita bertaubat. Bukankah setiap hari kita berbuat dosa?

Dosa itu sendiri diibaratkan sebagai noktah hitam yang melumuri hati, jika rajin dibersihkan dengan taubat dan istighfar, maka hati akan tetap bersih dan jernih, sedangkan jika dibiarkan begitu saja, kotorannya akan mengerak, maka hati bisa kehilangan kejernihannya.

Sahabat, inilah 4 manfaat bertaubat jika dilakukan jelang Ramadhan:

Amalan yang disukai oleh Allah

“… Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (Q.S. Al Baqarah: 222)

Bukan naik haji berkali-kali atau umroh berkali-kali, melainkan taubat berkali-kali yang lebih Allah sukai. Ada kalanya ketika melakukan amal ibadah kita merasa bangga diri, padahal belum tentu amalan itu diterima, namun jika kita bertaubat, insya Allah pasti diterima.

Apalagi jelang Ramadhan, penting memastikan diri kita mendapat cintaNya Allah, sehingga kita akan mudah memperbagus kualitas ibadah, mudah memperbanyak sedekah, mudah untuk melangkah ke majelis ilmu di bulan Ramadhan nanti.

Mendatangkan rezeki & keberuntungan

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan …” (QS. Huud: 3).

Sahabat, sesungguhnya penghambat datangnya rezeki adalah dosa-dosa kita sendiri, jika kita benar-benar bertaubat, insya Allah rezeki akan mengalir deras dan keberuntungan akan datang.

Ibarat sebuah gelas, ketika gelas itu kotor, siapa yang mau memakai dan mengisi gelas tersebut dengan minuman? Akan tetapi, jika gelas itu bersih, maka siap untuk diisi minuman segar. Rezeki dan keberuntungan datang jika kita membersihkan diri dengan taubat.

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS An Nur ayat 31)

Allah ganti berbagai keburukan dengan kebaikan

“…Kecuali orang-orang yang bertaubat dan beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang digantikan oleh Allah keburukan-keburukan mereka menjadi berbagai kebaikan.” (Q.S. Al Furqan: 68-70)

Setiap orang punya keburukan, namun orang yang bertaubat keburukannya akan diganti oleh Allah dengan berbagai kebaikan, bukankah ini merupakan hal luar biasa?

Contoh nyata, seorang preman yang awalnya bertato, sering mabuk minuman keras, ketika ia bertaubat kembali pada Allah dan membersihkan dirinya dari segala dosa, maka justru masa lalunya yang kelam berubah menjadi kisah inspirasi yang menyemangati para preman lainnya untuk mengikuti jejak taubatnya. Maasya Allah.

Membuka jalan menuju surga

“Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun” (QS. Maryam: 60)

Surga bukanlah sekadar dongeng atau omong kosong melainkan sebuah tempat yang menjadi tujuan akhir orang-orang yang beriman pada Allah. Nah, taubat menjadi pembuka jalan menuju surga yang perlu untuk kita upayakan setiap harinya.

Sahabat, jelang Ramadhan ini yuk perbanyak bertaubat, sebagaimana kita di masa pandemi memperbanyak mencuci tangan hingga bersih. Semakin sering bertaubat, semakin peka diri kita terhadap dosa dan kesalahan, semoga kita menjadi orang-orang beruntung yanv senantiasa bertaubat dan dalam lindungan rahmat Allah.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *