6 Persiapan Menyambut Ramadhan

Rate this post

“Senang banget kalau bulan Ramadhan, ibadah jadi lebih mudah karena semua orang berlomba berbuat baik …” ungkap Faiz, salah seorang santri Yatim Seribu Pulau.

Sahabat, ada 6 hal yang perlu dipersiapkan sebaik mungkin menjelang kedatangan bulan suci Ramadhan, agar kita bisa menjalani ibadah Ramadhan dengan optimal dan bisa keluar dari Ramadhan nanti dalam kondisi kembali fitri.

Ini dia 6 persiapan menyambut Ramadhan yang perlu dilakukan jauh-jauh hari:

Persiapan Menyambut Ramadhan

Memastikan telah lunas segala utang puasa Ramadhan tahun sebelumnya

Coba lihat kembali catatan Ramadhan kita tahun sebelumnya, barangkali ada utang puasa qodho yang belum kita lunasi. Bisa jadi karena uzur haid, hamil, sakit, safar, atau kondisi uzur lainnya.

Pastikan segala utang puasa tersebut telah dilunasi sebelum masuk bulan Ramadhan tahun ini!

berbahagia menyambut kedatangan Ramadhan

Berbahagia menyambut kedatangan Ramadhan

Mengapa kita perlu berbahagia menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan? Ya, karena bagi orang beriman … Ramadhan adalah momen yang teramat istimewa!

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.” (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Siapa yang tidak bersuka cita dengan berita ditutupnya pintu neraka ini selama Ramadhan? Tentunya hanya orang yang tidak meyakini akan adanya negeri akhirat bukan?!

Mempelajari ilmu seputar amalan Ramadhan

Berdoa agar dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan

Perhatikanlah, banyak sekali orang yang kembali menghadap Allah sebelum Ramadhan tiba, ini artinya tak semua orang memiliki kesempatan bertemu lagi dengan bulan suci mulia ini.

Oleh sebab itu, kita perlu membekali diri dengan doa semoga Allah sampaikan usia kita hingga Ramadhan tahun ini.

“Sebagian salaf berkata, ‘Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka.“

target selama bulan Ramadhan

Menentukan target selama bulan Ramadhan

Target tilawah quran, target menambah hafalan, target sedekah, target mentraktir buka puasa para mustahik, dan target-target khas Ramadhan lainnya yang perlu dibuat sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Upayakan tidak menentukan target muluk-muluk melampaui kemampuan diri kita sendiri. Buatlah target yang bisa dipenuhi, tapi juga bisa menyemangati agar Ramadhan kita makin berarti.

dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan

Mempelajari ilmu seputar amalan Ramadhan

Amalan Ramadhan ada sangat banyak, semuanya memerlukan ilmu mumpuni agar kita tidak salah dalam menjalankannya. Ilmu yang perlu dipelajari lagi dan tak boleh merasa bosan dalam memahaminya antara lain mengenai puasa, tarawih, i’tikaf, sahur, berbuka, fidyah, zakat fitrah, dan lainnya.

Meminta maaf dari orang-orang terdekat

Meminta maaf dari orang-orang terdekat

Jangan menunggu hingga lebaran! Meminta maaf justru dilakukan sebelum kedatangan Ramadhan. Terutama kepada orangtua, saudara kandung, dan orang-orang yang berhubungan nasab lainnya. Jangan sampai kita menjalankan puasa Ramadhan tapi masih menyimpan dendam permusuhan pada saudara-saudari satu keturunan.

Demikianlah 6 hal persiapan Ramadhan yang perlu dilakukan sebelum memasuki bulan suci.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Artikel terkait :
7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *