6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Persiapan Ramadhan, Hati-hati yang Nomor 5

Rate this post

Manfaat Minum Air Putih

Siapa bilang minum air putih hanya untuk kebaikan ginjal saja? Faktanya, hampir seluruh organ tubuh kita memerlukan asupan air putih, bahkan jika tubuh kurang terhidrasi akibatnya sangat membahayakan.

Sahabat sendiri sudah cukupkah mengonsumsi air putih? Bisa lho terlihat dari kondisi tubuh, jika kurang air putih bibir akan tampak kering, mulut menjadi bau tak sedap, air urine akan berwarna pekat.

Nah, apa sih sebenarnya manfaat minum air putih untuk tubuh kita? Buanyaak! Berikut 6 di antaranya, waspadai nomor 5:

Meningkatkan konsentrasi

Sering hilang fokus dan sulit berkonsentasi? Coba deh minum air putih sesuai anjuran yakni 2-3 liter per hari.

Kurangnya asupan air membuat sirkulasi oksigen dalam darah terhambat, akibatnya pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga mudah terpecah konsentrasi.

Untuk persiapan Ramadhan, mulai yuk perbaiki pola minum air putih sejak saat ini, karena kalau tidak dipersiapkan bisa menimbulkan bahaya saat menjalankan puasa nanti.

Memelihara fungsi ginjal

Fungsi ginjal adalah menyaring darah, jika air putih yang diminum sehari-hari telah mencukupi kebutuhan tubuh maka ginjal dapat menjalankan tugas dengan baik.

Sebaliknya, jika kurang asupan air putih maka proses penyaringan darah akan tergaggu, urine yang menjadi sisa penyaringan pun akan memperlihatkan warna kuning pekat dan berbau tajam. Ini adalah alarm untuk memperbanyak minum air putih.

Menjaga kesehatan kulit

Coba perhatikan orang yang cukup konsumsi air minumnya, biasanya terlihat dari kulitnya yang kenyal, berseri, dan terhidrasi. Namun orang yang kurang minum air putih kulitnya akan tampak pucat dan layu, bahkan mudah terluka karena kehilangan elastisitasnya.

Misalkan pada para penderita stroke yang kesulitan minum dan makan karena kelumpuhan, lihatlah kondisi kulitnya yang kering meranggas dan ketika digaruk akan langsung menyebabkan luka di kulit.

Menormalkan suhu tubuh

Saat badan demam, tubuh memerlukan air untuk membuat suhu tubuh kembali normal, karena banyak keringat yang dikeluarkan dari tubuh. Kalau sampai kita kurang minum, efeknya suhu tubuh tidak normal.

Mencegah pengentalan darah

Manfaat minum air putih yang tak kalah pentingnya adalah mencegah pengentalan darah. Kurang minum air putih bisa membuat pembuluh darah menyempit dan darah mengental, sehingga meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Darah kental sendiri biasanya tidak memperlihatkan gejala tertentu. Gejala akan muncul ketika darah sudah menggumpal dan menyumbat aliran darah. Munculnya pun akan bervariasi, tergantung lokasi penggumpalan darah di dalam tubuh.

Darah kental yang menyebabkan gumpalan darah di otak dapat menyebabkan aliran darah di otak terganggu. Hal ini bisa menimbulkan gejala stroke seperti kelumpuhan.

Penggumpalan di tangan ataupun kaki menyebabkan pembengkakan serta sensasi kesemutan. Penggumpalan di jantung menyebabkan nyeri dada berat menyebar ke lengan bahkan leher, sesak napas, keringat dingin, mual, pusing, dan juga pingsan.

Membantu keluarkan racun dari tubuh

Manfaat minum air putih selanjutnya adalah membantu mengeluarkan racun atau zat-zat sisa yang tak lagi diperlukan keluar tubuh. Apabila kurang minum air putih, efeknya sungguh dahsyat salah satunya adalah sembelit, di mana kotoran tinja akan sangat keras dan sulit dikeluarkan.

Sahabat, sambut Ramadhan dengan persiapan terbaik, salah satunya adalah minum air putih dengan kadar cukup. Selamat mempraktikkan!

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *