Manfaat Mendongeng Yang Tak Banyak Orang Sadari

Mendongeng? Untuk apa sih bisa mendongeng? Memangnya penting ya? Sahabat, banyak yang belum paham dan bahkan meremehkan pentingnya kemampuan mendongeng. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika menguasai skill ini. Setidaknya ada 8 manfaat mendongeng yang bisa kita peroleh dan tak banyak orang yang menyadari.

Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

Pertama, Membangun kedekatan dengan orang lain, terutama anak-anak.

Seorang yang punya kemampuan mendongeng biasanya akan lebih mudah dan cair dalam menjalin hubungan dengan orang lain, apalagi dengan anak-anak.

Kemampuan mendongeng bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi seseorang, sehingga seseorang yang punya skill mendongeng cenderung lebih mudah akrab dengan siapapun. Hal ini tentunya sangat penting dan diperlukan dalam pergaulan sehari-hari.

Apalagi bagi yang telah memiliki anak, jika tidak mampu menjalin kedekatan dengan anaknya sendiri tentu amat disayangkan. Biasanya hal ini disebabkan ketidakmampuan orangtua berempati pada perasaan anak.

Orangtua mengabaikan gestur tubuh anak, intonasi nada bicara anak, ekspresi wajah anak, sehingga anak kehilangan kepercayaan pada orangtuanya, “Ah Papaku tidak mengerti! Mamaku tidak memahami aku!”

Nah, empati dan kemampuan berekspresi merupakan hal menonjol yang dimiliki oleh seorang pendongeng, sehingga seseorang dengan kemampuan mendongeng akan lebih mampu menangkap makna dari sikap orang lain, inilah sebabnya ia akan jauh lebih mudah dekat dan akrab dengan siapapun termasuk anak-anak.

Ide Bisnis Menarik Jadi Pendongeng

Kedua, Pendongeng merupakan salah satu profesi menjanjikan

Jasa pendongeng menghasilkan pendapatan yang cukup besar dikarenakan belum banyak orang melirik profesi ini. Dalam sekali mendongeng dengan durasi 45 menit, seseorang bisa mendapat bayaran lima ratus ribu hingga dua juta Rupiah tergantung jam terbang dan profesionalismenya. Bahkan seorang pendongeng nasional bisa memiliki tarif fee di atas lima juta Rupiah dalam sekali penampilan.

pebisnis

Ketiga, mendongeng atau kemampuan bercerita bisa mendongkrak bisnis yang dijalankan

Mendongeng bisa mengusik sisi emosional seseorang. Sedangkan bagian emosional dari otak inilah yang merupakan hal terpenting dalam pengambilan keputusan, bukan semata-mata pertimbangan rasional belaka.

Dalam sebuah artikel di Forbes, Celine Da Costa menyatakan bahwa jika dilakukan dengan baik, bercerita akan membawa manfaat untuk bisnis. Mulai dari mengubah brand biasa menjadi legacy brand, membentuk strategi pemasaran yang hebat, meningkatkan keuntungan, memenangkan kesetiaan dan kepedulian pelanggan, dan lain sebagainya.

Manfaat Ketika Kita Bisa Mendongeng

Keempat, mendongeng bisa meningkatkan kepercayaan diri

Tidak percaya diri karena fisik? Badan tambun? Badan kurus? Rambut tak kunjung tumbuh alias botak? Jika Sahabat memiliki kemampuan mendongeng, maka kepercayaan diri akan melejit dan kekurangan fisik takkan lagi dipandang orang sebagai kekurangan.

Justru hal-hal yang bagi sebagian orang merupakan kekurangan tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi ciri khas bagi seorang pendongeng.

dongeng ceria trauma healing

Kelima, mendongeng bisa untuk trauma healing

Bayangkan jika ada anggota keluarga atau kerabat kita yang mengalami peristiwa traumatis, seperti bencana alam, kejahatan kriminal, tragedi kecelakaan, dan lainnya, bagaimana cara mengobati rasa trauma mereka?

Milikilah kemampuan mendongeng, karena dalam kata-kata terkandung magic yang bisa mengobati luka batin.

penceramah

Keenam, mendongeng bisa menjadi sarana menyebarluaskan nilai-nilai agama

Apapun agama Sahabat, mendongeng bisa menjadi media menyebarluaskan nilai agama.

Bagi seorang muslim misalnya, ketika anak akan diajarkan shalat … bisa dengan menceritakan kisah Isra’ mi’raj Rasulullah Shalallaahu alaihi wassalam yang dalam semalam bisa melakukan perjalanan ribuan kilometer bahkan hingga ke titik tertinggi langit ketujuh, ‘hanya’ untuk mendapat perintah shalat 5 waktu, hal ini menandakan betapa pentingnya ibadah shalat.

Kemampuan mendongeng atau bercerita adalah keniscayaan dan bahkan keharusn yang dimiliki para penceramah, pengkhotbah, dalam mensyiarkan agamanya.

Dan ‘dongeng’ atau cerita ini juga banyak dikisahkan Tuhan dalam kitab suci, misalnya kisah para Nabi dan Rasul, kisah orang-orang terdahulu, ini adalah pertanda bahwa manusia memang didesain untuk bisa menyerap nilai-nilai dari kisah, bukan sekadar perintah atau larangan semata. Maka belajarlah mendongeng, agar bisa lebih baik dalam menyebarluaskan kepercayaan yang kita anut.

meningkatkan otak

Ketujuh, mendongeng bisa meningkatkan kecerdasan otak

Sudahlah pasti seseorang yang memiliki kemampuan mendongeng punya kecenderungan seimbang antar otak kanan dan kirinya. Otak kanan bertanggungjawab untuk hal-hal yang berkaitan dengan imajinasi dan olah rasa, sedangkan otak kiri berkaitan dengan pemrosesan kata-kata yang terstruktur. Kemampuan mendongeng menggabungkan keduanya, sehingga skill mendongeng jelas bisa meningkatkan kecerdasan otak seseorang.

meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Kedelapan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Banyak orangtua mengalami alzheimer atau penyakit pikun, hal ini bisa dicegah jika kita memiliki skill mendongeng dengan baik.

Mendongeng merupakan satu kemampuan yang bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, juga menata kata-kata, sehingga kemungkinan timbulnya penyakit lupa lebih kecil ketimbang orang yang tak terbiasa bercerita, menahan segala emosinya sendirian di dalam hatinya, tanpa mengerti cara mengekspresikannya.

Artikel terkait :
Ide Bisnis Menarik Jadi Mendongeng