Persiapan Ramadhan Yang Perlu Dilakukan

Rate this post

Persiapan Ramadhan Yang Perlu Dilakukan

Sahabat Dongeng Ceria, sudah siap sambut Ramadhan? Yang masih santuy, biasa-biasa saja, hmm … berarti belum ngeh betapa dahsyatnya bulan suci Ramadhan. Padahal amalan yang kita kerjakan di bulan Ramadhan bisa setara dengan 83 tahun amalan kita di bulan biasanya lho!v

Yap, karena di bulan Ramadhan ada malam Lailatul Qadar, yakni malam yang lebih baik daripada 1000 bulan, di mana ibadah pada satu malam tersebut, pahalanya dilipatgandakan sampai kira-kira 83 tahun (1000 bulan dibagi 12). WOW!

Maasya Allah, bisa dibilang … malam Lailatul qadar adalah jackpot bagi siapa pun yang telah mempersiapkan diri dengan baik menghadapi Ramadhan, karena faktanya … tidak semua orang beruntung mendapatkan malam Lailatul Qadar ini Sahabat!

Ada yang ketika malam Lailatul qadar datang malah asyik tidur, asyik nonton film, asyik baca komik, hanya segelintir orang yang bisa merasakan nikmatnya ibadah di malam yang banyak diburu kaum mukminin ini. Jadi, kita benar-benar harus persiapkan diri sejak sebelum Ramadhan tiba!

Apa saja sih persiapan yang perlu dilakukan untuk menyambut Ramadhan? Ada 2 jenis persiapan saja kok:

PERSIAPAN RUHIYAH

Perlu dicamkan bahwa Allah melihat isi hati, bukan apa yang terlihat oleh mata manusia biasa. Maka, mempersiapkan hati kita adalah lebih utama daripada mempersiapkan apa yang dilihat oleh manusia (spanduk Ramadhan, renovasi rumah jelang Ramadhan, borong kue, dan lainnya)

Dalam rangka persiapan ruhiyah, inilah yang perlu dilakukan jelang Ramadhan:

Berkhalwat

Perbanyak berkhalwat dengan Allah sebelum Ramadhan, sebagaimana seorang yang sedang curhat, perbanyaklah curhat pada Allah, bicara denganNya hingga air mata berlinang, berdoa kepadaNya hingga kita meyakini doa tersebut dikabulkan. Lakukan semesra mungkin sebagaimana seseorang yang sedang pedekate pada orang yang dicintainya.

Memperbanyak Membaca Al Quran

Bulan Ramadhan itu bulan Quran, kalau sebelum Ramadhan kita tak terbiasa membaca quran, maka begitu Ramadhan tiba pun kita akan makin berat membaca quran, karena rasa lapar dan haus ketika puasa bisa menggoda kita untuk tidak membaca quran. So, persiapkan dari sekarang!

Perbanyak Sedekah

Sedekah bisa memadamkan kemurkaan Allah, sesekah bisa menghindarkan seseorang dari bala bencana. Misalkan nih, semestinya sebelum Ramadhan keluarga kita terkena sakit, atau ada kecelakaan, naudzubillah min dzalik … namun dengan bersedekah insya Allah bala bencana itu menjauh, sehingga kita bisa beribadah di bulan suci dengan lebih optimal.

Perbanyak Taubat

Kok taubat diperbanyak, maksudnya bagaimana? Komponen taubat itu ada 2, yang pertama penyesalan, yang kedua adalah berjanji tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari, nah … dosa-dosa kita kan pastinya gakhh cuma satu saja ya Sahabat?! Bisa jadi ada banyak, maka setiap dosa itu kita perlu taubat, agar hati kita bersih.

Perbanyak Dzikir

Dzikir itu membuat tenang, maka memperbanyak dzikir akan membuat diri kita damai, menyambut Ramadhan dengan hati yang adem.

PERSIAPAN FISIK

Nah, persiapan ruhiyah yang sudah kita lakukan perlu ditopang juga dengan persiapan fisik, ibarat perang … tak cukup cuma keberanian tanpa senjata, itu namanya nekat! Maka, perang lawan hawa nafsu di bulan Ramadhan juga perlu kita persenjatai dengan kesiapan fisik.

Latihan Dengan Berpuasa Sunah

Agar tidak lemas saat Ramadhan, latih diri untuk berpuasa sunah sejak bulan Sya’ban ini. Karena imunitas tubuh akan meningkat setelah beberapa hari berpuasa, kalau kita tidak latihan puasa … maka yang ada hanyalah rasa lemes di awal Ramadhan.

Kurangi Jam Tidur

Ala bisa karena biasa, jika kita sudah membiasakan diri hanya tidur 4-6 jam sehari maka ketika Ramadhan kita akan merasa cukup dengan jumlah jam tidur yang berkurang.

Siapkan berbagai kebutuhan makanan sahur dan berbuka

Pastikan kebutuhan makan sahur dan berbuka sudah ready, kalau perlu lengkapi dengan suplemen, madu, herbal. Sehingga tidak ada alasan kita lemas ketika berpuasa karena tak ada makanan bergizi untuk sahur dan berbuka.

Perbanyak minum air putih

Air putih adalah asupan penting untuk tubuh kita, maka kurangi minuman yang manis-manis dan perbanyak minum air putih insya Allah akan lebih menyehatkan dan membuat tubuh makin siap sambut Ramadhan.

Demikianlah, semoga artikel ini bermanfaat, selama dipraktikkan!

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *