Siapa Saja Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah??

Rate this post

SIAPA SAJA YANG WAJIB MEMBAYAR ZAKAT FITRAH

Zakat fitrah adalah kewajiban bagi setiap muslim di bulan Ramadhan, namun banyak yang belum tahu ada syarat dan ketentuan berlaku.

Sahabat, seperti yang kita tahu bahwa menjelang hari raya Idul Fitri biasanya setiap muslim melaksanakan kewajibannya untuk membayar zakat fitrah.

Hal ini bukan hanya berlaku bagi umat muslim di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia.
Mungkin Sahabat ada yang pernah bertanya-tanya, apakah semua orang wajib melaksanakan zakat fitrah? Atau hanya orang-orang tertentu saja yang sebenarnya wajib untuk membayarnya?

Daripada bingung atau ragu mending disimak dulu kuy penjelasannya berikut ini. Poin no 3 nya Sahabat sudah tahu belum hayooo?

Sebelum mengetahui siapa saja yang wajib membayar zakat, nggak ada salahnya dong buat kita kembali memahami pengertian zakat fitrah itu sendiri.

Zakat Fitrah menurut syara’, “Pemberian yang ditentukan tingkatannya dan berlaku bagi setiap individu muslim dan dipenuhi sebelum shalat Idul Fitri dan dalam hak tasharuf menurut cara yang telah ditentukan.” (Al-Nawawi dalam al-Majmu’: 6/103, al-Bahuty dalam Kasyāfu al-Qina’: 2/245)

Sebelum shalat Idul Fitri di penghujung Ramadhan, setiap muslim dewasa yang memiliki makanan melebihi kebutuhannya wajib mengeluarkan zakat fitrah.

Bagi kepala rumahtangga mereka tidak hanya wajib membayar zakat bagi dirinya sendiri namun juga untuk setiap tanggungan mereka seperti anak-anak, istri, pembantu maupun saudara yang masih menjadi tanggungannya.

Abdullah bin ‘Umar berkata bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan orang-orang untuk membayar zakat fitrah sebelum pergi ke shalat Idul Fitri. (HR Bukhori)

Baik laki-laki atau perempuan, tua atau muda, selama memenuhi syarat wajib zakat fitrah, maka wajib zakat fitrah. Untuk anak-anak, orangtua dapat mewakili pembayarannya.

Adapun syarat-syarat yang membuat seseorang wajib membayar zakat fitrah adalah sebagai berikut:

Seorang Muslim

Yap, hanya muslim saja ya yang wajib melaksanakan zakat fitrah.

Memiliki harta yang lebih dari kebutuhan sehari-hari

Untuk dirinya sendiri dan orang-orang yang menjadi tanggungan pada hari-hari rayanya siang dan malam. Jadi Jika memang diri sendiri masih kekurangan tidak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan zakat fitrah.

Sebelum terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadhan

atau ada dua waktu antara Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat.

Nah biar lebih jelas lagi, artikel ini juga akan menyebutkan kriteria orang yang tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah. Karena memang tidak semua orang wajib melaksanakannya.

Jadi siapa saja sih yang dibebaskan dari kewajiban ini? Berikut di antaranya:

#1. Orang yang meninggal sebelum matahari terbenam di akhir Ramadhan

Untuk orang yang meninggal setelah matahari terbenam sudah dibebaskan dari kewajiban zakat ini, jadi tidak perlu dibayarkan zakatnya oleh keluarganya yang masih hidup.

#2. Anak yang lahir setelah matahari terbenam di akhir Ramadhan.

Bayi yang baru lahir setelah matahari terbenam di akhir ramadan juga nggak wajib membayar zakat ya. Namun yang lahir sebelum matahari terbenam wajib untuk membayar zakat.

#3. Orang yang masuk Islam hanya setelah matahari terbenam di akhir Ramadhan

Sama seperti poin kedua di atas, orang yang baru memeluk agama islam setelah matahari terbenam juga ternyata nggak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Kecuali mereka bersyahadatnya sebelum matahari terbenam, baru deh mereka wajib menunaikan zakat fitrah.

#4. Tanggungan istri yang baru menikah setelah terbenamnya matahari di penghujung Ramadhan

Nah kewajiban membayarkan zakat untuk istri hanya berlaku jika pernikahannya sebelum matahari terbenam ya.

Itu dia Sahabat, golongan yang wajib membayarkan zakat fitrah. Semoga bisa dipahami dan semoga Allah mampukan kita untuk senantiasa menunaikan zakat fitrah di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Aamiin. (SH/RI)

========================================

Yuk Turut Menjadi Orang Tua Asuh Yatim Seribu Pulau :

💳
– BCA 6755800809
– Bank Syariah Indonesia 7134204545
– Bank Mandiri 1670003750006
– BRI 210801000364307
a/n Dongeng Ceria Indonesia

Konfirmasi : 0812-2345-4030

====
www.DongengCeria.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *