Dongeng: Pengawal Yang Cerdik

Pengawal Yang CerdikDi sebuah negeri antah berantah, hidup seorang raja yang sangat merepotkan, raja selalu memiliki permintaan yang aneh dan harus dituruti oleh semua pengawalnya.

Satu waktu raja ingin seluruh barang di dalam istananya berwarna merah, maka semua pengawal sibuk dikerahkan untuk mengganti ornamen dan barang di istana menjadi warna merah.

Dari mulai warna tirai, kursi, meja, taplak, bahkan cat tembok istana semua diganti. Ini bukanlah hal mudah karena untuk mendapatkan barang-barang berwarna merah saja, seluruh pengawal dikerahkan ke pasar beberapa negeri untuk mendapatkannya.

Setelah istana berubah warna menjadi merah sesuai keinginan sang raja, tibalah saatnya raja ingin berjalan-jalan ke luar istana, namun ia tak mau kakinya menginjak bebatuan atau duri, sehingga ia meminta pengawal menghamparkan permadani di sepanjang jalan yang akan raja lalui.

Sekali lagi, permintaan raja yang amat aneh ini membuat kerepotan banyak pengawal, mereka harus membeli permadani merah begitu banyak hanya untuk melapisi tanah, rumput, dan batu-batu agar kaki raja tak perlu menginjaknya. Karena raja akan berjalan kaki sejauh 5 kilometer, maka sebanyak apakah permadani yang perlu dihamparkan?

Hingga akhirnya di istana ada seorang pengawal baru yang amat cerdik.

Saat raja merasa bosan dengan istana merahnya dan menginginkan istana berwarna ungu, para pengawal lainnya sudah bersiap-siap membeli berbagai ornamen berwarna ungu, namun pengawal yang cerdik ini justru mendekati sang raja dan berkata,

“Wahai yang Mulia Raja, mengganti seluruh barang di istana ini menjadi berwarna ungu bukanlah hal yang mudah, maukah Anda kuberi suatu benda yang bisa membuat semua ruangan berwarna ungu tanpa perlu mengganti apapun?”

Raja sangat penasaran benda seperti apakah itu, maka raja setuju pengawal lainnya tidak perlu bersusah payah menyediakan ornamen istana berwarna ungu, syaratnya sang pengawal cerdik ini harus menyiapkan benda yang bisa mengubah semua ruangan berwarna ungu.

Akhirnya hari yang ditentukan tiba, sang pengawal cerdik membawakan sebuah kotak persegi panjang seukuran dua belah tangan dan memberikannya pada raja.

“Kotak inikah yang bisa membuat semua benda berwarna ungu?” Tanya Raja.

“Benar yang Mulia, silakan Anda membuka kotak dan menggunakannya!”

Begitu dibuka, ternyata di dalamnya ada sebuah kacamata berwarna ungu, Raja segera mengambil dan memakainya, ia langsung melihat seluruh benda dan ruangan menjadi berwarna ungu. Raja pun bergembira.

Beberapa hari kemudian, raja kembali menginginkan berjalan kaki hingga ke negeri sebrang, ia memerintahkan pelayan untuk membentangkan permadani di sepanjang jalan agar kakinya tak perlu menginjak bebatuan, rumput, atau tanah.

Sekali lagi, sang pengawal cerdik justru mendekati Raja. “Maukah Raja aku berikan sebuah benda yang bisa membuat Anda berjalan kaki tanpa takut menginjak batu, rumput, tanah, pasir dan lainnya?”

Tentu raja menjadi penasaran dan ingin benda sehebat itu segera dibawakan di hadapannya. Pengawal cerdik pun segera membawakan sebuah kotak cukup besar untuk sang raja.

“Inikah benda yang kau maksud?”

“Ya, silakan raja buka!”

Begitu raja buka kotak itu, isinya adalah sepasang sepatu yang amat bagus karena terasa lembut dan nyaman ketika raja memakainya. Raja pun bisa berjalan kaki jauh tanpa perlu takut kakinya terluka.

Akhirnya para pengawal lainnya pun berbahagia karena tidak lagi direpotkan dengan permintaan aneh petinggi negeri itu.

Sahabat, mengubah orang lain dan sekitar agar sesuai keinginan kita adalah pekerjaan yang merepotkan dan membuat semua orang lelah, cara lebih cerdik adalah dengan mengubah apa yang ada pada diri kita sendiri.

Cerita Dongeng Lainnya :
Dongeng: Batu Besar di Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *