Sedekah Subuh

Rp 0terkumpul dari target Rp 100.000.000

Bangun shubuh manfaatnya amat luar biasa, hal ini bukan rahasia lagi, hampir semua orang telah mengetahuinya. Namun bagaimana dengan sedekah shubuh? Apa manfaatnya melakukan sedekah di saat matahari belum menampakkan diri?

Berikut ini ada 8 manfaat bersedekah di shubuh hari yang perlu diketahui:

1. Perasaan Bahagia & Sehat

Sahabat, para peneliti dari sebuah universitas di Kanada melakukan survei kepada 700 orang yang berusia antara 17-79 tahun. Data yang dikumpulkan adalah seputar rutinitas tidur, status emosi, kesehatan, serta waktu favorit.

Hasil surveynya dipublikasikan resmi di situs American Psychology Association, orang-orang yang bangun pagi memiliki perasaan bahagia dan level kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering begadang atau bangun lebih siang.

Bukankah rasa bahagia dan kesehatan yang baik adalah idaman setiap orang?

Apalagi jika tidak sekadar bangun shubuh saja, melainkan juga langsung melakukan sedekah di shubuh hari, maka perasaan kebahagiaannya jauh lebih besar dan hal ini juga tentunya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan jiwa seseorang.

Di laman klikdokter, dr. Rio Aditya menjelaskan bahwa ada sinyal yang diperoleh melalui pemeriksaan fMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging), memperlihatkan bagian striatum ventral dan korteks orbitofrontal mengalami peningkatan ketika seseorang memberi sedekah atau melakukan kebaikan lainnya.

Sinyal kebahagiaan yang diperlihatkan pada bagian otak tersebut akan turun drastis ketika seseorang berbuat egois dan serakah. Hmm, penelitian yang menarik bukan?

Bisa disimpulkan, kegiatan bersedekah di shubuh hari … jika dilakukan secara rutin, akan berdampak langsung pada kualitas hidup kita.

2. Menambah semangat beraktivitas

Rasakanlah perbedaan besar udara di shubuh hari dengan di siang hari. Udara sejuk, segar, murni, hanya dapat kita rasakan di pagi hari, terutama saat langit masih gelap dan semburat fajar baru sebatas garis putih di langit.

Kesegaran udara pagi ini bisa mempengaruhi mood menjadi lebih baik. Ditambah dengan aktivitas sedekah shubuh, maka menjadi double combo!

Rasakan sensasi semangat tinggi ketika mengawali hari dengan melakukan kebaikan. Maka, sepanjang hari akan terasa luar biasa.

Sebaliknya, jika kita awali pagi dengan bangun kesiangan, dan mengucap kata rutukan karena banyak pekerjaan belum terselesaikan, maka sepanjang hari bisa terasa amat melelahkan.

3. Melipatgandakan kekayaan

Siapa yang ingin memiliki kekayaan berlipat ganda? Perlu mengamalkan sedekah setiap shubuh. Mengapa bisa demikian? Di mana letak rasionalitasnya pernyataan ‘bangun kesiangan, rezeki dipatok ayam?’

Sahabat, ada keistimewaan di waktu Shubuh, karena tidak banyak orang yang bisa bangun Shubuh, ibaratnya jalan raya … maka kondisinya masih sepi sehingga kita menjadi bagian dari orang yang istimewa bisa menikmati jalanan sepi, bandingkan ketika beranjak siang, jalanan sudah penuh oleh kendaraan. Bising dan kemacetan membuat stres.

Bisa juga diibaratkan dengan sinyal, ketika shubuh hari … sinyal terasa lebih kuat, karena orang-orang banyak yang masih terlelap. Demikianlah perumpamaan jika kita ingin mengalap berkah di saat shubuh, maka bersedekahlah… niscaya rezeki akan makin berlimpah.

Sedekah itu ibarat kail yang dapat memancing rezeki. Semakin besar kail yang dipasang, semakin besar pula rezeki yang bisa didapatkan, bahkan hingga 700 kali lipatnya.

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui. (Quran surah Al Baqarah ayat 261)

4. Doa dari 2 malaikat

Jika dilihat dari perspektif keimanan, waktu shubuh sungguh istimewa karena adanya 2 malaikat yang mendoakan orang-orang yang dermawan dan bersedekah pada waktu ini.
“Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan yang satu lagi berkata: Wahai, Tuhan! Musnahkanlah harta si bakhil.” (Hadits Riwayat Muttafaq Alaih dari Abu Hurairah Radiyallaahu ‘anhu).

Sahabat, seseorang yang memiliki keimanan, tentunya tidak ingin menyia-nyiakan doa dari 2 malaikat ini. Bayangkan … didoakan oleh makhluk yang tak pernah berbuat dosa, pastinya doa yang mereka sampaikan pada Tuhan akan jauh lebih cepat dikabulkan.

Bukankah banyak doa tak kunjung dikabulkan karena si pendoa banyak menyimpan dosa? Dosa ini menjadi benteng yang menghalangi terkabulkannya doa yang dipanjatkan.
Dengan demikian, mengetahui ada momen setiap pagi di mana 2 malaikat mendoakan orang yang bersedekah di shubuh hari, merupakan hal yang istimewa dan jangan sampai dilewatkan.

5. Menghapus dosa

Dalam hidup, sudahlah pasti kita pernah berbuat dosa dan kesalahan, baik disengaja ataupun tidak. Bagaimana cara menghapus kesalahan ini? Bukankah tidak ada yang bisa dilakukan untuk menganulir apa yang telah terjadi?

Hmm, rupanya tidak demikian. Tahukah Sahabat bahwa sedekah bisa menjadi solusinya, karena ternyata … sedekah dapat menghapus dosa masa lalu yang pernah diperbuat. Tentunya dosa yang dimaksud bukan dosa yang berkaitan dengan manusia lain, karena dosa dengan manusia hanya bisa dihilangkan dengan meminta maaf pada yang bersangkutan.
“Sedekah dapat menghapus dosa, sebagaimana air memadamkan api.” (Hadits Riwayat Tirmidzi)

Apalagi jika dilakukan secara rutin, sedekah shubuh dapat menjadi sarana pembersihan jiwa. Membersihkan jiwa dari segala dosa maksiat yang melekat.

6. Menolak bala

Siapa pun tentunya tidak menyukai bala bencana, baik yang berupa penyakit, kecelakaan, bencana alam, dan lain sebagainya. Nah, sedekah shubuh merupakan hal yang bisa dijadikan sarana penolak bala, apalagi jika dikerjakan secara kontinyu.

Karena Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam sendiri yang menyampaikan bahwa sedekah bisa meredam kemurkaan Allah.
“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (Hadits Riwayat Tirmidzi)

7. Terkabulkannya doa

Bukan hanya doa malaikat yang dikabulkan di waktu Shubuh, ketika kita memiliki suatu hajat dan keinginan pun, sebaiknya tidak melewatkan rutinitas sedekah Shubuh.  Dalam sebuah kesempatan, Syeikh Ali Jaber Alm. menyampaikan bahwa sedekah shubuh akan membuka pintu langit. Oleh sebab itu jika ada hajat yang dimiliki, manfaatkan sedekah Shubuh untuk memanjatkan doa pada Allah.

Maka, beranikah menyia-nyiakan setiap Shubuh yang kita lewati tanpa bersedekah?

8. Mendekatkan diri ke surga

Surga itu tidak ‘murah’. Ada ‘harga’ yang harus dibayar, salah satunya adalah dengan berbagi pada sesama. Bagi sebagian orang, surga dan neraka mungkin hanya dongeng fiktif semata, karena tidak tampak di pelupuk mata, belum ada yang membuktikannya.

Namun, jika 80% isi kitab suci adalah kebenaran di bidang sains, kebenaran di bidang sejarah, kebenaran di bidang genetika, sementara itu 20% lainnya berisi gambaran surga dan neraka selayaknya dongeng anak-anak yang belum diketahui kebenarannya, maka kemungkinan besar yang 20% juga merupakan kebenaran namun di masa ini belum ada metode yang dapat membuktikannya.

Sahabat, banyak orang yang berangan surga, maka salah satu langkah kecil untuk memasuki satu pintu dari sekian banyak pintu surga adalah dengan bersedekah di waktu Shubuh.
“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Demikianlah, semoga dapat memotivasi dan menginspirasi untuk bersedekah rutin setiap shubuh hari.

Lalu, bagaimana cara sedekah Shubuh yang bisa rutin dilakukan setiap hari? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Memanfaatkan Kencleng Tabungan

Pergunakan kencleng atau celengan, dan taruh di lemari kamar agar mudah kita ambil dan isi setiap pagi.

Sebelum atau setelah shalat Shubuh kita bisa mengisi kencleng tersebut kemudian lanjutkan dengan memanjatkan doa.

Ajarkan anak-anak untuk melakukan hal ini setiap pagi, sehingga kebiasaan baik ini terduplikasi ke anak-anak kita selaku generasi penerus.

2) Sedekah Subuh Online

Era digitalisasi saat ini tentu membuat bersedekah pun semakin mudah, kita bisa bersedekah setiap pagi dengan menggunakan Gopay, Ovo, Dana, dan lain sebagainya.

Caranya hanya dengan menekan tombil KLIK atau Link sebelah ini https://www.dongengceria.org/orang-tua-asuh/

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan kencleng, Sahabat bisa merutinkan sedekah sebelum melaksanakan shalat Shubuh atau usai shalat Shubuh.

Keunggulannya, tidak perlu repot mencari uang cash, karena sedekah subuh online  ini kita bisa bersedekah mulai dari Rp 1000 hingga nominal berapapun yang ada di saldo dompet digital kita.

Yuk, jadikan sedekah Shubuh sebagai salah satu amalan unggulan yang kontinyu kita lakukan.

Laporan Sedekah Subuh Periode Desember 2021 –  Januari 2022

Rp 0terkumpul dari target Rp 100.000.000
Donasi (0 Donatur)