Ramadhan tak Lama Lagi Datang, Apakah Anak-Anak Kita Siap Menyambutnya?

Ramadhan tak Lama Lagi Datang, Apakah Anak-Anak Kita Siap Menyambutnya?

Ramadhan adalah bulan yang istimewa, tak ada tandingannya jika dibandingkan dengan bulan lainnya, bahkan ada malam yang setara nilainya dengan 1000 bulan (83 tahun). Akan tetapi, jika anak kita tidak dijelaskan tentang keistimewaan Ramadhan, mereka tidak akan tau, dan tidak akan paham mengapa harus bersiap menyambutnya.

Bagaimana agar anak-anak mengerti pentingnya persiapan menyambut Ramadhan?

  1. Ceritakan keistimewaan Ramadhan

Kita bisa mulai memotivasi anak dengan menceritakan apa saja keistimewaan Ramadhan, dengan harapan akan terbit semangat dari dalam diri mereka sendiri.

Beberapa poin yang bisa diceritakan dengan menarik untuk anak perihal keistimewaan Ramadhan:

  • Bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Ceritakan pada mereka betapa indahnya surga, apapun yang diinginkan bisa langsung mewujud di hadapan, tidak seperti di dunia ini di mana segala sesuatu perlu proses dan usaha untuk mendapatkan.

Di surga, mau daging burung tidak perlu memanah burung dulu, menyembelihnya, mencabuti bulunya, memanggangnya. Namun bisa langsung menikmatinya. Di surga tidak akan ada rasa lapar, sakit, takut, dan perasaan tidak enak lainnya. Lalu ceritakan juga tentang neraka, tempat iblis, setan, dan orang-orang jahat dihukum atas perbuatannya. Namun saat Ramadhan, pintu neraka akan ditutup dan semua pintu surga dibuka, sehingga kita perlu berbahagia menyambut kedatangannya.

  • Bulan di mana setan dibelenggu

Meskipun setan dibelenggu, hawa nafsu tidak dibelenggu kecuali dengan melakukan puasa, sehingga anak-anak memahami pentingnya belajar berpuasa, dimulai dengan tidak makan dan minum semampu mereka. Namun jelaskan bahwa puasa seharusnya dilakukan dari Shubuh hingga Maghrib.

  • Bulan turunnya al quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya mukjizat akhir zaman, yang masih bisa kita saksikan hingga saat ini, yakni al quran. Ceritakan awal mula Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam berjumpa Jibril di gua Hira dan mendapatkan 5 ayat pertama surah Al ‘Alaq.

  • Lailatul qadr lebih baik dari 83 tahun

Ada 1 malam di antara 10 malam terakhir Ramadhan yang nilainya setara dengan 1000 bulan (83 tahun), jelaskan pada anak bahwa ada yang namanya i’tikaf di masjid 10 hari terakhir Ramadhan. Sehingga mereka akan bisa diajak untuk berdiam diri di masjid nantinya.

  1. Mendekorasi rumah menyambut Ramadhan

Dekorasi rumah secara sederhana yakni untuk mengingatkan seluruh penghuni rumah dan juga tetangga… bahwa Ramadhan akan segera tiba. Pastikan melakukan dekorasi rumah bersama anak-anak untuk menerbitkan keceriaan dalam diri mereka.

  1. Mempersiapkan target dan reward untuk amalan Ramadhan

Tentukan target Ramadhan dan apa reward yang bisa kita berikan jika anak-anak mampu memenuhinya. Sesuaikan dengan usia mereka agar tidak merasa berat melakukannya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kita persiapkan sejak sekarang agar anak-anak bersiap diri menyambut kehadiran Ramadhan. Semoga Allah menyampaikan kita pada bulan suci mulia tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *