8 Peluang Usaha Buat Kamu Yang Jago Storytelling

Rate this post

Peluang Usaha Jago Storytelling

Sahabat jago bercerita atau storytelling? Wah, dahsyat sekali lho kalau kemampuan storytelling ini dimanfaatkan untuk beberapa peluang usaha. Nah, mau tahu apa sajakah peluang usaha yang perlu dicoba oleh para storyteller? Yuk silakan di-cek:

1. Pendongeng

Jasa pendongeng memiliki tarif yang sangat lumayan, apalagi jika jam terbang Sahabat sudah tinggi, semakin banyak tampil … semakin piawai mendongeng, maka semakin tinggi pula tarif yang bisa Sahabat tawarkan.

Tarif jasa dongeng berkisar ratusan ribu hingga jutaan Rupiah per 45-60 menit. Para pendongeng nasional bisa memasang tarif 1-7 juta Rupiah per tampil, sekalipun hanya untuk beberapa menit acara.

2. Youtuber

Saat ini marak sekali bermunculan youtuber dengan ‘modal’ keterampilan storyteller, dan harus diakui … konten youtube kreatif seperti ini amat diminati dan tentunya memiliki potensi penghasilan yang cukup tinggi.

Syaratnya harus konsisten dan bersabar hingga membuahkan hasil, jangan berhenti di tengah jalan, karena membangun channel youtube sebagai storyteller tentu tidak instan.

Selain itu, diperlukan juga kejelian update. Pastikan Sahabat memiliki gaya bercerita yang unik dan berbeda dari youtuber storyteller lainnya.

3. Content Creator

Kemampuan storyteller bisa dimanfaatkan juga untuk membuka jasa pembuatan konten seperti copy writing, penulisan artikel website, scriptwriter, dan lain sebagainya.

Karena di zaman serba online seperti saat ini, kreativitas membuat konten amat dibutuhkan oleh banyak pihak, dan seorang yang memiliki kemampuan storyteller yang baik dapat mengembangkan diri dengan menawarkan jasa membuat konten untuk berbagai platform.

4. Penulis buku biografi

Menjadi penulis buku bisa menjadi peluang usaha menggiurkan bagi para storyteller. Misalnya buku pembuatan biografi tokoh, tarif yang ditawarkan pun amat beragam mulai dari jutaan hingga ratusan juta Rupiah per buku.

Yang penting dipersiapkan adalah portofolio contoh tulisan, kepekaan diri, kemampuan adaptasi dengan berbagai karakter klien, karena seorang penulis buku biografi harus mampu menyelami kliennya agar dapat menuliskan kisah hidup sang klien dengan baik.

5. Affiliate Marketer

Affiliate Marketing merupakan suatu metode pemasaran di mana seseorang akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk terjual yang berhasil ia promosikan secara online. Biasanya, seorang affiliate akan mendapatkan link atau banner khusus untuk ditempatkan di websitenya.

Nah, seorang storyteller memiliki kesempatan besar menjadi affiliate marketer, karena sering kali seseorang memutuskan membeli produk bukan karena alasan rasional, melainkan alasan emosional, itu sebabnya para storyteller lah yang mampu mengusik sisi emosional ini melalui cerita yang ditawarkan mengenai suatu produk tertentu. Berminat menjadi affiliate?

6. Public Speaker

Seorang public speaker merupakan pembicara di depan umum yang biasanya handal dalam menghadapi orang banyak. Antara lain penyiar, penceramah, MC, host, moderator, komika, dan lain sebagainya.

Nah, Sahabat yang mempunyai kemampuan storyteller yang baik sangat cocok menjadi public speaker, caranya tinggal membiasakan diri perform di hadapan khalayak ramai, kemudian tawarkan diri untuk tampil di acara-acara yang memerlukan public speaker, misalnya menjadi MC di acara pernikahan saudara, atau menjadi moderator dalam suatu event seminar.

Semakin sering tampil, maka akan semakin luwes dan profesional.

7. Filmmaker

Pembuat film merupakan peluang emas bagi para storyteller, dimulai dari membuat film skala kecil untuk menjadi portofolio. Bisa juga dengan mengikuti berbagai perlombaan membuat video atau film dengan tema tertentu.

Yang paling penting adalah memiliki passion di bidang pembuatan film, mengupgrade diri seputar film-film terkini, dan memahami teknik penulisan script maupun pengambilan gambar kamera agar mampu memvisualisasikan cerita ke dalam film.

8. Entrepreneur

Apapun bidang usaha yang ingin digeluti, para entrepreneur perlu memiliki kemampuan storytelling yang baik, bisa untuk meyakinkan calon investor, maupun untuk menawarkan produk pada pelanggan.

Nah, Sahabat yang ahli storytelling bisa lho memanfaatkan kemampuan ini untuk menjelaskan proposal usaha pada para calon investor yang tentunya ingin uangnya berkembang melalui usaha yang kita jalankan.

Bagaimana, adakah di antara 8 peluang usaha di atas yang menarik bagi Sahabat?

Artikel terkait :
6 Profesi Perlu Sekali Belajar Mendongeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *