4 Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Rate this post

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi ornag yang berinfak’, sedang yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat, ingin bersedekah Subuh tapi enggan keluar rumah? Tentu saja karena kondisi langit masih gelap, belum tentu bertemu dengan orang yang memerlukan bantuan di pagi buta, merasa tidak nyaman keluar rumah tanpa ada keperluan mendesak, atau karena alasan lainnya.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Nah, berikut ini ada 4 cara sedekah Subuh di rumah sendiri yang bisa Sahabat praktikkan setiap hari, gak pake ribet, ga pake susah, yuk dicek apa saja yaa tipsnya:

Sedekah jari dan jempol

Apa maksudnya nih? Kok bisa sedekah pakai jari dan jempol doang?

Ooh tentu bisa dong! Caranya gampang sekali Sahabat, tinggal masuk ke website Dongeng Ceria setiap pagi, ada banyak pilihan sedekah yang bisa Sahabat klik. Semua sedekah bisa mulai dari Rp 1000 via Gopay, Ovo, dan berbagai nomor rekening lho.

Ada sedekah untuk 99 anak Yatim Seribu Pulau, ada sedekah makanan gratis untuk dhuafa 100 porsi setiap harinya, ada sedekah untuk pembangunan masjid di Kuningan Jawa Barat, ada juga sedekah lainnya yang bisa Sahabat pilih sesuai dengan keinginan hati.

Apalagi saat ini Dongeng Ceria Peduli memiliki beberapa campaign seputar bantuan pendidikan dan kesehatan untuk dhuafa.

Misalnya, campaign untuk Pak Rudi, seorang pengantar air galon yang lumpuh setelah ditabrak motor dan mengalami koma selama 12 hari. Beliau kini tak bisa lagi bergerak atau berbicara, sehingga istrinya harus bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sekaligus untuk biaya pengobatan rawat jalan Pak Rudi.

Dongeng Ceria Peduli secara berkala telah menyalurkan bantuan beberapa kali untuk Pak Rudi berupa pampers dewasa, susu diabetes, dan juga biaya transport untuk berobat ke Rumah Sakit 2x seminggu untuk terapi jalan dan terapi bicara.

Sahabat yang ingin mensupport pengobatan rawat jalan Pak Rudi, bisa melalui Dongeng Ceria Peduli yaa, setiap Subuh silakan bersedekah online dengan jemari dan jempol melalui web dongengceria.org.

Sedekah kencleng

Selain sedekah secara online, kita bisa juga melakukan sedekah Subuh dengan cara memasukkan uang melalui kencleng atau celengan. Kumpulkan selama satu bulan lalu disalurkan pada bulan berikutnya.

Misalnya sedekah kencleng dimulai pada tanggal 10 bulan ini, maka pada tanggal 10 bulan depan bisa kita buka kemudian kita salurkan kepada dhuafa yang kita kenal, atau jika ingin lebih terpercaya bisa melalui lembaga.

Dongeng Ceria sendiri merupakan lembaga sosial nirlaba yang konsen pada dunia anak, pendidikan serta kemanusiaan. Sahabat bisa menyalurkan tabungan kencleng untuk anak yatim/dhuafa, atau untuk pembangunan masjid, dan lainnya, melalui Yayasan Dongeng Ceria.

Nah, selain belajar sedekah Subuh untuk diri sendiri, Sahabat juga bisa mengajarkan anak-anak untuk melakukan sedekah kencleng ini agar mereka sejak kecil sudah terbiasa berbagi.

Sedekah ke tetangga

Tak perlu keluar rumah, kita bisa menghubungi tetangga untuk mengambil makanan dari rumah kita misalnya.

“Jeng, aku masak bubur ayam nih, yuk datang ke rumah, bisa ambil 5 porsi buat orang rumah.”

Meski hanya berupa makanan, namun ini juga disebut sebagai sedekah, apalagi jika kita tahu sekali tetangga tersebut sangat membutuhkan bantuan. Maka kita bisa secara rutin menyengaja melebihkan masakan untuk diberikan pada tetangga tersebut.

Sedekah ke binatang peliharaan

Bukan hanya pada tetangga, bahkan pada kucing peliharaan pun kita bisa memberi sedekah sejak Subuh. Misalnya dengan menyiapkan makanan kucing setiap pagi.

“Ketika seorang lelaki berjalan dalam sebuah perjalanan dia merasa sangat kehausan lalu dia mendapati sebuah sumur. Dia turun ke sumur itu lalu minum dan setelah itu keluar. Saat itu, tiba-tiba dia melihat seekor anjing yang menjulurkan lidahnya menjilat debu karena sangat haus.

Si lelaki itu berkata, “Anjing ini sangat kehausan sebagaimana yang telah aku rasakan.” Lalu dia turun lagi ke sumur, dia memenuhi salah satu sepatunya dengan air lalu dia menggigitnya dengan mulutnya (sehingga bisa naik-red) dan memberikan minum kepada anjing tersebut.

Kemudian Allah Azza wa Jalla berterima kasih kepadanya (maksudnya Allah menerima amal perbuatan orang ini-red) dan Allah Azza wa Jalla mengampuni dosanya.

Para sahabat Radhiyallahu anhum bertanya, “Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , apakah kita akan mendapatkan pahala dalam (pemeliharaan) binatang ternak ?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, pada (pemeliharaan terhadap) setiap yang bernyawa ada pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

Nah, bagaimana Sahabat? Mudah kan bersedekah Subuh di rumah sendiri tanpa perlu ribet atau lelah. Yuk dipraktikkan, semoga Allah mudahkan kita semua untuk menjadi jembatan kebaikan bagi orang lain.

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
LangkahManfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *