Tips Mendapat Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Rate this post

Tips sederhana untuk memastikan diri mendapat keutamaan Lailatul Qadar ini sangat mudah dipraktikkan. Cek selengkapnya yuk!

Lailatul Qadar

Sahabat, dahsyat sekali ya pastinya jika kita melakukan amal kebaikan sekali, namun amal tersebut terus dicatat pahala kebaikannya seolah kita telah melakukannya secara konsisten setiap hari selama 83 tahun. Maasya Allah.

Itulah yang terjadi jika kita melakukan amalan bertepatan dengan malam lailatul qadr. Segala kebaikan yang kita perbuat akan dilipatgandakan pahalanya hingga mencapai seribu bulan, padahal usia kita sendiri bisa jadi tidak sampai selama itu.

Lalu bagaimana agar kita bisa mendapatkan pahala kebaikan di malam Lailatul Qadar Ramadhan tahun ini? Terutama bagi orang-orang yang tidak kuat terjaga sepanjang malam untuk berdiri mengerjakan shalat atau tilawah Qur’an, apa yang bisa diupayakan?

Berikut ini ada 4 tips agar kita bisa mendapatkan pahala malam Lailatul Qadar dengan optimal, yuk dipraktikkan semoga bermanfaat:

Jika kita bersedekah setiap malam di 10 hari terakhir Ramadhan, kemungkinan amal sedekah kita bertepatan dengan malam lailatul qadr akan semakin besar.

Hanya bersedekah Rp 100ribu saja, jika dilakukan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, maka pahala yang dicatatkan oleh malaikat setara dengan bersedekah 2,9 Milyar Rupiah. Allaahuakbar!

Itu sebabnya strategi nomor satu ini penting dilakukan, mudah-mudahan bisa memperbesar kemungkinan kita mendapat keutamaan malam mulia ini.

Apalagi, berbeda dengan shalat, tilawah quran, ataupun amal ibadah lainnya, amalan sedekah tergolong paling gampang dilakukan. Zaman sekarang, sedekah bisa dilakukan melalui m-banking, tidak perlu keluar rumah, tidak menghabiskan effort yang besar. Sungguh sayang jika kita tak mencobanya di 10 hari terakhir Ramadhan ini.

  • 2. Berdoa setiap waktu sahur agar Allah memberikan kita keutamaan Lailatul Qadar

Keberkahan dan kesejahteraan malam Lailatul Qadar berlangsung hingga terbitnya fajar, maka di waktu sahur sangat baik jika kita memperbanyak doa, salah satu doa tersebut adalah agar dipertemukan dengan malam Lailatul Qadar.

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758). Imam Nawawi berkata, “Pada waktu itu adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu.” (Idem, 6: 36).

Baca Juga:
8 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

  • 3. Memperbanyak baca Quran di 10 malam terakhir Ramadhan

Bayangkan jika membaca satu huruf al Quran diganjar sepuluh kebaikan, dan kita berhasil membaca 1 juz Quran (10 lembar) di mana ada ribuan huruf di dalamnya, maka akan dicatatkan seolah membaca 1 juz setiap hari selama 83 tahun. Maasya Allah.

Rasulullah SAW bersabda: ‘Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf’,” (HR. At-Tirmidzi).

  • 4. I’tikaf di Masjid

Salah satu amalan di bulan Ramadhan yang tak pernah dilewatkan oleh Rasulullah SAW. adalah i’tikaf di 10 malam terakhir. Jika kita berdiam diri di masjid setiap malam selama 10 hari berturut-turut di akhir Ramadhan, kemungkinan bertemu dengan malam lailatul qodar amat besar.

“Sesungguhnya Nabi SAW. melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian istri-istrinya mengerjakan i’tikaf sepeninggal beliau”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 1886 dan Muslim: 2006).

Sahabat, semoga Allah mudahkan kita mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar di Ramadhan tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *